Breaking News

Pimpinan Fakultas


Dekan : Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd. 

Wakil Dekan I : Dr. Sri Astuti, M.Pd.

Wakil Dekan II : Dr. Chandrawaty, M.Pd.

Wakil Dekan III : Dr. Tri Wintolo Apoko, M.Pd.

Wakil Dekan IV : Dr. Izza Rohman, M.A.


Visi

“Menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terbaik di tingkat Nasional pada tahun 2020 yang menghasilkan Sarjana Pendidikan unggul dalam Kecerdasan Spiritual, Intelektual, Emosional, dan Sosial”. Penjelasan berkenaan dengan kata kunci pada pernyataan Visi di atas adalah sebagai berikut:

  1. Cerdas Spiritual, antara lain ditunjukkan dengan sikap ketaatan menjalankan ajaran agama, rajin beribadah, beraklaq mulia, berhati nurani, memiliki sifat dan perilaku hidup bermasyarakat yang layak menjadi tauladan.
  2. Cerdas Intelektual, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap Smart, Kreatif, Inovatif, Objektif, Tangkas, didasari oleh sikap Tawadlu kepada Allah SWT dan mampu memerankan diri sebagai solusi bagi lingkungan.
  3. Cerdas Emosional, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap menyadari
    hakikat diri sendiri, berprinsip lebih baik “memberi” daripada “menerima” sebagai Implementasi Surat Al-Maun, berempati, bersemangat untuk berprestasi, bekerja keras, tidak mudah putus asa, dan pandai bekerja sama (bersinergi) dan berkolaborasi.
  4. Cerdas Sosial, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap bermanfaat bagi lingkungan, toleran sesuai dengan petunjuk Allah pada Surat Al-Kafirun, menghargai orang lain, gemar bersilaturahmi, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan lingkungan, bertanggung jawab menjadi elemen persyarikatan Muhammadiyah.

Misi
Untuk mewujudkan Visi tersebut, FKIP UHAMKA menyusun Misi sebagaimana yang tercantum dalam Renstra FKIP UHAMKA tahun 2016-2020 adalah:

  1. Menyelenggarakan Pembinaan dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Menyelenggarakan Pendidikan dan Pengajaran yang bersifat Interaktif, Holistik, Integratif, Saintifik, Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa.
  3. Menyelenggarakan Penelitian yang memenuhi kaidah dan metode ilmiah secara sistematis sesuai otonomi keilmuan dan budaya akademik dalam Skala Nasional dan Internasional.
  4. Menyelenggarakan Pengabdian kepada masyarakat dengan cara menerapkan, mengamalkan, membudayakan inovasi, Implementasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi guna memajukan kesejahteraan dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Berdasarkan Visi dan Misi di atas, FKIP UHAMKA memiliki Tujuan sebagaimana yang tercantum dalam Renstra FKIP UHAMKA tahun 2016-2020 adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang siap dan cakap sebagai kader persyarikatan, kader umat dan kader bangsa yang berakhlak mulia, untuk menjadi pilar dalam masyarakat utama yang diridhai oleh Allah SWT.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kecakapan Sikap, Pengetahuan, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus dalam mengajar dan mendidik, baik tingkat Nasional dan Internasional.
  3. Menghasilkan penelitian umum dan kependidikan berskala Nasional dan Internasional yang bermanfaat bagi Pengembangan Dunia Pendidikan dan Masyarakat luas.
  4. Menghasilkan Pengabdian kepada masyarakat yang berdimensi penyelesaian masalah, Pemanfaatan Teknologi Tepat Guna, Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Bahan Ajar atau Modul Pelatihan untuk Pengayaan Sumber Belajar.

Alamat Kampus :

Jl. Tanah Merdeka, Kp. Rambutan, Ciracas,  Jakarta Timur.

Telepon (021) 8400341, 8403683 – Fax. (021) 8411531

Website :  fkip.uhamka.ac.id

E-mail    : fkip@uhamka.ac.id

keguruan_uhamka@yahoo.co.id


Comments are closed.