Breaking News

Bimbingan Konseling

Ketua Program Studi  : Dra. Asni, M.Pd.

Sekretaris Program Studi : Dwi Dasalinda, M.Pd.

Pada tahun 2021 menjadi program studi yang unggul di tingkat Nasional dalam menghasilkan sarjana Bimbingan dan Konseling yang handal, kompetitif, berwawasan global, serta memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial.

MISI

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sarjana Bimbingan dan Konseling yang memiliki kompetensi pedagogik, professional, sosial dan kepribadian yang islam.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian pendidikan khususnya di bidang Bimbingan dan Konseling.
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pembinaan Al Islam Kemuhammadiyahan baik secara khusus, maupun terintegrasi dengan pembekalan konten bidang ilmu.

 

 

TUJUAN

Tujuan Program Studi Bimbingan dan konseling FKIP UHAMKA sebagai berikut:

  1. Menghasilkan Sarjana Bimbingan Konseling yang kompeten dan profesional
  2. Membangun karakter sivitas akademika Bimbingan Konseling yang peka terhadap masalah-masalah yang berkembang di masyarakat, dan mampu memberi solusi berdasarkan hasil kajian ilmiah
  3. Menghasilkan sarjana Bimbingan Konseling yang mampu melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan
  4. Mewujudkan program studi sebagai wahana pembentukan civitas akademika Bimbingan Konseling yang berakhlak mulia

PROFIL LULUSAN

  1. Guru BK/ Konselor disekolah yang Berwawasan Islami.
  2. Konselor di Luar Sekolah yang berwawasan Islami

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Guru BK/ Konselor disekolah yang Berwawasan Islami.

Menguasai konsep keilmuan sebagai guru BK berdasarkan standar kualifikasi konselor pendidikan yang mencakup kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan professional dalam berbagai jalur pendidikan, jenjang pendidikan dan jenis pendidikan yang ada di Indonesia. Kemudian Guru BK/ Konselor mampu mengimplementasikan pendekatan pelayanan BK yang islami baik terhadap pribadi maupun terhadap peserta didik yang dilayani. Mampu menghargai dan menjalankan kaidah-kaidah profesi sebagai pendidik sekaligus pembimbing di sekolah.

  1. Konselor di Luar Sekolah yang berwawasan Islami

Mampu memberikan pelayanan BK di masyarakat pada berbagai tingkat usia dan berbagai lembaga instansi pemerintah dan non pemerintah. Mampu memberikan pelayanan BK yang mengalami masalah – masalalah insidental dalam upaya preventif. Memahami berbagai karakteristek individu dalam konteks lintas budaya.

 

Profil Capaian Pembelajaran (“Kompetensi”) utama: perkiraan penciri prodi sejenis Capaian Pembelajaran (“Kompetensi”) khusus: pencirian Prodi BK PTM sesuai visi dan misi
Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor A.  Kompetensi Pedagogik1.    Menguasai teori dan praksis pendidikan
  2.    Menguasai dan mengaplikasikan perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku peserta didik
  3.    Menguasai esensi pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikan
  B.  Kompetensi Kepribadian4.    Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa Memiliki perilaku sesuai dengan nilai –nilai keislaman
Memiliki kemampuan memberikan pelayanan BK yang dilandasi terapi islam.
  5.    Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih
  6.    Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat
  7.    Menampilkan kinerja berkualitas tinggi
  C.  Kompetensi Sosial8.    Mengimplementasikan kolaborasi intern di tempat bekerja
  9.    Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi bimbingan dan konseling
  10.     Mengimplementasikan kolaborasi antarprofesi
  D.  Kompetensi Profesional11.     Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah peserta didik
  12.     Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan dan konseling
  13.     Merancang program Bimbingan dan Konseling
  14.     Mengimplementasikan program Bimbingan dan Konseling yang komprehensif
  15.     Menilai proses dan hasil kegiatan Bimbingan dan Konseling.
  16.     Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional
  17.     Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam bimbingan dan konseling
Konselor Luar Sekolah 18.     Menguasai     pelayanan BK pada berbagai tingkat usia dan lapisan masyarakat
  19.     Menguasai     perbedaan system nilai dan budaya dalam memberikan pelayanan BK Memiliki kemampuan dalam memberikan konseling trauma
  20.     Memiliki kemampuan dalam pembuatan media pada berbagai setting layanan
  21.     Menguasai manajemen pelayanan BK pada seting luar sekolah
  22.     Memiliki kemampuan kewiraswastaan untuk memanfaatkan potensi dalam bidang konseling

 

 

Bahan Kajian Berdasarkan Kompetensi

Capaian Pembelajaran (“Kompetensi”) utama: perkiraan penciri prodi sejenis Capaian Pembelajaran (“Kompetensi”) khusus: pencirian Prodi BK UHAMKA sesuai visi dan misi
A.      Kompetensi Pedagogik1.      Menguasai teori dan praksis pendidikan
2.      Menguasai dan mengaplikasikan perkem bangan fisiologis dan psikologis serta perilaku peserta didik
3.      Menguasai esensi pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikan
B.  Kompetensi Kepribadian4.      Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa      Memiliki perilakusesuai dengan nilai –nilai keislaman
     Memiliki kemampuanmemberikan pelayananBK yang dilandasi

terapi islam.

5.      Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih
6.      Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat
7.      Menampilkan kinerja berkualitas tinggi
C.      Kompetensi Sosial8.      Mengimplementasikan kolaborasi intern di tempat bekerja
9.      Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi bimbingan dan konseling
10.  Mengimplementasikan kolaborasi antarprofesi
D.           Kompetensi Profesional11.  Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah peserta didik
12.  Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan dan konseling
13.  Merancang program Bimbingan dan Konseling
14.  Mengimplementasikan program Bimbingan dan Konseling yang komprehensif
15.     Menilai proses dan hasil kegiatan Bimbingan dan Konseling.
16.     Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional
17.     Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam bimbingan dan konseling
18.     Menguasai     pelayanan BK pada berbagai tingkat usia dan lapisan masyarakat
19.     Menguasai     perbedaan system nilai dan budaya dalam memberikan pelayanan BK Memiliki kemampuan dalam memberikan konseling trauma
20. Memiliki kemampuan dalam pembuatan media pada berbagai setting layanan
21.     Menguasai manajemen pelayanan BK pada seting luar sekolah
22.    Memiliki kemampuan kewiraswastaan untuk memanfaatkan potensi dalam bidang konseling

Comments are closed.