Ketua Program Studi : Dr. Prima Gusti Yani, M.Pd.
Sekretaris Program Studi : Nur Aini Puspitasari, M.Pd.
VISI
Pada tahun 2019 menjadi program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang terkemuka di tingkat nasional, dalam menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang Islami dan unggul dalam kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial.
Pernyataan “program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang terkemuka di tingkat nasional”mengandung maksud menjadi program studi papan atas sejajar dengan program studi ternama lainnya dengan capaian sebagai berikut:
- Pada tahun 2020 menempati posisi 10 besar Program Studi Terbaik di Jakarta
- Pada tahun 2030 menempati posisi 10 besar Program Studi Terbaik Tingkat Nasional
Lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UHAMKA memiliki keunggulan (keutamaan) sebagai berikut.
- Cerdas spiritual, antara lain ditunjuk dengan sifat dan sikap ketaatan mengamalkan ajaran agama, rajin beribadah, berakhlak mulia, berhati nurani, dan memiliki sifat dan perilaku hidup bermasyarakat yang layak menjadi teladan;
- Cerdas intelektual, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap smart, kreatif, inovatif, objektif, tangkas, dan mampu memerankan diri sebagai solusi bagi lingkungan;
- Cerdas emosional, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap menyadari hakikat diri sendiri, berprinsip lebih baik ’memberi’ daripada ’menerima’, berempati, bersemangat untuk berprestasi, bekerja keras, tidak mudah putus asa, dan pandai bekerja sama (bersinergi);
Cerdas sosial, antara lain ditunjukkan dengan sifat dan sikap bermanfaat bagi lingkungan, toleran, menghargai orang lain, gemar bersilahturami, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan lingkungan, bertanggung jawab menjadi elemen persyarikatan Muhammadiyah.
MISI
Untuk mencapai Visi di atas, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia menetapkan Misi sebagai berikut:
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang memenuhi kompetensi kepribadian, profesi, pedagogik, dan sosial serta memiliki kompetensi pendukung yang unggul.
- Melaksanakan penelitian dan pengembangan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Menjadikan program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai gerakan dakwah dan gerakan pembaharuan khususnya di bidang pendidikan.
TUJUAN
- Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang memenuhi kompetensi kepribadian, profesi, pedagogik, dan sosial serta memiliki kompetensi pendukung yang unggul.
- Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang memiliki kompetensi penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang mampu mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Kompetensi Lulusan S1 Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
1. Kompetensi Utama
Kompetensi utama lulusan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah menjadi tenaga pengajar bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang memiliki kualifikasi keilmuan bahasa yang mumpuni di bidangnya.
Kompetensi utama tersebut meliputi kelompok mata kuliah sebagai berikut :
1. | Linguistik Umum | 16. | Kajian Prosa |
2. | Sosiolinguistik | 17. | Kajian dan Pementasan Drama |
3. | Fonologi Bahasa Indonesia | 18. | Sastra Banding |
4. | Morfologi Bahasa Indonesia | 19. | Kritik Sastra |
5. | Sintaksis Bahasa Indonesia | 20. | Filologi/Sastra Klasik |
6. | Semantik Bahasa Indonesia | 21. | Wacana Bahasa Indonesia |
7. | Keterampilan Menyimak | 22. | Analisis Kesalahan Berbahasa |
8. | Keterampilan Berbicara | 23. | Penyuluhan Bahasa |
9. | Keterampilan Membaca | 24. | Pembinaan Kompetensi Mengajar |
10. | Keterampilan Menulis Ilmiah | 25. | Teori Belajar Bahasa |
11. | Keterampilan Menulis Sastra | 26. | Pengembangan Materi Bahasa Indonesia |
12. | Keterampilan Penyuntingan | 27. | Praktik Pengalaman Lapang |
13. | Teori Sastra | 28. | Seminar Proposal |
14. | Sejarah Sastra | 29. | Skripsi |
15. | Kajian Puisi |
2. Kompetensi Pendukung
Untuk mendukung kompetensi utama lulusan, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memasukkan berbagai mata kuliah kependidikan, kemuhammadiyahan dan bahasa Inggris sebagai kompetensi pendukung lulusan.
Mata kuliah kependidikan meliputi: Landasan Ilmu Pendidikan, Psikologi Perkembangan, Belajar dan Pembelajaran. Mata Kuliah Kemuhammadiyahan meliputi: Pendidikan Agama, Bahasa Arab/Al Quran, Aqidah, Ibadah/Akhlak, Muammalah, Kemuhammadiyahan, Kependidikan Islam.
3. Kompetensi Lainnya
Kompetensi lain pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, diwujudkan dalam kelompok mata kuliah berkarya, dengan kompetensi: mengembangkan keterampilan di bidang pendidikan, pengajaran, dan kewirausahaan.
Mata kuliahnya antara lain Jurnalistik, Komunikasi Bisnis, Penulisan Skenario dan Naskah Iklan, dan Pewara (Master of Ceremony), yang nantinya diharapkan dapat menggeluti profesi sebagai wartawan, wirausaha, penulis, dan MC, selain menjadi guru.
PROFIL LULUSAN
NO | PROFIL | STANDAR KOMPETENSI LULUSAN | |
PENGETAHUAN | KETERAMPILAN KHUSUS | ||
1 | Pendidik pemula bidang Bahasa Indonesia | Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran berbahasa dan bersastra, dan penelitian pendidikan bahasa dan sastra | Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/ umum, akademisi, dan pekerjaan; |
Menguasai prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi | Mampu mengapresiasi, mengekspresi, mengreasi karya sastra Indonesia secara lisan dan tulisan | ||
Menguasai konsep pengembangan program pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia | Mampu melakukan analisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif dan teruji untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia | ||
Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi | |||
2 | Peneliti pemula bidang Bahasa Indonesia | Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran berbahasa dan bersastra, dan penelitian pendidikan bahasa dan sastra | Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain atau model pembelajaran baru yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia |
Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi | |||
3 | Wirausahawan bidang bahasa Indonesia | Menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran berbahasa dan bersastra, dan penelitian pendidikan bahasa dan sastra | Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/ umum, akademisi, dan pekerjaan; |
Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya. | Mampu menghasilkan layanan jasa dan produk kretif dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya |
CAPAIAN PEMBELAJARAN
NO | ASPEK | CAPAIAN PEMBELAJARAN MINIMAL S-1 BERDASARKAN RUMUSAN SNPT NO. 49 TAHUN 2014 | |
1 | SIKAP | S1 | bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
S2 | menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; | ||
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; | ||
S4 | berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; | ||
S5 | menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | ||
S6 | bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | ||
S7 | taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | ||
S8 | menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | ||
S9 | menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; | ||
S10 | menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. | ||
S11 | Menginternalisasi misi persyarikatan Muhammadiyah dalam berbagai aspek kehidupan. | ||
S12 | Menguasai dan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan. | ||
S13 | Mengetahui dan memahami hakikat Tuhan, manusia, dan kehidupan sesuai deangan tuntunan Al Quran dan Hadist yang shahih dan ilmu pengetahuan | ||
S14 | Mengamalkan tata cara beribadah yang benar berdasarkan Al Quran dan As-Sunnah maqbullah | ||
S15 | Berakhlakul karimah dalam bermuamalah yang bermanfaat bagi diri, masyarakat, bangsa dan Negara. |
NO | ASPEK | CAPAIAN PEMBELAJARAN MINIMAL S-1 SNPT NO. 49 TAHUN 2014 | CAPAIAN PEMBELAJARAN S-1 PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA | |
2 | KETERAMPILAN | K1 | UMUM mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; | KHUSUSmampu menerapkan pemikiran logis, kritis, kreatif, dan inovatif dalam konteks pengembangan ilmu kebahasaan, ilmu sastra, ilmu kependidikan dan keterampilan berbahasa serta pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; |
K2 | mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; | terampil berbahasa dan bersastra, mampu menghasilkan makalah, proposal penelitian, mengembangkan teknologi di bidang kebahasaan, dan perangkat pembelajaran; | ||
K3 | mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, kependidikan, dan pembelajaran bahasa Indonesia serta mampu secara saintifik menghasilkan bentuk penelitian yang berwujud skripsi dan artikel ilmiah yang dipublikasikan (diunggah dalam laman perguruan tinggi). | ||
K4 | menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | menyusun skripsi sesuai pedoman penulisan yang ditentukan fakultas dan menulis artikel sesuai gaya selingkung yang telah ditetapkan oleh jurnal prodi serta mempublikasikan (mengunggahnya ke laman perguruan tinggi); | ||
K5 | mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data; | mampu mengambil keputusan dalam suatu permasalahan kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, kependidikan, dan pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan hasil analisis informasi dan data; | ||
K6 | mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; | mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan lembaga yang relevan, mengembangkan kerjasama dengan pembimbing, mahasiswa, dan pimpinan; | ||
K7 | mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; | mampu bertanggung jawab terhadap hasil kerja kelompok dalam proses pembelajaran, penyusunan karya ilmiah, dan menulis kreatif serta melakukan refleksi terhadap hasil kerja yang dilakukan pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya; | ||
K8 | mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; | mampu mengadakan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja dengan menerapkan pembelajaran lesson study, manajemen sekolah dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; |
NO | ASPEK | CAPAIAN PEMBELAJARAN MINIMAL S-1LAMPIRAN PERATURAN PRESDEN RINO. 8 TH 2012 DESKRIPSI JENJANG KUALIFiKASI KKNI | CAPAIAN PEMBELAJARANPRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA S-1 | |
3 | Penguasaan Pengetahuan | PP1
|
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pe-ngetahuan tertentu secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural. | mampu memahami konsep, teori, metode, dan filosofi linguistik, yang meliputi fonologi, morfologi, sintaksis, semantik di bidang bahasa Indonesia dan mampu menganalisis permasalahan kebahasaan yang meliputi teks, wacana, kesalahan berbahasa dan penyuntingan; |
PP2 | mampu memahami konsep, teori, metode, dan filosofi serta mampu menganalisis di bidang ilmu sastra yang meliputi sejarah, teori , apresiasi dan kritik sastra Indonesia; | |||
PP3 | Mampu memahami konsep, teori, metode dan filisofi keterampilan berbahasa ; | |||
PP4 | mampu memahami konsep, teori, metode, dan filosofi kependidikan serta mampu menganalisis permasalahan di bidang kependidikan; | |||
PP5 | mampu memahami konsep, teori, metode, dan filosofi pembelajaran serta mampu menganalisis permasalahan di bidang pembelajaran yang meliputi kurikulum sekolah menengah, buku siswa dan buku guru sekolah menengah, perencanaan pembelajaran`, penilaian autentik, bahan ajar, strategi/metode/ pendekatan pembelajaran, media dan alat pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; | |||
PP6 | mampu memahami konsep, teori, metode, dan filosofi interdisipliner serta menganalisis permasalahan interdisipliner di bidang kebahasaan dan kesastraan; | |||
PP7 | mampu memahami konsep, teori, metode, dan filosofi penelitian serta mampu mengkreasi penelitian bahasa, penelitian sastra, penelitian pendidikan, serta karya ilmiah (artikel, makalah) pendidikan bahasa dan sastra Indonesia baik secara kelompok maupun individu. |