FKIP UHAMKA

FKIP Uhamka Menggelar Sosialisasi Pengenalan Lapangan Persekolah 2

Universitas Muhammadiyah Prof. DR HAMKA (Uhamka) merupakan kampus Unggul terakreditasi dan kampus Islam terbaik tidak henti-hentinya terus meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Maka dari itu Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Uhamka menggelar kegiatan Sosialisasi Pengenalan Lapangan Persekolahan 2 (PLP 2) yang dilaksanakan secara hybrid di Aula Ahmad Dahlan FKIP Uhamka Lantai 6, Kamis (7/10).

Acara ini di hadiri oleh Desvian Bandarsyah selaku Dekan FKIP Uhamka, Sri Astuti selaku Wakil Dekan I FKIP Uhamka, Novanita W. Arini selaku Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengenalan Lapangan Persekolahan (UPT PLP) Uhamka. Kegiatan Sosialisasi Pengenalan Lapangan Persekolah 2 (PLP 2) ini bertujuan sebagai pembekalan untuk mahasiswa sebelum terjun langsung di sekolah yang telah di tentukan.

Wakil Dekan I FKIP Uhamka, Sri Astuti mengatakan kepada mahasiswa agar nantinya bisa mengikuti seluruh arahan yang ada di sekolah serta mempunyai karakter yang baik, disiplin dan santun. Selain itu mahasiswa harus mempunyai etika, empati, kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial.

“Mahasiswa harus mempunyai etika, empati, kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial yang nantinya akan dicontohkan kepada anak-anak murid agar bisa menjadi guru yang berhasil. Selain itu mahasiswa harus menunjukan sikap disiplin, cerdas, dan mampu menciptakan suasana yang enjoy learning” ujarnya.

Sosialisasi PLP 2 ini terbagi ke dalam dua sesi. Sesi pertama diadakan pada Kamis, (7/10) dengan peserta mahasiswa dari program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Pendidikan Bahasa Jepang (PBJ), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Ekonomi (Pekom), Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Fisika. Sesi kedua diadakan pada Jum’at, (8/10) dengan peserta mahasiswa dari program studi Pendidikan Guru Usia Dini (PGPAUD), Bimbingan Konseling (BK), dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

PLP 2 ini sendiri akan dimulai pada 10 Oktober 2022 sampai dengan 12 Desember 2022 dan dilaksanakan secara daring dan luring. Nantinya, kegiatan PLP 2 akan diikuti oleh 1099 peserta dari FKIP Uhamka yang tersebar di 183 sekolah mitra diantaranya, 5 Taman Kanak (TK), 76 Sekolah Dasar (SD), 36 Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan 72 Sekolah Menegah Atas (SMA)/ Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Desvian Bandarsyah selaku Dekan FKIP Uhamka mengungkapkan bahwa sektor pendidikan berbeda dengan sektor-sektor lainnya. Mahasiswa perlu memahami cara untuk membangun suatu karakter, nilai, dan citra yang positif sebagai bagian dari ciri seorang guru, karena guru merupakan tugas yang mulia untuk diemban.

“Saya ingin mengingatkan bahwa sosialisasi ini diadakan agar anda menjadi calon guru yang baik. Guru merupakan tugas yang mulia, maka anda harus menjalankannya dengan hati dna pikiran yang mulia. Selain itu kita tahu bahwa sektor pendidikan memiliki dunia yang berbeda dengan sektor lainnya, maka anda perlu untuk paham bagaimana cara memabngun karakter, nilai, dan citra yang sesuai dengan ciri seorang guru yang baik,” tuturnya.

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka . Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023