Bimbingan dan Konseling
Ketua Program Studi : Dra. Asni, M.Pd.
Sekretaris Program Studi : Dony Darma Sagita, M.Pd
Pada tahun 2021 menjadi program studi yang unggul di tingkat Nasional dalam menghasilkan sarjana Bimbingan dan Konseling yang handal, kompetitif, berwawasan global, serta memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial.
MISI
TUJUAN
Tujuan Program Studi Bimbingan dan konseling FKIP UHAMKA sebagai berikut:
PROFIL LULUSAN
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Menguasai konsep keilmuan sebagai guru BK berdasarkan standar kualifikasi konselor pendidikan yang mencakup kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan professional dalam berbagai jalur pendidikan, jenjang pendidikan dan jenis pendidikan yang ada di Indonesia. Kemudian Guru BK/ Konselor mampu mengimplementasikan pendekatan pelayanan BK yang islami baik terhadap pribadi maupun terhadap peserta didik yang dilayani. Mampu menghargai dan menjalankan kaidah-kaidah profesi sebagai pendidik sekaligus pembimbing di sekolah.
Mampu memberikan pelayanan BK di masyarakat pada berbagai tingkat usia dan berbagai lembaga instansi pemerintah dan non pemerintah. Mampu memberikan pelayanan BK yang mengalami masalah – masalalah insidental dalam upaya preventif. Memahami berbagai karakteristek individu dalam konteks lintas budaya.
Profil | Capaian Pembelajaran (“Kompetensi”) utama: perkiraan penciri prodi sejenis | Capaian Pembelajaran (“Kompetensi”) khusus: pencirian Prodi BK PTM sesuai visi dan misi |
Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor | A. Kompetensi Pedagogik1. Menguasai teori dan praksis pendidikan | |
2. Menguasai dan mengaplikasikan perkembangan fisiologis dan psikologis serta perilaku peserta didik | ||
3. Menguasai esensi pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikan | ||
B. Kompetensi Kepribadian4. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa | Memiliki perilaku sesuai dengan nilai –nilai keislaman | |
Memiliki kemampuan memberikan pelayanan BK yang dilandasi terapi islam. | ||
5. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih | ||
6. Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat | ||
7. Menampilkan kinerja berkualitas tinggi | ||
C. Kompetensi Sosial8. Mengimplementasikan kolaborasi intern di tempat bekerja | ||
9. Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi bimbingan dan konseling | ||
10. Mengimplementasikan kolaborasi antarprofesi | ||
D. Kompetensi Profesional11. Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah peserta didik | ||
12. Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan dan konseling | ||
13. Merancang program Bimbingan dan Konseling | ||
14. Mengimplementasikan program Bimbingan dan Konseling yang komprehensif | ||
15. Menilai proses dan hasil kegiatan Bimbingan dan Konseling. | ||
16. Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional | ||
17. Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam bimbingan dan konseling | ||
Konselor Luar Sekolah | 18. Menguasai pelayanan BK pada berbagai tingkat usia dan lapisan masyarakat | |
19. Menguasai perbedaan system nilai dan budaya dalam memberikan pelayanan BK | Memiliki kemampuan dalam memberikan konseling trauma | |
20. Memiliki kemampuan dalam pembuatan media pada berbagai setting layanan | ||
21. Menguasai manajemen pelayanan BK pada seting luar sekolah | ||
22. Memiliki kemampuan kewiraswastaan untuk memanfaatkan potensi dalam bidang konseling |
Bahan Kajian Berdasarkan Kompetensi
Capaian Pembelajaran (“Kompetensi”) utama: perkiraan penciri prodi sejenis | Capaian Pembelajaran (“Kompetensi”) khusus: pencirian Prodi BK UHAMKA sesuai visi dan misi |
A. Kompetensi Pedagogik1. Menguasai teori dan praksis pendidikan | |
2. Menguasai dan mengaplikasikan perkem bangan fisiologis dan psikologis serta perilaku peserta didik | |
3. Menguasai esensi pelayanan bimbingan dan konseling dalam jalur, jenis, dan jenjang satuan pendidikan | |
B. Kompetensi Kepribadian4. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa | Memiliki perilakusesuai dengan nilai –nilai keislaman |
Memiliki kemampuanmemberikan pelayananBK yang dilandasi terapi islam. |
|
5. Menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas dan kebebasan memilih | |
6. Menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat | |
7. Menampilkan kinerja berkualitas tinggi | |
C. Kompetensi Sosial8. Mengimplementasikan kolaborasi intern di tempat bekerja | |
9. Berperan dalam organisasi dan kegiatan profesi bimbingan dan konseling | |
10. Mengimplementasikan kolaborasi antarprofesi | |
D. Kompetensi Profesional11. Menguasai konsep dan praksis asesmen untuk memahami kondisi, kebutuhan, dan masalah peserta didik | |
12. Menguasai kerangka teoretik dan praksis bimbingan dan konseling | |
13. Merancang program Bimbingan dan Konseling | |
14. Mengimplementasikan program Bimbingan dan Konseling yang komprehensif | |
15. Menilai proses dan hasil kegiatan Bimbingan dan Konseling. | |
16. Memiliki kesadaran dan komitmen terhadap etika professional | |
17. Menguasai konsep dan praksis penelitian dalam bimbingan dan konseling | |
18. Menguasai pelayanan BK pada berbagai tingkat usia dan lapisan masyarakat | |
19. Menguasai perbedaan system nilai dan budaya dalam memberikan pelayanan BK | Memiliki kemampuan dalam memberikan konseling trauma |
20. Memiliki kemampuan dalam pembuatan media pada berbagai setting layanan | |
21. Menguasai manajemen pelayanan BK pada seting luar sekolah | |
22. Memiliki kemampuan kewiraswastaan untuk memanfaatkan potensi dalam bidang konseling |