Breaking News

Seminar Nasional dan Temu Alumni Prodi Pendidikan Sejarah

Pelaksanaan kurikulum 2013, hingga saat ini masih belum dilaksanakan dengan optimal. Hal ini terjadi karena keterbatasan kompetensi guru, terutama dalam aspek pedagogi. Oleh karena itu, sebagai bagian dari LPTK yang bertugas mewujudkan guru-guru berkompetensi, Prodi Pendidikan Sejarah menyelenggarakan kegiatan Seminar Nasional bertema “Inovasi Pembelajaran Sejarah berbasis Kurikulum 2013”. Seminar ini diadakan tanggal 20 Juni 2016 bertempat di Aula Ahmad Dahlan, Gedung A, Lt. 6 FKIP UHAMKA.

Kegiatan Seminar Nasional dan Temu Alumni diselenggarakan pada tanggal 20 Juni 2016 bertempat di Aula Ahmad Dahlan, kampus FKIP UHAMKA, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Acara ini diikuti kurang lebih 80 peserta, mayoritas dari mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah dan alumni.

Terdapat empat pembicara dalam kegiatan seminar nasional dan temu alumni ini, yaitu 1) Prof. Dr. Suswandari, M. Pd. menjadi pembicara pertama dengan materi mengenai Buku Teks dalam Kurikulum 2013; 2) Dr. Desvian Bandarsyah, M. Pd. menjadi pembicara kedua dengan materi tentang nilai-nilai nasionalisme dalam materi Kurikulum 2013; 3) Hari Naredi, M. Pd., menjadi pembicara ketiga dengan materi tentang inovasi metode pembelajaran dalam kurikulum 2013; 4) Laely Armiyati, M. Pd., menjadi pembicara keempat dengan materi tentang Media Pembelajaran berbasis E-Learning.

Kegiatan seminar ditutup kemudian dilanjutkan dengan kegiatan buka bersama. Berdasarkan wawancara dengan beberapa peserta kegiatan, kegiatan ini memberikan wawasan dan ketrampilan kepada peserta didik untuk melakukan inovasi media, metode, dan bahan ajar pembelajaran sejarah. Selain itu, adapula saran dari peserta agar kegiatan seperti ini terus dilanjutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*