Breaking News

Pendidikan Fisika

Ketua Program Studi : Dra. Imas Ratna Ermawaty, M.Pd.

 

VISI

Visi Program Studi Pendidikan Fisika pada tahun 2018, menjadi Program Studi Pendidikan Fisika yang terkemuka tingkat nasional yang Islami, unggul, serta memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Fisika.

MISI

Untuk mencapai visi di atas, Program Studi Pendidikan Fisika menetapkan misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan guru/sarjana Fisika yang memenuhi kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan memiliki kepribadian yang Islami.
  2. Mengembangkan penelitian tentang Pendidikan Fisika dan keilmuan Fisika.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan, khususnya Pendidikan Fisika.
  4. Mengembangkan kebebasan berpikir ilmiah melalui seminar dan berbagai diskusi dalam bidang fisika.
  5. Menjadikan program studi pendidikan fisika sebagai media gerakkan dakwah.

TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP UHAMKA ialah:

  1. Membentuk sarjana pendidikan (calon guru) muslim yang takwa, memiliki keunggulan intelektual, emosional dan spiritual.
  2. Memiliki kompetensi dalam ilmu pendidikan Fisika.
  3. Memiliki keterampilan membuat dan melaksanakan desain, strategi, metode, model-model pembelajaran dan evaluasi pembelajaran Fisika.
  4. Mengembangkan dan menerapkan kompetensi lain, selain sebagai guru Fisika, di antaranya sebagai peneliti.di bidang fisika.
  5. Mengembangkan pengetahuan tentang kepribadian Muhammadiyah dan amalan ajaran Muhammadiyah.

 

PROFIL LULUSAN

No. Profil Deskripsi Profil
1 Pendidik Pemula Fisika 1.      Bertanggungjawab dan memiliki komitmen sebagai pendidik2.      Berpikir terbuka, kritis, inovatif, dan percaya diri dalam mengemban tugasnya sebagai guru fisika.3.      Memiliki pengetahuan tentang karakteristik dan perkembangan peserta didik yang diterapkan dalam belajar dan pembelajaran fisika yang mendidik.

4.      Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik dan teman sejawat.

5.      Menguasai konsep, hukum dan teori fisika serta menerapkannya.

6.      Menguasai konsep, prinsip dan teori yang mendasari belajar dan pembelajaran fisika.

7.      Menguasai standar isi mata pelajaran fisika yang tercakup dalam standar nasional pendidikan.

8.      Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan dan mengem bangkan media dan sumber pembelajaran berbasis TIK.

9.      Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan dan mengembangkan asesmen dalam pembelajaran fisika.

10.  Menganalisis informasi dan data di bidang pendidikan

11.  Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan model-model pembelajaran fisika yang didukung oleh penerapan TIK dan berorientasi pada kecakapan hidup.

2 Peneliti Pemula Fisika 1.      Menguasai metodologi penelitian pendidikan fisika2.      Melakukan penelitian pendidikan fisika yang dapat digunakan dalam memberikan petunjuk untuk memilih berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan.3.         Mengkomunikasikan hasil penelitian
3 Pengelola Lembaga Pendidikan 1.      Menguasai sistem regulasi pendidikan2.      Menguasai manajemen pendidikan3.      Merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah dan Lembaga Pendidikan dibawah tanggung jawabnya

4.      Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang pendidikan.

5.      Memantau dan mengevaluasi aktivitas dalam mengelola kelas, sekolah dan Lembaga Pendidikan secara komprehensif.

6.        Mengkomunikasikan hasil pemantauan dan evaluasi pendidikan

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

     A. Sikap

Setiap lulusan program pendidikan akademik, dan profesi harus memiliki sikap sebagai berikut:

  1. bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.

 

     B. Pengetahuan

Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.

  1. Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium maupun di luar laboratorium.
  2. Memahami potensi, karakteristik dan pengembangan karir peserta didik.
  3. Menguasai teori/model pembelajaran untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika sesuai perkembangan peserta didik.
  4. Memahami struktur (termasuk hubungan fungsional antar konsep) ilmu Fisika dan ilmu-ilmu lain yang terkait
  5. Mampu bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum fisika
  6. Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori fisika serta penerapannya secara fleksibel,
  7. Memahami sains dasar yaitu fisika, matematika, kimia dan biologi.
  8. Menguasai konsep, prinsip dan cara berfikir fisika untuk menyelesaikan persoalan gejala alam.
  9. Menguasai konsep dasar fisika yang membahas tentang sifat fisika benda (dalam fasa padat, cair, gas dan plasma), meliputi 5 sifat utama, yaitu: sifat mekanik, thermal, listrik, magnetik, dan optik.
  10. Mengerti dan memahami prosedur analisis untuk mendiskripsikan sifat fisika pada obyek alam yang ditinjau.
  11. Memahami dasar metodologi untuk mendukung pengembangan sains dan teknologi yang berbasis konsep fisika.
  12. Memahami hubungan antara fisika dengan sains bidang lain dan sanggup mendiskrpsi dalam bentuk pemahaman yang integral.

 

     C. Keterampilan Umum

Lulusan Program Sarjana wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

  1. mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawahtanggungjawabnya;

 

      D. Keterampilan Khusus

Lulusan Program Sarjana Pendidikan Kimia wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

  1. Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadap
  2. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  3. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

 

STRUKTUR KURIKULUM

No Kelompok MK Kode MK Mata Kuliah SKS SMT
1 Sikap 100011101 Pendidikan Agama 2 1
100011102 Aqidah 2 2
100011103 Ibadah Akhlak 2 3
100011104 Islam dalam Disiplin Ilmu (IDI) 2 6
100011105 PPKN 3 1
100011106 Landasan Pendidikan 3 1
100011107 Kewirausahaan 3 6
JUMLAH 17
No Kelompok MK Kode   MK Mata Kuliah SKS SMT
2 Pengetahuan 200011101 Muamalah 2 4
200011102 Kemuhammadiyahan 2 5
200011103 ISBD 2 2
200011104 Psikologi Perkembangan 3 2
200011105 Fisika Sains 2 7
200011106 KKN* 2 6
JUMLAH 13
3 Ketrampilan Umum  300011101 English For Physic 2 1
 300011102 Teori Belajar dan Pembelajaran 2 2
 300011103 Bahasa Indonesia 2 2
 300011104 TIK dalam Pembelajaran Fisika 2 2
 300011105 Psikologi Perkembangan 3 2
 300011106 Media Pembelajaran Fisika 2 3
 300011107 Bimbingan dan Konseling 2 3
 300011108 Telaah Kurikulum Fisika 2 5
 300011109 Statistik Penelitian 2 4
 300011110 Evaluasi Pendidikan Fisika 2 4
 300011111 Strategi Pembelajaran Fisika 2 4
300011112 Desain Perancangan Alat Peraga Fisika (DPAF) 2 6
300011113 Administrasi dan supervisi Pendidikan 2 5
300011114 English Conversation 2 5
300011115 Kolokium Fisika 2 5
300011117 PKM 2 6
300011118 Magang 1 1 3
300011116 Magang 2 1 5
300011119 Metodologi Penelitian 2 6
300011120 Magang 3 2 7
300011121 Seminar Proposal Skripsi 2 7
300011122 Penulisan Skripsi 6 8
  JUMLAH 47 
4 Ketrampilan Khusus  400011101 Metode dan Pengenalan Alat Ukur 2 1
 400011102 Fisika Dasar 1 3 1
 400011103 Praktikum Fisika Dasar 1 1 1
 400011104 Kalkulus 1 4 1
 400011105 Kimia Dasar 2 1
 400011106 Praktikum Kimia Dasar 1 1
 400011107 Fisika Dasar II 3 2
 400011108 Praktikum Fisika Dasar II 1 2
 400011109 Kalkulus II 4 2
No Kelompok MK Kode   MK Mata Kuliah SKS SMT
 400011110 Biologi Umum 2 2
 400011111 Praktikum Biologi Umum 1 2
 400011112 Fisika Modern 3 4
 400011113 Praktikum Fisika Modern 1 4
 400011114 Fisika Matematika 1 4 3
 400011115 Elektronika 2 3
 400011116 Praktikum Elektronika 2 3
 400011117 Thermodinamika 3 4
 400011118 Praktikum Thermodinamika 1 4
 400011119 Fisika Matematika II 4 4
 400011120 Optik 2 3
 400011121 Mekanika 4 3
 400011122 Fisika Komputasi 2 3
 400011123 Praktikum Fisika Komputasi 1 3
 400011124 Listrik Magnet 4 5
 400011125 Fisika Kuantum 4 6
 400011126 Fisika Statistik 3 5
 400011127 Fisika Atom 2 6
 400011128 IPBA* 2 4
 400011129 Gelombang 2 5
 400011130 Fisika Inti 3 5
 400011131 Teori Medan Elektromagnet 3 7
400011132 Fisika Zat Padat 4 7
400011133 Fisika Lingkungan* 2 6
JUMLAH 85
 TOTAL 153  

 

DISTRIBUSI MATA KULIAH

SEMESTER I
NO. KODE MK MATA KULIAH SKS MK PRASYARAT
1  100011101 Pendidikan Agama 2
2  100011105 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3
3  400011102 Fisika Dasar I 3
4  400011103 Praktikum Fisika Dasar I 1
5  400011104 Kalkulus I 4
6  400011105 Kimia Dasar 2
7  400011106 Praktikum Kimia Dasar 1
8 100011106 Landasan Pendidikan 3
9  400011101 Metode dan Pengenalan Alat Ukur 2
10  300011101 English For Physic 2
Jumlah 23
SEMESTER II
NO. KODE MK MATA KULIAH SKS MK PRASYARAT
1 100011102 Aqidah 2
2 300011103 Bahasa Indonesia 2
3 400011107 Fisika Dasar II 3 Fisika Dasar I
4 400011108 Praktikum Fisika Dasar II 1
5 400011109 Kalkulus II 4 Kalkulus I
6 200011104 Psikologi Perkembangan 2
7 300011104 TIK Pembelajaran Fisika 2
8 400011110 Biologi Umum 2
9 400011111 Praktikum Biologi Umum 1
10 200011103 Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar (ISBD) 2
11 300011102 Teori Belajar Dan Pembelajaran Fisika 2
Jumlah 23
SEMESTER III
NO. KODE MK MATA KULIAH SKS MK PRASYARAT
1  100011103 Ibadah Akhlaq 2
2  400011121 Mekanika 4 Fisika Dasar I – II
3  400011120 Optik 2 Fisika Dasar II
4 400011114 Fisika Matematika I 4 Fisika Dasar I – II Kalkulus I – II
5  400011115 Elektronika 2 Fisika Dasar I – II
6  400011116 Praktikum Elektronika 2 Prak Fis Dsr I – II
7  300011106 Media Pembelajaran Fisika 2
8 400011122 Fisika Komputasi 2
9   400011123 Praktikum Fisika Komputasi 1
10  300011107 Bimbingan dan Konseling 2
11  300011118 Magang I 1
Jumlah 24
SEMESTER IV
NO. KODE MK MATA KULIAH SKS MK PRASYARAT
1  200011101 Muamalah 2
2 400011117 Thermodinamika 3 Mekanika,Fisika Matematika I
3  400011118 Praktikum Thermodinamika 1 Prak Fisika II
4  400011119 Fisika Matematika II 4 Fisika Matematika I
5  300011110 Evaluasi Pendidikan Fisika 2
6  300011111 Strategi Pembelajaran Fisika 3
7  400011112 Fisika Modern 3 Fisika Dasar I – II
8  400011113 Praktikum Fisika Modern 1
9 400011128 IPBA* 2
10  300011109 Statistika Penelitian 2
Jumlah 23  
SEMESTER V
NO. KODE MK MATA KULIAH SKS MK PRASYARAT
1 200011102 Kemuhammadiyahan 2
2 400011130 Fisika Inti 3 Fisika Modern
3 400011126 Fisika Statistika 3 Mekanika,Thermodinamika, danFisika Matematika I
4 300011108 Telaah Kurikulum Fisika 3
5 400011124 Listrik Magnet 4 Mekanika,Fisika Modern
6 300011115 Kolokium Fisika 2 Fisika Dasar I-II,Fisika Modern,Listrik Magnet, danGelombang + Optik
7 400011129 Gelombang 3 Fisika Dasar+Optik
8 300011114 English Conversation 2 English For Physics
9 300011118 Magang 2 1 Magang I
Jumlah 23
SEMESTER VI
NO. KODE MK MATA KULIAH SKS MK PRASYARAT
1 100011104 IDI 2
2 400011127 Fisika Atom 3 Fisika Inti
3 300011120 Metodologi Penelitian 2
4 300011116 Pembinaan Kompetensi Mengajar Fisika 2
5 400011125 Fisika Kuantum 4 Fisika Modern danFisika Matematika II
6 100011107 Kewirausahaan 2
7 300011112 Desain Perancangan Alat Peraga Fisika 2 Prak Fisika Dsr I + II
8 400011133 Fisika Lingkungan* 2
9 200011106 KKN* 2
Jumlah 21
SEMESTER VII
NO. KODE MK MATA KULIAH SKS MK PRASYARAT
1  200011105 Fisika Sains 2
2 400011132 Fisika Zat Padat 4 Fisika Modern danFisika Inti
3  400011131 Teori Medan Elektromagnet 3
4 300011121 Seminar Proposal Skripsi 2 Metodologi Penelitian
5  300011119 Magang 3 2 Magang I+II
Jumlah 13  
SEMESTER VIII
NO. KODE MK MATA KULIAH SKS      MK PRASYARAT
1  300011122 Penulisan Skripsi 6
Jumlah 6  

*) Mata Kuliah Pilihan

Comments are closed.