VISI
Visi Program Studi Pendidikan Fisika pada tahun 2018, menjadi Program Studi Pendidikan Fisika yang terkemuka tingkat nasional yang Islami, unggul, serta memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Fisika.
MISI
Untuk mencapai visi di atas, Program Studi Pendidikan Fisika menetapkan misi sebagai berikut:
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan guru/sarjana Fisika yang memenuhi kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan memiliki kepribadian yang Islami.
- Mengembangkan penelitian tentang Pendidikan Fisika dan keilmuan Fisika.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan, khususnya Pendidikan Fisika.
- Mengembangkan kebebasan berpikir ilmiah melalui seminar dan berbagai diskusi dalam bidang fisika.
- Menjadikan program studi pendidikan fisika sebagai media gerakkan dakwah.
TUJUAN
Tujuan Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP UHAMKA ialah:
- Membentuk sarjana pendidikan (calon guru) muslim yang takwa, memiliki keunggulan intelektual, emosional dan spiritual.
- Memiliki kompetensi dalam ilmu pendidikan Fisika.
- Memiliki keterampilan membuat dan melaksanakan desain, strategi, metode, model-model pembelajaran dan evaluasi pembelajaran Fisika.
- Mengembangkan dan menerapkan kompetensi lain, selain sebagai guru Fisika, di antaranya sebagai peneliti.di bidang fisika.
- Mengembangkan pengetahuan tentang kepribadian Muhammadiyah dan amalan ajaran Muhammadiyah.
PROFIL LULUSAN
No. |
Profil |
Deskripsi Profil |
1 |
Pendidik Pemula Fisika |
1. Bertanggungjawab dan memiliki komitmen sebagai pendidik2. Berpikir terbuka, kritis, inovatif, dan percaya diri dalam mengemban tugasnya sebagai guru fisika.3. Memiliki pengetahuan tentang karakteristik dan perkembangan peserta didik yang diterapkan dalam belajar dan pembelajaran fisika yang mendidik.
4. Memiliki kemampuan berkomunikasi dengan peserta didik dan teman sejawat.
5. Menguasai konsep, hukum dan teori fisika serta menerapkannya.
6. Menguasai konsep, prinsip dan teori yang mendasari belajar dan pembelajaran fisika.
7. Menguasai standar isi mata pelajaran fisika yang tercakup dalam standar nasional pendidikan.
8. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan dan mengem bangkan media dan sumber pembelajaran berbasis TIK.
9. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memilih, menggunakan dan mengembangkan asesmen dalam pembelajaran fisika.
10. Menganalisis informasi dan data di bidang pendidikan
11. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menerapkan model-model pembelajaran fisika yang didukung oleh penerapan TIK dan berorientasi pada kecakapan hidup. |
2 |
Peneliti Pemula Fisika |
1. Menguasai metodologi penelitian pendidikan fisika2. Melakukan penelitian pendidikan fisika yang dapat digunakan dalam memberikan petunjuk untuk memilih berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan.3. Mengkomunikasikan hasil penelitian |
3 |
Pengelola Lembaga Pendidikan |
1. Menguasai sistem regulasi pendidikan2. Menguasai manajemen pendidikan3. Merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah dan Lembaga Pendidikan dibawah tanggung jawabnya
4. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang pendidikan.
5. Memantau dan mengevaluasi aktivitas dalam mengelola kelas, sekolah dan Lembaga Pendidikan secara komprehensif.
6. Mengkomunikasikan hasil pemantauan dan evaluasi pendidikan |
CAPAIAN PEMBELAJARAN
A. Sikap
Setiap lulusan program pendidikan akademik, dan profesi harus memiliki sikap sebagai berikut:
- bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;
- berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
- menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
- menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat.
B. Pengetahuan
Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
- Menguasai prinsip-prinsip dan teori-teori pengelolaan dan keselamatan kerja/belajar di laboratorium maupun di luar laboratorium.
- Memahami potensi, karakteristik dan pengembangan karir peserta didik.
- Menguasai teori/model pembelajaran untuk merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran fisika sesuai perkembangan peserta didik.
- Memahami struktur (termasuk hubungan fungsional antar konsep) ilmu Fisika dan ilmu-ilmu lain yang terkait
- Mampu bernalar secara kualitatif maupun kuantitatif tentang proses dan hukum fisika
- Memahami konsep-konsep, hukum-hukum, dan teori-teori fisika serta penerapannya secara fleksibel,
- Memahami sains dasar yaitu fisika, matematika, kimia dan biologi.
- Menguasai konsep, prinsip dan cara berfikir fisika untuk menyelesaikan persoalan gejala alam.
- Menguasai konsep dasar fisika yang membahas tentang sifat fisika benda (dalam fasa padat, cair, gas dan plasma), meliputi 5 sifat utama, yaitu: sifat mekanik, thermal, listrik, magnetik, dan optik.
- Mengerti dan memahami prosedur analisis untuk mendiskripsikan sifat fisika pada obyek alam yang ditinjau.
- Memahami dasar metodologi untuk mendukung pengembangan sains dan teknologi yang berbasis konsep fisika.
- Memahami hubungan antara fisika dengan sains bidang lain dan sanggup mendiskrpsi dalam bentuk pemahaman yang integral.
C. Keterampilan Umum
Lulusan Program Sarjana wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:
- mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawahtanggungjawabnya;
D. Keterampilan Khusus
Lulusan Program Sarjana Pendidikan Kimia wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:
- Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadap
- Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
- Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.
STRUKTUR KURIKULUM
No |
Kelompok MK |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
SMT |
1 |
Sikap |
100011101 |
Pendidikan Agama |
2 |
1 |
100011102 |
Aqidah |
2 |
2 |
100011103 |
Ibadah Akhlak |
2 |
3 |
100011104 |
Islam dalam Disiplin Ilmu (IDI) |
2 |
6 |
100011105 |
PPKN |
3 |
1 |
100011106 |
Landasan Pendidikan |
3 |
1 |
100011107 |
Kewirausahaan |
3 |
6 |
JUMLAH |
17 |
No |
Kelompok MK |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
SMT |
2 |
Pengetahuan |
200011101 |
Muamalah |
2 |
4 |
200011102 |
Kemuhammadiyahan |
2 |
5 |
200011103 |
ISBD |
2 |
2 |
200011104 |
Psikologi Perkembangan |
3 |
2 |
200011105 |
Fisika Sains |
2 |
7 |
200011106 |
KKN* |
2 |
6 |
JUMLAH |
13 |
3 |
Ketrampilan Umum |
300011101 |
English For Physic |
2 |
1 |
300011102 |
Teori Belajar dan Pembelajaran |
2 |
2 |
300011103 |
Bahasa Indonesia |
2 |
2 |
300011104 |
TIK dalam Pembelajaran Fisika |
2 |
2 |
300011105 |
Psikologi Perkembangan |
3 |
2 |
300011106 |
Media Pembelajaran Fisika |
2 |
3 |
300011107 |
Bimbingan dan Konseling |
2 |
3 |
300011108 |
Telaah Kurikulum Fisika |
2 |
5 |
300011109 |
Statistik Penelitian |
2 |
4 |
300011110 |
Evaluasi Pendidikan Fisika |
2 |
4 |
300011111 |
Strategi Pembelajaran Fisika |
2 |
4 |
300011112 |
Desain Perancangan Alat Peraga Fisika (DPAF) |
2 |
6 |
300011113 |
Administrasi dan supervisi Pendidikan |
2 |
5 |
300011114 |
English Conversation |
2 |
5 |
300011115 |
Kolokium Fisika |
2 |
5 |
300011117 |
PKM |
2 |
6 |
300011118 |
Magang 1 |
1 |
3 |
300011116 |
Magang 2 |
1 |
5 |
300011119 |
Metodologi Penelitian |
2 |
6 |
300011120 |
Magang 3 |
2 |
7 |
300011121 |
Seminar Proposal Skripsi |
2 |
7 |
300011122 |
Penulisan Skripsi |
6 |
8 |
JUMLAH |
47 |
4 |
Ketrampilan Khusus |
400011101 |
Metode dan Pengenalan Alat Ukur |
2 |
1 |
400011102 |
Fisika Dasar 1 |
3 |
1 |
400011103 |
Praktikum Fisika Dasar 1 |
1 |
1 |
400011104 |
Kalkulus 1 |
4 |
1 |
400011105 |
Kimia Dasar |
2 |
1 |
400011106 |
Praktikum Kimia Dasar |
1 |
1 |
400011107 |
Fisika Dasar II |
3 |
2 |
400011108 |
Praktikum Fisika Dasar II |
1 |
2 |
400011109 |
Kalkulus II |
4 |
2 |
No |
Kelompok MK |
Kode MK |
Mata Kuliah |
SKS |
SMT |
400011110 |
Biologi Umum |
2 |
2 |
400011111 |
Praktikum Biologi Umum |
1 |
2 |
400011112 |
Fisika Modern |
3 |
4 |
400011113 |
Praktikum Fisika Modern |
1 |
4 |
400011114 |
Fisika Matematika 1 |
4 |
3 |
400011115 |
Elektronika |
2 |
3 |
400011116 |
Praktikum Elektronika |
2 |
3 |
400011117 |
Thermodinamika |
3 |
4 |
400011118 |
Praktikum Thermodinamika |
1 |
4 |
400011119 |
Fisika Matematika II |
4 |
4 |
400011120 |
Optik |
2 |
3 |
400011121 |
Mekanika |
4 |
3 |
400011122 |
Fisika Komputasi |
2 |
3 |
400011123 |
Praktikum Fisika Komputasi |
1 |
3 |
400011124 |
Listrik Magnet |
4 |
5 |
400011125 |
Fisika Kuantum |
4 |
6 |
400011126 |
Fisika Statistik |
3 |
5 |
400011127 |
Fisika Atom |
2 |
6 |
400011128 |
IPBA* |
2 |
4 |
400011129 |
Gelombang |
2 |
5 |
400011130 |
Fisika Inti |
3 |
5 |
400011131 |
Teori Medan Elektromagnet |
3 |
7 |
400011132 |
Fisika Zat Padat |
4 |
7 |
400011133 |
Fisika Lingkungan* |
2 |
6 |
JUMLAH |
85 |
TOTAL |
153 |
|
DISTRIBUSI MATA KULIAH
SEMESTER I |
NO. |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
MK PRASYARAT |
1 |
100011101 |
Pendidikan Agama |
2 |
2 |
100011105 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
3 |
3 |
400011102 |
Fisika Dasar I |
3 |
4 |
400011103 |
Praktikum Fisika Dasar I |
1 |
5 |
400011104 |
Kalkulus I |
4 |
6 |
400011105 |
Kimia Dasar |
2 |
7 |
400011106 |
Praktikum Kimia Dasar |
1 |
8 |
100011106 |
Landasan Pendidikan |
3 |
9 |
400011101 |
Metode dan Pengenalan Alat Ukur |
2 |
10 |
300011101 |
English For Physic |
2 |
Jumlah |
23 |
SEMESTER II |
NO. |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
MK PRASYARAT |
1 |
100011102 |
Aqidah |
2 |
2 |
300011103 |
Bahasa Indonesia |
2 |
3 |
400011107 |
Fisika Dasar II |
3 |
Fisika Dasar I |
4 |
400011108 |
Praktikum Fisika Dasar II |
1 |
5 |
400011109 |
Kalkulus II |
4 |
Kalkulus I |
6 |
200011104 |
Psikologi Perkembangan |
2 |
7 |
300011104 |
TIK Pembelajaran Fisika |
2 |
8 |
400011110 |
Biologi Umum |
2 |
9 |
400011111 |
Praktikum Biologi Umum |
1 |
10 |
200011103 |
Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar (ISBD) |
2 |
11 |
300011102 |
Teori Belajar Dan Pembelajaran Fisika |
2 |
Jumlah |
23 |
SEMESTER III |
NO. |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
MK PRASYARAT |
1 |
100011103 |
Ibadah Akhlaq |
2 |
2 |
400011121 |
Mekanika |
4 |
Fisika Dasar I – II |
3 |
400011120 |
Optik |
2 |
Fisika Dasar II |
4 |
400011114 |
Fisika Matematika I |
4 |
Fisika Dasar I – II Kalkulus I – II |
5 |
400011115 |
Elektronika |
2 |
Fisika Dasar I – II |
6 |
400011116 |
Praktikum Elektronika |
2 |
Prak Fis Dsr I – II |
7 |
300011106 |
Media Pembelajaran Fisika |
2 |
8 |
400011122 |
Fisika Komputasi |
2 |
9 |
400011123 |
Praktikum Fisika Komputasi |
1 |
10 |
300011107 |
Bimbingan dan Konseling |
2 |
11 |
300011118 |
Magang I |
1 |
Jumlah |
24 |
SEMESTER IV |
NO. |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
MK PRASYARAT |
1 |
200011101 |
Muamalah |
2 |
2 |
400011117 |
Thermodinamika |
3 |
Mekanika,Fisika Matematika I |
3 |
400011118 |
Praktikum Thermodinamika |
1 |
Prak Fisika II |
4 |
400011119 |
Fisika Matematika II |
4 |
Fisika Matematika I |
5 |
300011110 |
Evaluasi Pendidikan Fisika |
2 |
6 |
300011111 |
Strategi Pembelajaran Fisika |
3 |
7 |
400011112 |
Fisika Modern |
3 |
Fisika Dasar I – II |
8 |
400011113 |
Praktikum Fisika Modern |
1 |
9 |
400011128 |
IPBA* |
2 |
10 |
300011109 |
Statistika Penelitian |
2 |
Jumlah |
23 |
|
SEMESTER V |
NO. |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
MK PRASYARAT |
1 |
200011102 |
Kemuhammadiyahan |
2 |
2 |
400011130 |
Fisika Inti |
3 |
Fisika Modern |
3 |
400011126 |
Fisika Statistika |
3 |
Mekanika,Thermodinamika, danFisika Matematika I |
4 |
300011108 |
Telaah Kurikulum Fisika |
3 |
5 |
400011124 |
Listrik Magnet |
4 |
Mekanika,Fisika Modern |
6 |
300011115 |
Kolokium Fisika |
2 |
Fisika Dasar I-II,Fisika Modern,Listrik Magnet, danGelombang + Optik |
7 |
400011129 |
Gelombang |
3 |
Fisika Dasar+Optik |
8 |
300011114 |
English Conversation |
2 |
English For Physics |
9 |
300011118 |
Magang 2 |
1 |
Magang I |
Jumlah |
23 |
SEMESTER VI |
NO. |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
MK PRASYARAT |
1 |
100011104 |
IDI |
2 |
2 |
400011127 |
Fisika Atom |
3 |
Fisika Inti |
3 |
300011120 |
Metodologi Penelitian |
2 |
4 |
300011116 |
Pembinaan Kompetensi Mengajar Fisika |
2 |
5 |
400011125 |
Fisika Kuantum |
4 |
Fisika Modern danFisika Matematika II |
6 |
100011107 |
Kewirausahaan |
2 |
7 |
300011112 |
Desain Perancangan Alat Peraga Fisika |
2 |
Prak Fisika Dsr I + II |
8 |
400011133 |
Fisika Lingkungan* |
2 |
9 |
200011106 |
KKN* |
2 |
Jumlah |
21 |
SEMESTER VII |
NO. |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
MK PRASYARAT |
1 |
200011105 |
Fisika Sains |
2 |
2 |
400011132 |
Fisika Zat Padat |
4 |
Fisika Modern danFisika Inti |
3 |
400011131 |
Teori Medan Elektromagnet |
3 |
4 |
300011121 |
Seminar Proposal Skripsi |
2 |
Metodologi Penelitian |
5 |
300011119 |
Magang 3 |
2 |
Magang I+II |
Jumlah |
13 |
|
SEMESTER VIII |
NO. |
KODE MK |
MATA KULIAH |
SKS |
MK PRASYARAT |
1 |
300011122 |
Penulisan Skripsi |
6 |
Jumlah |
6 |
|
*) Mata Kuliah Pilihan