Breaking News

Pendidikan Matematika

Ketua Program Studi: Dr. Sigid Edy Purwanto, M.Pd.

Sekretaris Program Studi : Wahidin, M.Pd.

 

VISI

Menjadi penyelenggara program pendidikan guru matematika berkualitas internasional pada tahun 2020, yang unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.

 

MISI

Misi yang diemban Program Studi Pendidikan Matematika :

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menyiapkan tenaga pendidik matematika berkualitas internasionalyang memenuhi kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik, dan sosial serta memiliki kompetensi pendukung yang unggul.
  2. Mengembangkan penelitian di bidang pendidikan matematika untuk menjadi landasan dalam proses pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat
  3. Menyelenggarakan layanan pengabdian kepada masyarakat berbasis hasil penelitian pendidikan matematika dan ilmu matematika
  4. Menjadikan Program Studi Pendidikan Matematika sebagai sarana dakwah dalam memberdayakan umat melalui pendidikan m
  5. Menumbuhkembangkan jiwa keikhlasan dalam berbakti di bidang pendidikan matematika sebagai wujud pengabdian kepada Allah SWT.
  6. Menyelenggarakan internasionalisasi pendidikan matematika UHAMKA melalui pengembangan dan pengokohan jejaring dan kemitraan pada tingkat nasional, regional, dan internasional.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan tenaga pendidik matematika yang profesional, dan berkualitas internasional, yang secara spesifik:
    • Mampu berkompetisi sebagai tenaga pendidik matematika di dalam dan luar negeri.
    • Menguasai kompetensi akademik dan pedagogik pendidikan matematika.
    • Mampu membelajarkan siswa di bidang matematika dengan pengantar bahasa Inggris.
    • Memiliki skor TOEFL/persamaan TOEFL minimal 450.
    • Mampu menyerap, mengaplikasikan, dan mengembangkan teknologi informasi di bidang pendidikan matematika.
    • Memiliki daya saing, sikap kemandirian, dan integritas yang tinggi berlandaskan akhlak Islami.
  2. Menghasilkan karya ilmiah dan penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang dipublikasikan dan menjunjung tinggi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI).
  3. Menciptakan model, media, dan alat peraga pembelajaran matematika yang kreatif dan inovatif.
  4. Memiliki sekolah mitra sebagai laboratorium pengembangan pembelajaran matematika.

 

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan program studi S-1 Pendididikan Matematika, profil utama lulusan program S-1 Pendidikan Matematika adalah pendidik matematika, yang juga memiliki keahlian tambahan sebagai peneliti pendidikan matematika, edupreneur matematika, dan penulis pendidikan matematika.

  1. Pendidik Matematika; Orang yg melakukan proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan; proses, cara, perbuatan mendidik di bidang matematika; (http://kbbi.web.id/didik)
  2. Peneliti Pendidikan Matematika; Orang yang melakukan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan penyajian data yg dilakukan secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu persoalan atau menguji suatu hipotesis untuk mengembangkan prinsip-prinsip umum di bidang pendidikan matematika; http://kbbi.web.id/teliti).
  3. Edupreuner Matematika; Orang yang bertanggungjawab terhadap penciptaan dan pengembangan program, produk, layanan, dan atau teknologi untuk meningkatkan pembelajaran matematika dalam bentuk pengorganisasian usaha dan pengambilan resiko.
  4. Penulis Pendidikan Matematika; orang yang melahirkanpikiranatauperasaanmelalui tulisandalambidang pendidikanmatematika.(http://kasabda.org/kamus/tulis/)

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

A. Sikap dan Tata Nilai (S)

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Memiliki moral, etika, dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya.
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
  4. Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
  6. Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.

 

B. Penguasaan Pengetahuan (kemampuan di bidang pengetahuan: KP)

  1. Menguasai konsep pedagogik-didaktik matematika untuk melaksanakan pembelajaran di pendidikan dasar dan menengah yang berorientasi pada kecakapan hidup Islami
  2. Menguasai konsep teoritis matematika meliputi logika matematika, matematika diskrit, aljabar, analisis, geometri, teori peluang dan statistika, prinsip-prinsip pemodelan matematika, program linear, persamaan diferensial, dan metode numerik yang mendukung pembelajaran matematika di pendidikan dasar dan menengah serta untuk studi lanjut.
  3. Menguasai prinsip dan teknik perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika.
  4. Menguasai pengetahuan faktual tentang fungsi dan manfaat teknologi khususnya teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk pembelajaran matematika.
  5. Menguasai pengetahun tentang kaidah penulisan ilmiah, penerbitan hak cipta, dan publikasi.

 

C. Keterampilan Umum (kemampuan managerial: KM)

  1. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas secara Islami yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.
  2. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan sekolah yang Islami dan lembaga pendidikan yang dipercayakan kepadanya dengan penuh tanggungjawab.
  3. Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan informasi dan data dalam penyelenggaraan pendidikan yang relevan.
  4. Mampu mengkaji data dan informasi untuk menentukan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada di bidang pendidikan secara mandiri dan kelompok sebagai dasar pengambilan keputusan.
  5. Mampu mengelola program, produk, dan layanan yang mendukung kerja edupreneur matematika.
  6. Mampu mengelola penulisan ilmiah dalam bentuk prosiding, buku, dan jurnal yang ber-ISSN/ISBN.

 

D. Keterampilan Khusus (kemampuan di bidang kerja: KK)

  1. Mampu merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika secara inovatif dan Islami dengan mengaplikasikan konsep pedagogik-didaktik matematika dan keilmuan matematika serta memanfaatkan berbagai sumber belajar dan IPTEKS yang berorientasi pada kecakapan hidup.
  2. Mampu mengkaji dan menerapkan berbagai metode dan media pembelajaran matematika yang telah tersedia secara inovatif dan teruji.
  3. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam pembelajaran matematika.
  4. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika serta mempublikasikan hasilnya.
  5. Mampu menciptakan dan mengembangkan program, produk, layanan, dan atau teknologi untuk meningkatkan pembelajaran matematika.
  6. Mampu menghasilkan karya ilmiah yang dipublikasikan secara nasional maupun internasional pada jurnal tersitasi.

 

STRUKTUR KURIKULUM

No. Kelompok MK Kode MK Mata Kuliah SKS SMT
Sikap 100011001 Pendidikan Agama Islam 2 1
100011002 Aqidah 2 4
100011003 Ibadah Akhlaq 2 5
100011004 Islam dalam Displin Ilmu 2 6
100011005 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) 3 1
100011006 Landasan Pendidikan 3 1
100011006 Kewirausahaan 3 6
JUMLAH 14  
2 Pengetahuan 200011001 Muamalah 2 2
200011002 Kemuhammadiyahan 2 3
200011003 Psikologi Perkembangan 2 2
200011004 ISBD 2 2
200011005 Teori Belajar Matematika 2 3
200011006 Filsafat dan Sejarah Matematika 2 1
200011007 Pengantar Dasar Matematika 3 1
200011008 Kalkulus Diferensial 3 1
200011009 Kalkulus Integral 3 2
200011010 Kalkulus Peubah Banyak 3 3
200011011 Analisis Riil 1 3 5
200011012 Analisis Riil 2* 2 6
200011013 Analisis Kompleks 3 6
200011014 Aljabar Linear 3 3
200011015 Aljabar Abstrak 1 (Group) 3 4
200011016 Aljabar Abstrak 2 (Ring)* 2 5
200011017 Teori Bilangan 2 2
200011018 Program Linear 2 4
200011019 Teori Peluang 2 5
200011020 Statistika Matematika 3 6
200011021 Persamaan Diferensial 3 4
200011022 Metode Numerik 2 5
200011023 Matematika Diskrit 3 6
200011024 Masalah Nilai Awal dan Syarat Batas* 2 5
JUMLAH 59  
3 Keterampilan Umum 300011001 Bimbingan Konseling 2 3
300011002 Administrasi dan Supervisi Pendidikan 2 5
300011003 Strategi Pembelajaran Matematika 3 4
300011004 Evaluasi Proses Hasil Belajar Matematika 2 6
300011005 Statistika Pendidikan 3 3
300011006 Pendidikan Lingkungan Hidup 2 5
300011007 General English 2 1
300011008 Speaking 2 2
300011009 English for Math 2 3
300011010 English for TOEFL 2 4
300011011 Bahasa Indonesia 2 1
300011012 Metodologi Penelitian 2 5
No. Kelompok MK Kode MK Mata Kuliah SKS SMT
  300011013 Seminar Proposal Skripsi 2 7
300011014 Magang 1 1 3
300011015 Magang 2 1 5
300011016 Magang 3 2 7
300011017 Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2 7
300011018 Penulisan Skripsi 6 8
JUMLAH 40  
4 Keterampilan Khusus 400011001 Ilmu Falak 2 7
400011002 Kajian Kurikulum Matematika Sekolah 3 3
400011003 Pembinaan Kompetensi Mengajar Matematika 2 6
400011004 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 1 2
400011005 Pembelajaran Matematika Realistik* 2 3
400011006 Workshop Matematika 3 4
400011007 Algoritma dan Pemrograman Komputer 2 2
400011008 Aplikasi Komputer* 2 4
400011009 Matematika Ekonomi dan Keuangan* 2 2
400011010 Geometri Non Euclid* 2 7
400011011 Matematika Aktuaria* 2 7
400011012 Kapita Selekta Matematika 1 3 1
400011013 Kapita Selekta Matematika 2 3 2
400011014 Geometri Datar 2 2
400011015 Geometri Ruang 2 3
400011016 Geometri Analitik 3 5
400011017 Geometri Transformasi 3 6
400011018 Statistika Elementer 3 4
JUMLAH 45  
TOTAL 158

 

Distribusi Mata Kuliah

SEMESTER I
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 100011001 Pendidikan Agama Islam 2
2 300011007 General English 2
3 300011011 Bahasa Indonesia 2
4 100011005 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3
5 100011006 Landasan Pendidikan 3
6 200011006 Filsafat dan Sejarah Matematika 2
7 200011007 Pengantar Dasar Matematika 3
8 400011013 Kapita Selekta Matematika I 3
9 200011008 Kalkulus Diferensial 3
JUMLAH 23
SEMESTER II
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 200011001 Muamalah 2  
2 200011004 ISBD 2  
3 200011003 Psikologi Perkembangan 3  
4 300011008 Speaking 2
5 400011005 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 1
6 400011008 Algoritma dan Pemrograman Komputer 2
7 400011014 Kapita Selekta Matematika 2 3
8 400011015 Geometri Datar 2
9 200011009 Kalkulus Integral 3 Kalkulus Diferensial
10 200011017 Teori Bilangan 2
11 400011010 Matematika Ekonomi dan Keuangan* 2
JUMLAH 24
SEMESTER III
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 200011002 Kemuhammadiyahan 2
2 300011001 Bimbingan Konseling 2
3 300011009 English for Math 2  
4 400011002 Kajian Kurikulum Matematika Sekolah 3  
5 200011005 Teori Belajar Matematika 2  
6 200011014 Aljabar Linear 3
7 400011018 Statistika Elementer 3
8 400011016 Geometri Ruang 2 Geometri Datar
9 200011010 Kalkulus Peubah Banyak 3 Kalkulus Integral
10 300011014 Magang 1 1
JUMLAH 23
SEMESTER IV
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 100011002 Aqidah 2  
2 300011003 Strategi Pembelajaran Matematika 3  
3 300011010 English for TOEFL 2
4 200011015 Aljabar Abstrak 1 (Group) 3
5 200011018 Program Linear 2 Aljabar Linear
6 200011021 Persamaan Diferensial 3 Kalkulus Diferensial, Kalkulus Integral
7 400011007 Workshop Matematika 3
8 400011009 Aplikasi Komputer* 2 Algoritma dan Pemrograman Komputer
9 300011005 Statistika Pendidikan 3 Statistika Elementer
JUMLAH 23
SEMESTER V
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 100011003 Ibadah Akhlaq 2
2 300011002 Administrasi dan Supervisi Pendidikan 2  
3 300011006 Pendidikan Lingkungan Hidup 2
4 200011011 Analisis Riil 1 3 Pengantar Dasar Mat, Kalkulus Peubah Byk
5 200011016 Aljabar Abstrak 2 (Ring)* 2 Aljabar Abstrak I
6 200011019 Teori Peluang 2
7 200011022 Metode Numerik 2
8 200011024 Masalah Nilai Awal dan Syarat Batas* 2 Persamaan Diferensial
9 400011017 Geometri Analitik 3 Geometri Ruang
10 300011012 Metodologi Penelitian 2
11 300011015 Magang 2 1
JUMLAH 23

 

SEMESTER VI
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 100011004 Islam dalam Disiplin Ilmu (IDI) 2  
2 400011003 Pembinaan Kompetensi Mengajar Matematika 2  
3 300011004 Evaluasi Proses Hasil Belajar Matematika 2  
4 400011007 Kewirausahaan 3  
5 400011017 Geometri Transformasi 3 Geometri Analitik
6 200011023 Matematika Diskrit 3 Pengantar Dasar Mat
7 200011020 Statistika Matematika 3 Statistika Pend.
8 200011012 Analisis Riil 2* 2 Analisis Real 1
9 200011013 Analisis Kompleks 3
JUMLAH 23
SEMESTER VII
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 400011001 Ilmu Falak 2  
2 300011013 Seminar Proposal Skripsi 2 Statistika Pend., Metodologi Penelitian
3 400011005 Pembelajaran Matematika Realistik* 2
4 400011010 Geometri Non Euclid* 2
5 400011011 Matematika Aktuaria* 2
6 300011016 Magang 3 2
7 300011017 Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2
JUMLAH 14
SEMESTER VIII
No. Kode MK Mata Kuliah SKS MK Prasyarat
1 300011018 Penulisan Skripsi 6 Seminar Proposal Skripsi
JUMLAH 6

*) Mata Kuliah Pilihan berjumlah 16 sks, dan wajib diambil 4 sks

Comments are closed.