Breaking News

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ketua Program Studi          : Drs. H. Kusmajid Abdullah, M.Pd.

Sekretaris Program Studi : Ika Yatri, M.Pd.

 

VISI

Pada tahun 2020 menjadi program studi utama tingkat nasional dalam mewujudkan tenaga kependidikan di jenjang pendidikan dasar, yang unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial dalam pengembangan ilmu pendidikan dan teknologi pembelajaran.

 

MISI

  1. Meningkatkan kualitas pendidikan guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtida’iyah
  2. Menyelenggarakan pendidikan, pengajaran dan bimbingan calon guru Sekolah Dasar/Madrasah Ibtida’iyah untuk menghasikan lulusan yang profesional dan berdaya saing
  3. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang   pendidikan dan pengajaran di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtida’iyah
  4. Melaksanakan aktivitas pembelajaran berkelanjutan untuk melanjutkan kualitas program studidan kualitas lulusan.
  5. Menjadikan program studi sebagai pusat kader persyarikatan Muhammadiyah.

 

TUJUAN

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan kompentesi mahasiswa agar :

  1. Mampu mengamalkan nilai-nilai Ke-Islaman dalam menunaikan tugas sebagai guru Sekolah Dasar
  2. Memiliki kesadaran tinggi sebagai warganegara dari masyarakat dan bangsa yang Pancasilais
  3. Menguasai cara berfikir, teori, konsep, prosedur dan fakta penting sebagai dasar pengembangan pengetahuan lebih lanjut
  4. Memiliki pemahaman yang mendalam mengenai perkembangan kemampuan siswa Sekolah Dasar dalam belajar
  5. Memiliki wawasan sikap, dan ketrampilan keguruan untuk mengembangkan proses dan pelaksanaan pendidikan di Sekolah Dasar
  6. Memiliki kebiasaan, nilai dan kecenderungan pribadi yang menunjang pengembangan profesi guru di Sekolah Dasar
  7. Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi secara sosial dan profesional di lingkungan sejawat maupun masyarakat.

 

PROFIL LULUSAN

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA.

  1. Tenaga Pendidik yang berakhlak mulia pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasarkan keilmuan, karakter dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan;
  2. Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran dan mampu mengahsilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar;
  3. Praktisi dan konsultan pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, Pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembangan media serta sumber belajar.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA meliputi empat unsur, yaitu 1) Sikap dan Tata Nilai; 2) Pengetahuan; 3) Keterampilan Umum; dan 4) Keterampilan Khusus. Penciri dari setiap unsur dijabarkan sebagai berikut :

A. Sikap dan Tata Nilai

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religious;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga Negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa;
  5. Mengahgai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan berlomba-lomba dalam kebaikan, memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disisplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai kemuhammadiyahan, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

 B. Pengetahuan

  1. Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar;
  2. Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan social;
  3. Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK;
  4. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar;
  5. Menguasai konsep teknologi pembelajaran dan penerapannya di sekolah dasar;
  6. Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar;
  7. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar;
  8. Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran.

 

 C. Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan, pembaharuan (tajdid), implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka mengahsilkan solusi, gagasan, desain dan kritik seni;
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di salam maupun di luar negeri;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada dibawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melaksanakan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyiapkan dan mengamnkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

D. Keterampilan Khusus

  1. Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggung jawab;
  2. Mampu menrapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan social melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar;
  3. Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik;
  4. Mampu menganalisis, merekontruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri;
  5. Mampu menerapkan teknologi pembelajaran di sekolah dasar;
  6. Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan;
  7. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan sekolah dasar secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan melaporkannya dalam bentuk skripsi dan menggunggah artikel dalam laman perguruan tinggi;
  8. Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.

 

STRUKTUR KURIKULUM

No. Kelompok MK Kode MK Mata Kuliah SKS SMT
1 Sikap  100010201 Pendidikan Agama 2 1
 100010202 Aqidah 2 2
 100010203 Ibadah Akhlak 2 3
 100010204 Islam dalam Disiplin Ilmu (IDI) 2 6
 100010205 PPKn 3 1
 100010206 Landasan Kependidikan 3 1
 100010207 Kewirausahaan 3 6
JUMLAH 17
2 Pengetahuan  200010201 Kemuhammadiyahan 2 5
 200010202 Muamalah 2 4
 200010203 Psikologi Perkembangan (PBPD) 3 2
 200010204 Sosiologi Pendidikan 2 3
 200010205 Filsafat Pendidikan 2 3
 200010206 Pedagogik Trasnformatif 2 3
 200010207 Pengembangan Kurikulum di SD 2 3
 200010208 Pembelajaran Terpadu 2 4
 200010209 Perspektif Global 2 4
 200010210 Belajar Pembelajaran 2 4
 200010211 Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus 2 5
 200010212 Bimbingan dan Konseling di SD 2 5
 200010213 Perencanaan Pembelajaran SD 2 5
JUMLAH 27  
3 Keterampilan Umum  300010201 Teknologi Informasi dan Komunikasi di SD 2 1
 300010202 Bahasa Indonesia 2 1
 300010203 Bahasa Inggris 2 1
300010204 Evaluasi Pendidikan di SD 2 4
300010205 Strategi Pembelajaran 2 4
300010206 Administrasi dan Supervisi Pendidikan 2 6
300010207 Pendidikan Ke Pramukaan/Hizbul Wathon 2 2
 300010208 Pendidikan Seni Rupa 2 3
 300010209 Statistika 3 5
 300010210 Metodologi Penelitian I 2 5
 300010211 Penjaskes I 2 3
 300010212 Penjaskes II 2 4
 300010213 Pendidikan Seni Musik 2 4
 300010214 Manajemen Perpustakaan 2 5
 300010215 Media Pembelajaran 2 4
 300010216 Pra PPL (Pembelajaran Mikro) 3 6
 300010217 Praktek Kuliah Lapangan (PKL) 3 7
 300010218 Seni Tari dan Drama 3 6
 300010219 Magang 1 1 3
 300010220 Magang 2 1 5
 300010221 Magang 3 2 7
 300010222 Seminar Proposal Skripsi 2 7
 300010223 Penulisan Skripsi 6 8
JUMLAH 46

 

No. Kelompok MK Kode MK Mata Kuliah SKS SMT
4 Keterampilan Khusus  400010201 Konsep Dasar Matematika 3 1
 400010202 Konsep Dasar IPS 3 1
 400010203 Pendidikan Bahasa Inggris di SD 3 2
 400010204 Pembelajaran Bahasa Kelas Rendah 2 2
 400010205 Pendidikan Matematika I 3 2
 400010206 Konsep Dasar IPA I 2 2
 400010207 Pendidikan IPS SD 3 2
 400010208 Pembelajaran PKn di SD 3 2
 400010209 Pembelajaran Bahasa Kelas Tinggi 2 3
 400010210 Tempat, Ruang dan Sistem Sosial 2 3
 400010211 Konsep Dasar IPA II 2 3
 400010212 Pendidikan Matematika II 3 3
 400010213 Pembelajaran IPA di SD 2 4
 400010214 Inovasi Pembelajaran IPS SD 2 4
 400010215 Praktikum IPA 3 5
 400010216 Konsep Dasar Fisika* 2 5
 400010217 Matematika Realistik* 2 5
 400010218 Pembelajaran Sastra di SD* 2 5
 400010219 Pendidikan Multikultural* 2 5
 400010220 Pendidikan Inklusi 2 4
 400010221 Metodologi Penelitian II (PTK) 3 6
 400010222 Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) 2 6
 400010223 Konsep Dasar Biologi* 2 6
 400010224 Konsep Dasar Bumi & Antariksa* 2 6
 400010225 Aritmatika* 2 6
 400010226 Keterampilan Berbahasa Lisan di SD* 2 6
 400010227 Keterampilan Berbahasa Tulis di SD* 2 6
 400010228 Sumberdaya dan Berkelanjutan* 2 6
 400010229 Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta 2 1
JUMLAH 67  
TOTAL 157

*) Mata Kuliah Pilihan

 

DISTRIBUSI MATA KULIAH

SEMESTER I
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 100010201 Pendidikan Agama 2
2  300010202 Bahasa Indonesia 2
3  100010205 PPKn 3
4  100010206 Landasan Pendidikan 3
5  400010201 Konsep Dasar Matematika 3
6  300010203 Bahasa Inggris 2
7  400010202 Konsep Dasar IPS 3
8  400010229 Pendidikan Lingkungan dan Budaya Jakarta 2
9  300010201 Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK di SD) 2
Jumlah 22

 

SEMESTER II
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1  100010202 Aqidah 2
2  400010203 Pendidikan Bahasa Inggris di SD 3
3  400010204 Pembelajaran Bahasa Kelas Rendah 2
4  400010205 Pendidikan Matematika I 3
5  400010206 Konsep Dasar IPA I 2
6  400010207 Pendidikan IPS SD 3
7  400010208 Pembelajaran PKn di SD 3
8  200010203 Psikologi Perkembangan (PBPD) 3
9  300010207 Pendidikan Ke Pramukaan/Hizbul Wathon 2
Jumlah 23

 

SEMESTER III
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1  100010203 Ibadah Akhlak 2
2  400010209 Pembelajaran Bahasa Kelas Tinggi 2
3  200010204 Sosiologi Pendidikan 2
4  200010205 Filsafat Pendidikan 2
5  200010206 Pedagogik Trasnformatif 2
6  400010210 Tempat, Ruang dan Sistem Sosial 2
7  400010211 Konsep Dasar IPA II 2
8  200010207 Pengembangan Kurikulum di SD 2
9  400010212 Pendidikan Matematika II 3
10  300010211 Penjaskes I 2
11  300010208 Pendidikan Seni Rupa 2
12  300010219 Magang I 1
Jumlah 24

 

SEMESTER IV
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1  200010202 Muamalah 2
2  400010213 Pembelajaran IPA di SD 2
3  200010209 Perspektif Global 2
4  400010214 Inovasi Pembelajaran IPS di SD 2
5  400010220 Pendidikan Inklusi 2
6 300010204 Evaluasi Pembelajaran di SD 2
7  300010213 Pendidikan Seni Musik 2
8  200010208 Pembelajaran Terpadu 2
9 300010205 Strategi Belajar Mengajar 2
10  300010215 Media Pembelajaran 2
11  200010210 Belajar Pembelajaran 2
12  300010212 Penjaskes II 2
Jumlah 24

 

SEMESTER V
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1  200010201 Kemuhammadiyahan 2
2  200010211 Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus 2
3  300010210 Metodologi Penelitian I 2
4  200010213 Perencanaan Pembelajaran SD 2
5  300010209 Statistika 3
6  200010212 Bimbingan dan Konseling di SD 2
7  300010214 Manajemen Perpustakaan 2
8  400010215 Praktikum IPA 3
9  300010220 Magang 2 1
Konsentrasi IPA & Matematika
10  400010217 Matematika Realistik 2
11  400010216 Konsep Dasar Fisika 2
Konsentrasi IPS dan Bahasa
12  400010218 Pembelajaran Sastra di SD 2
13  400010219 Pendidikan Multikultural 2
Jumlah 23

 

SEMESTER VI
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 100010204 IDI 2
2 300010218 Seni Tari dan Drama 3
3 400010221 Metodologi Penelitian II (PTK) 3
4 100010207 Kewirausahaan 3
5 300010206 Administrasi dan supervisi pendidikan 2
6 400010222 Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) 2
7 300010216 Pra PPL (Pembelajaran Mikro) 3 Perenc. Pembljrn, Strategi Pembljrn
Konsentrasi IPA & Matematika
8 400010223 Konsep Dasar Biologi 2
9 400010224 Konsep Dasar Bumi dan Antariksa 2
10 400010225 Aritmatika 2
Konsentrasi IPS dan Bahasa
11 400010226 Keterampilan Berbahasa Lisan di SD 2
12 400010227 Keterampilan Berbahasa Tulis di SD 2
13 400010228 Sumberdaya dan Berkelanjutan 2
Jumlah 24

 

SEMESTER VII
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 300010217 Praktek Kuliah Lapangan (PKL) 3
3 300010222 Seminar Proposal Skripsi 2 Metodologi Penelitian, PTK, Statistik
4 300010221 Magang 3 2 Pra PPL (Pembelajaran Mikro)
Jumlah 7

 

SEMESTER VIII
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1  300010223 Penulisan Skripsi 6 Seminar Proposal
Jumlah 6

Comments are closed.