Breaking News

Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Ketua Program Studi : Dr. Hj. Chandrawaty, M.Pd.

 

VISI

Terwujudnya Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) yang professional dan unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial di tingkat nasional pada tahun 2019.

 

MISI

Untuk mencapai Visi di atas, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini menetapkan Misi sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan lulusan yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, sosial, kepribadian yang Islami dalam bidang anak usia dini.
  2. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan pendidikan anak usia.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam bidang pendidikan anak usia.
  4. Menyelenggarakan dakwah Kemuhammadiyahan kepada mahasiswa dan masyarakat.

 

TUJUAN

Tujuan Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP UHAMKA  ialah:

  1. Menghasilkan guru dan pengelola paud yang memiliki kompetensi profesional, pedagogik, sosial, kepribadian yang Islami dalam bidang anak usia dini.
  2. Menghasilkan sumber daya manusia yang mampu berpikir logis dan kritis untuk memecahkan permasalahan pada pendidikan anak usia dini
  3. Mengaplikasikan ilmu pendidikan anak usia dini kepada masyarakat agar dapat diterapkan, sehingga membantu pengembangan pendidikan anak usia dini di lingkungannya.
  4. Menghasilkan mahasiswa yang mampu melaksanakan dakwah kemuhammadiyahan dan dapat mengembangkannya kepada masyarakat.

 

PROFIL LULUSAN

Lulusan Program Studi PG PAUD mempunyai kualifikasi sarjana pendidikan anak usia dini dalam perspektif Islam yang diharapkan dapat bekerja sebagai calon pendidik PAUD, pengelola PAUD,entrepreneur, dan peneliti pemula ke-PAUD-an.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

 A. Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunujukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

B. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistimatis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskriptif santifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  4. Menyusun diskripsi saintifik hasil kajian tersebut diatas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis, informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

C. Keterampilan Khusus

  1. Mampu memecahkan permasalahan pembelajaran AUD melalui pendekatan saintifik
  2. Menguasai materi Ke-PAUD-an secara kreatif, inovatif dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik baik pada tingkat nasional maupun internasional
  3. Mampu memecahkan permasalahan kelembagaan/PAUD, merencanakan dan mengembangkan PAUD melalui pendekatan yang berorientasi nilai-nilai Islami, logis dan komperehensif, kreatif dan inovatif
  4. Menguasai teori kewirausahaan berbasis kePAUDan
  5. Menguasai konsep teoritis bidang penelitian pendidikan dan mampu menerapkannya dalam menyelesaikan masalah PAUD
  6. Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, dan melakukan asasmen perkembangan anak usia dini, yang berorientasi pada kecakapan hidup (lifeskill) dan nilai-nilai kemuhammadiyahan
  7. Memiliki kemampuan managerial dalam penyelenggaraan PAUD (mampu melakukan supervisi di PAUD dan mengembangkan bentuk kerjasama dengan stakeholder)
  8. Memiliki jiwa kepemimpinan dan enterpreneurship
  9. Mampu mengembangkan dan mengimplementasikan bidang kewirausahaan berbasis PAUD
  10. Mampu merencanakan,melaksanakan, mempublikasikan,dan memanfaatkan hasil penelitian
  11. Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEK
  12. Menguasai dasar-dasar teori kelembagaan untuk merencanakan, menerapkan, mengelola, memecahkan masalah organisasi, serta tata kelola di PAUD
  13. Menguasai materi lembaga PAUD secara kreatif,inovatif dan konstektual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pendidik baik pada tingkat nasional maupun Internasional
  14. Memiliki jiwa kepemimpinan dan entrepreneurship dibidang ke-PAUD-an

 

 D. Penguasaan Pengetahuan

  1. Mampu merencanakan, menerapkan, mengelola, dan melakukan asasmen pembelajaran yang berorientasi pada kecakapan hidup (lifeskill) sesuai dengan nilai-nilai kemuhammadiyahan
  2. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran melalui teknik pembelajaran yang relevan dengan pendekatan saintifik
  3. Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEK.
  4. Menguasai materi lembaga PAUD secara kreatif, inovatif, dan kontekstual yang mendukung tugas profesionalnya sebagai pengelola baik pada tingkat nasional maupun internasional
  5. Mampu merencanakan, dan menerapkan penelitian PAUD
  6. Mampu memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran berdasarkan hasil penelitian
  7. Menguasai secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis IPTEK untuk melaksanakan penelitian
  8. Menguasai konsep teoritis bidang penelitian pendidikan dan mampu menerapkannya dalam menyelesaikan masalah PAUD
  9. Mampu mengambil keputusan berdasarkan hasil penelitian.
  10. Mampu memberikan alternatif solusi berdasarkan hasil penelitian
  11. Mampu melaksanakan dan mempertanggung jawabkan pekerjaannya sendiri sebagai tenaga pendidik PAUD di lingkungan masyarakat pada umumnya dan lingkungan Muhammadiyah pada khususnya
  12. Mampu memupuk jiwa kepemimpinan terhadap diri sendiri dan lingkungan sosialnya
  13. Mampu mengembangkan konsep PAUD untuk memupuk jiwa interpreneurship pada lingkungan sekitar.
  14. Mampu menganalisa perkembangan PAUD di masyarakat guna menentukan strategi yang relevan terhadap penyelesaian masalah.
  15. Mampu menumbuhkan rasa kepedulian kepada fenomena pentingnya PAUD di masyarakat
  16. Mampu memberikan sumbangan pemikiran yang berdasar teoritis dan penelitian terhadap fenomena PAUD di masyarakat.

 

STRUKTUR KURIKULUM

No. Kelompok MK Kode MK Mata Kuliah SKS SMT
1 Sikap 100010301 Pendidikan agama 2 1
100010302 Aqidah 2 2
100010303 Ibadah Akhlak 2 3
100010304 Islam dalam Disiplin Ilmu (IDI) 2 6
100010305 PPKn 3 2
100010306 Landasan Pendidikan 3 1
100010307 Kewirausahan 3 6
JUMLAH 17
No. Kelompok MK Kode MK Mata Kuliah SKS SMT
2 Pengetahuan 200010301 Kemuhammadiyahan 2 5
200010302 Muamalah 2 4
200010303 ISBD 2 5
200010304 Psikologi Perkembangan 2 2
200010305 Filsafat Pendidikan 2 1
JUMLAH 10
3 Keterampilan Umum 300010301 Bahasa Indonesia 2 1
300010302 Bahasa Inggris 2 3
300010303 Bimbingan dan Konseling 2 3
300010304 Teori Belajar dan Pembelajaran 2 3
300010305 Administrasi & Supervisi Pendidikan 2 5
300010306 Evaluasi Pendidikan 2 4
300010307 Strategi Pembelajaran 3 4
300010308 Statistika 3 5
300010309 Profesi Kependidikan 2 1
300010310 Metodologi Penelitian 1 2 5
300010311 Metodologi Penelitian 2 2 6
300010312 Statistika untuk Penelitian 2 6
300010313 Bahasa sebagai sarana Komunikasi Ilmiah 2 7
300010314 TIK dalam Pembelajaran PAUD 2 5
300010315 Magang 1 1 3
300010316 Magang 2 1 5
300010317 Magang 3 2 7
300010318 Seminar Proposal Skripsi 3 7
300010319 Penulisan Skripsi 4 7
JUMLAH 43
4 Keterampilan Khusus 400010301 Pengembangan Karir PAUD 2 1
400010302 Konsep Dasar PAUD 3 1
400010303 Antropobiologi 2 1
400010304 Kesehatan dan Gizi AUD 2 1
400010305 Perkembangan Anak 1 (0-3 Tahun) 3 2
400010306 Dasar-dasar Musik 2 2
400010307 Media Pembelajaran 3 2
400010308 Pendidikan Anak dalam Keluarga 2 2
400010309 Bermain AUD 3 2
400010310 Bahasa Inggris AUD I / Listening Program 2 2
400010331 Bahasa Inggris AUD 2/Communication Skill Program 2 6
400010311 Komunikasi Efektif dalam Pendidikan 2 2
400010312 Keterampilan Seni untuk AUD 1 3 3
400010318 Keterampilan Seni untuk AUD 2 3 4
400010313 Metodologi Pengembangan Sosial emosi AUD 3 3
400010314 Metodologi Pengembangan Nilai Agama dan Moral AUD 3 3
400010315 Perkembangan Anak 2 (4-6 thn) 3 3
400010316 Neurosains dalam Pembelajaran 2 3
400010317 Pengembangan Musik 2 4
400010319 Kurikulum AUD I 3 4
400010323 Kurikulum AUD 2 3 5
No. Kelompok MK Kode MK Mata Kuliah SKS SMT
400010320 Metodologi Pengembangan Kognitif AUD 3 4
400010321 Metodologi Pengembangan Bahasa AUD 3 4
400010322 Metodologi Pengembangan Motorik Kasar 3 4
400010324 Metodologi Pengembangan Motorik Halus 3 5
400010325 Kapita Selekta Hasil Penelitian PAUD 2 5
400010326 TIK dalam Pembelajaran AUD 2 5
400010327 Gerak Tari AUD 3 6
400010328 Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 1 2 6
400010333 Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 2 2 7
400010329 Pembelajaran Sains AUD 3 6
400010330 Manajemen Penyelenggaraan PAUD 3 6
400010332 PKM/Microteaching 2 6
JUMLAH 88
TOTAL 152

 

DISTRIBUSI MATA KULIAH

SEMESTER I
No. Kode MK  Mata Kuliah SKS  MK Prasyarat
1 100010301 Pendidikan Agama 2  
2 200010305 Filsafat Pendidikan 2  
3 100010306 Landasan Pendidikan 3  
4 300010301 Bahasa Indonesia 2  
5 400010301 Pengembangan Karir PAUD 2
6 300010309 Profesi Kependidikan 2
7 400010302 Konsep Dasar PAUD 3
8 400010303 Antropobiologi 2
9 400010304 Kesehatan dan Gizi AUD 2
JUMLAH 20
SEMESTER II
 No.  Kode MK Mata Kuliah SKS   MK Prasyarat
1 100010302 Aqidah 2  
2 200010304 Psikologi Perkembangan 2
3 100010305 PPKn 3  
4 400010306 Dasar-Dasar Musik 2  
5 400010305 Perkembangan Anak 1 (0-3 thn) 3
6 400010307 Media Pembelajaran 3
7 400010308 Pendidikan Anak dalam Keluarga 2
8 400010309 Bermain AUD 3
9 400010310 Bahasa Inggris AUD I/Listening Program 2
10 400010312 Komunikasi Efektif dalam Pendidikan 2
JUMLAH 24
SEMESTER III
No. Kode MK Mata kuliah SKS MK Prasyarat
1 100010303 Ibadah Akhlak 2  
2 300010304 Teori Belajar dan Pembelajaran 2  
3 300010303 Bimbingan dan Konseling 2
4 300010302 Bahasa Inggris 2
5 400010313 Keterampilan seni untuk AUD 1 3
6 400010315 Metodologi Pengembangan Sosial emosi AUD 3
7 400010316 Metodologi Pengembangan Nilai Agama dan Moral AUD 3
8 400010317 Perkembangan Anak 2 (4-6 thn) 3 Perkembangan Anak 1
9 400010318 Neurosains dalam Pembelajaran 2
10 300010315 Magang 1 1
JUMLAH 23
SEMESTER IV
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 200010302 Muamalah 2  
2 300010307 Strategi Pembelajaran 3
3 300010306 Evaluasi Pendidikan 2
4 400010319 Pengembangan musik 2 Dasar-Dasar music
5 400010314 Keterampilan seni untuk AUD 2 3
6 400010320 Kurikulum AUD I 3
7 400010322 Metodologi Pengembangan 3
Kognitif AUD
8 400010323 Metodologi Pengembangan Bahasa AUD 3
9 400010324 Metodologi Pengembangan Motorik Kasar 3
JUMLAH 24
SEMESTER V
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 200010301 Kemuhammadiyahan 2  
2 300010308 Statistika 3  
3 300010305 Administrasi dan Supervisi Pendidikan 2
4 300010314 TIK dalam Pembelajaran 2
5 200010303 ISBD 2
6 400010321 Kurikulum AUD 2 3
7 400010325 Metodologi Pengembangan Motorik Halus 3
8 400010326 Kapita selekta Hasil Penelitian PAUD 2
9 300010310 Metodologi Penelitian 1 2
10 300010316 Magang 2 1
JUMLAH 22
SEMESTER VI
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 100010304 Islam dalam Disiplin Ilmu (IDI) 2  
2 100010307 Kewirausahaan 3
3 400010328 Gerak Tari AUD 3
4 400010329 Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 1 2
5 300010311 Metodologi Penelitian 2 2 Metodologi Penelitian 1 dan Kapita selekta
6 400010331 Pembelajaran Sains AUD 3
7 400010332 Manajemen Penyelenggaraan PAUD 3
8 400010333 PKM/microteaching 2
9 300010312 Statistik untuk Penelitian 2 Statistika
10 400010311 Bahasa Inggris AUD 2/Communication Skill Program 2
JUMLAH 24
SEMESTER VII
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 400010330 Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 2 2
2 300010313 Bahasa sebagai sarana komunikasi ilmiah 2
3 300010318 Seminar proposal Skripsi 3
4 300010317 Magang 3 2
JUMLAH 9
SEMESTER VIII
No.  Kode MK Mata Kuliah  SKS  MK Prasyarat
1 300010319 Penulisan Skripsi 4  Semua MK Lulus
JUMLAH 4

Comments are closed.