Ketua Program Studi : Dr. Samsul Maarif, M.Pd.
Sekretaris Program Studi : Meyta Dwi Kurniasih, M.Pd.
Visi Program Studi Pendidikan Matematika:
Pada tahun 2020 menjadi program studi pendidikan matematika yang unggul dalam menghasilkan lulusan berwawasan global yang bertaqwa, mandiri, tangkas, dan kreatif.
Misi Program Studi Pendidikan Matematika
- Menyelenggarakan proses pendidikan Al Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) yang berkualitas, serta pembinaan dan pengembangannya.
- Menyelenggarakan proses pendidikan matematika yang berwawasan global dengan kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik, dan sosial yang mandiri, tangkas dan kreatif.
- Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan serta publikasi di bidang pendidikan matematika yang inovatif, kreatif dan aplikatif.
- Menyelenggarakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berbasis hasil penelitian pendidikan matematika yang menginspirasi dan bermanfaat.
- Menyelenggarakan kegiatan kerjasama dalam bidang pendidikan matematika di dalam dan luar negeri untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang pendidikan matematika.
- Menyelenggarakan proses pendidikan yang berkualitas, mandiri, inovatif dan kreatif dengan semangat kewirausahaan.
Tujuan program studi pendidikan matematika adalah:
- Menghasilkan lulusan/kader persyarikatan Muhammadiyah sebagai kader bangsa yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, dan melalui pendidikan matematika untuk beramal soleh demi terwujudnya masyarakat utama yang diridhai Allah SWT.
- Menghasilkan Pendidik matematika berwawasan global dengan kompetensi kepribadian, profesional, pedagogik, dan sosial yang mandiri, tangkas dan kreatif.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi bidang penelitian, pengembangan dan publikasi pendidikan matematika yang inovatif, kreatif dan aplikatif.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat yang mensejahterakan di bidang pendidikan matematika.
- Menghasilkan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, dan Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK) yang memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas lulusan pendidikan matematika.
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang pendidikan matematika yang berkualitas, mandiri, inovatif dan kreatif dengan semangat kewirausahaan.
Semester I | |||
No | Kode | Nama Mata kuliah | Bobot sks |
1 | Pendidikan Agama Islam | 2 | |
2 | General English | 2 | |
3 | Bahasa Indonesia | 2 | |
4 | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan | 3 | |
5 | Landasan Pendidikan | 2 | |
6 | Filsafat dan Sejarah Matematika | 2 | |
7 | Proses Berpikir Matematika | 2 | |
8 | Pembelajaran Matematika Sekolah | 2 | |
9 | Kalkulus Diferensial | 3 | |
Jumlah | 20 |
Semester II | ||||
No | Kode | Nama Mata kuliah | Bobotsks | Mata Kuliah Prasyarat |
1 | Aqidah | 2 | Pendidikan Agama Islam | |
2 | ISBD | 2 | ||
3 | Psikologi Belajar Matematika | 3 | ||
4 | Teaching Primary Mathematics in English | 2 | English For Mathematics | |
5 | TIK | 2 | ||
6 | Geometri Euclides | 4 | ||
7 | Kalkulus Integral | 3 | Kalkulus differensial | |
8 | Teori Bilangan | 2 | ||
Jumlah | 20 |
Semester III | ||||
No | Kode | Nama Mata kuliah | Bobot sks | Mata Kuliah Prasyarat |
1 | Ibadah Akhlaq | 2 | Aqidah | |
2 | Teaching Secondary Mathematics in English | 2 | Teaching Primary Mathematics in English | |
3 | Kajian Kurikulum Matematika Sekolah | 3 | ||
4 | Aljabar Linier | 3 | ||
5 | Teori Peluang | 2 | Proses Berpikir Matematika | |
6 | Kalkulus Peubah Banyak | 3 | Kalkulus Integral | |
7 | Kewirausahaan | 2 | ||
8 | Pembelajaran Matematika berbasis TIK | 2 | TIK | |
Jumlah |
Semester IV | ||||
No | Kode | Nama Mata kuliah | Bobotsks | Mata Kuliah Prasyarat |
1 | Muamalah | 2 | ||
2 | Strategi Pembelajaran Matematika | 3 | ||
3 | Teori Grup | 3 | Proses Berpikir Matematika & Aljabar Linier | |
4 | Program Linier | 2 | Aljabar Linier | |
5 | Persamaan Diferensial | 3 | ||
6 | Workshop Matematika | 3 | ||
7 | Statistika Pendidikan | 3 | ||
8 | TOEFL | 2 | ||
10 | PLP I | 1 | ||
Jumlah | 22 |
Semester V | ||||
No | Kode | Nama Mata kuliah | Bobotsks | Mata Kuliah Prasyarat |
1 | Kemuhammadiyahan | 2 | ||
2 | Administrasi dan Supervisi Pendidikan | 2 | ||
3 | Observasi dan Konservasi Sumber Daya Alam | 2 | ||
4 | Analisis Riil | 3 | ||
5 | Teori Ring* | 2 | ||
6 | Metode Numerik | 3 | ||
7 | Geometri Analitik | 3 | Geometri Euclids | |
8 | Metodologi Penelitian Kualitatif | 2 | ||
9 | Metodologi Penelitian Kuantitatif | 2 | ||
10 | Magang II | 1 | ||
11 | Matematika Ekonomi dan Keuangan* | 2 | ||
Jumlah | 24 |
Semester VI | ||||
No | Kode | Nama Mata kuliah | Bobot sks | Mata Kuliah Prasyarat |
1 | Kependidikan Islam (IDI 1) | 2 | ||
2 | Pembinaan Kompetesi Mengajar Matematika | 2 | Administrasi dan Supervisi / Kajian Kurikulum Sekolah | |
3 | Evaluasi Proses Hasil belajar Matematika | 2 | ||
4 | Geometri Transformasi | 2 | Geometri Analitika | |
5 | Matematika Diskrit | 3 | ||
6 | Statistika Matematika | 3 | Teori Peluang | |
7 | Review Jurnal Internasional | 3 | ||
8 | Pembelajaran Matematika dalam Jaringan | 2 | ||
9 | Fungsi Peubah Kompleks | 3 | Teori Bilangan, Analisis Riil | |
10 | Teori Graph* | 2 | ||
Jumlah | 24 |
Semester VII | |||
No | Kode | Nama Mata kuliah | Bobotsks |
1 | Ilmu Falak (IDI II) | 2 | |
2 | Seminar Proposal Skripsi | 2 | |
3 | Problematika Matematika Sekolah | 2 | |
4 | Berpikir Tingkat Tinggi Matematis* | 2 | |
5 | Statistika Non Parametriks* | 2 | |
6 | PLP II | 3 | |
7 | Kuliah Kerja Nyata (KKN) | 3 | |
Jumlah | 16 |
Semester VIII | |||
No | Kode | Nama Mata kuliah | Bobotsks |
1 | Geometri Non Euclid* | 2 | |
2 | Matematika Aktuaria* | 2 | |
3 | Etnomatematik* | 2 | |
4 | Masalah Nilai Awal dan Syarat Batas* | 2 | |
5 | Skripsi | 6 | |
Jumlah | 14 |
1. Jumlah SKS Mata Kuliah Wajib | = 158 sks |
2. Jumlah SKS Mata Kuliah Pilihan | = 20 sks |