8 Tips Menghadapi Ujian Seminar Proposal (Sempro) a la Prodi PBJ UHAMKA

Untuk kamu yang sedang memasuki semester akhir dan menuju skripsi, pastinya akan menghadapi ujian seminar proposal lebih dulu. Nah, kamu gak perlu takut! Prodi PBJ UHAMKA akan membagikan beberapa tips dan trik yang bisa kalian lakukan, lho. Dengan tips dan trik ini kamu bisa hadapi ujian sempro dengan baik dan lancar. Yuk, simak 9 tips dan trik untuk menghadapi ujian sempro berikut ini.

  • Pahami materi yang akan dipresentasikan

Tentunya kamu harus menguasai materi yang nanti akan dipresentasikan di depan dosen penguji. Dengan cara kamu baca kembali bab 1, bab 2, dan bab 3 proposal yang telah kamu buat. Dan pastikan kamu sudah paham apa yang akan kamu lakukan dalam rencana penelitian kamu, ya. Jadi, pas ditanya oleh dosen penguji kamu sudah siap dengan jawaban-jawaban yang tepat.

  • Persiapkan pertanyaan yang kira-kira akan ditanyakan dosen penguji

Perkirakan pertanyaan apa ya yang sekiranya akan ditanya oleh dosen penguji setelah kamu memaparkan proposal skripsi. Bisa kamu buat pertanyaan mulai dari bab 1, bab 2, dan bab 3. Atau kamu bisa bertanya-tanya kepada senior atau senpai kamu yang sudah pernah mengalami ujian sempro ini. Bisa kamu tanyakan apa saja sih yang biasa ditanyakan oleh dosen penguji. Setelah kamu tau, kamu bisa persiapkan jawabannya sehingga saat sesi tanya jawab nanti kamu sudah siap.

  • Kuasai urgensi penelitian serta masalah yang kamu ajukan.

Inti dari presentasi proposal penelitian skripsi yang kamu lakukan di depan dosen penguji itu adalah untuk menjelaskan kenapa sih kamu mengambil topik penelitian itu. Dan juga menjelaskan mengenai kenapa penelitian itu harus dilakukan dan manfaat nantinya yang akan kamu berikan dari hasil penelitian tersebut. Maka dari itu, penting banget buat kamu untuk menguasai urgensi penelitian serta permasalahan yang menjadi dasar penelitian kamu ini.

  • Buat PPT yang jelas dan menarik

Biasanya poin-poin yang ada di dalam PPT yang akan kalian presentasikan, terdiri dari topik penelitian apa yang diteliti, lalu alasan kenapa penelitian perlu dilakukan, bagaimana metodenya, dari mana datanya, lalu hasilnya nanti seperti apa, dan terakhir apa manfaat dari penelitian yang kalian lakukan. Usahakan semua poin ini dapat kamu jelaskan secara gamblang melalui slide PPT yang kalian buat. Buat presentasi dengan slide-slide yang sederhana tetapi efektif dengan ilustrasi gambar yang menjelaskan isinya secara visual. Hindari hanya copas isi proposal ke slide PPT ya!

  • Latihan presentasi sesering mungkin

Latihan presentasi merupakan bagian penting yang harus kamu lakukan sebelum presentasi asli di ujian sempro. Dengan semakin banyak latihan, kamu bisa menyampaikan materi dengan lancar. Apabila tidak latihan, kamu bisa mendapatkan masalah saat hari ujian sempro tiba, seperti gugup, tidak percaya diri, bingung dengan apa yang ingin disampaikan, dan lain sebagainya. Latihan ini juga dapat membantu kamu dalam menyampaikan poin-poin proposal skripsi. Kamu dapat memperkirakan bagian mana yang tepat untuk disampaikan agar bisa mengefektifkan waktu presentasi.

  • Persiapkan mental dan fisik dengan baik

Selain persiapan materi, kamu juga perlu untuk mempersiapkan mental dan fisik agar selalu sehat secara jasmani dan rohani. Kedua hal ini sangat penting untuk dipersiapkan bagi mahasiswa peserta ujian sempro.

Nah, agar terhindar dari sakit sampai dengan hari H ujian sempro, perhatikan makanan yang kamu konsumsi, usahakan makanan yang sehat dan bergizi. Selain itu, istirahat yang cukup, hindari stress yang berlebih. Sehingga kamu bisa hadapi seminar proposal dengan kondisi yang fit dan bugar.

  • Tampilkan kesan yang baik dan percaya diri

Dengan menampilkan kesan yang baik dan percaya diri, bisa menjadi poin plus kamu lho dalam menghadapi ujian sempro di depan dosen penguji. Begitu pula dosen penguji dapat terpengaruh dan menganggap bahwa kamu sudah siap untuk mempresentasikan proposal penelitian yang kamu buat.

  • Jangan lupa berdoa

Setelah kamu sudah berikhtiar dan berusaha semaksimal mungkin, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan adalah berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Segala upaya tidak akan berguna jika tidak diiringi dengan doa. Kamu bisa meminta doa dari orang tuamu agar saat kamu presentasi di ujian sempro berjalan baik dan lancar. Bisa juga meminta doa kepada saudara, teman, dan lain sebagainya. Dengan berdoa, kamu minta untuk diberi kekuatan dalam menghadapi ujian sempro ini. 

Nah, itu dia 8 tips dan trik yang bisa kamu lakukan agar kamu siap dalam menghadapi ujian seminar proposal. Semoga beruntung, ya!

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka  Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka atau langsung mengakses instagram Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang melalui akun @bahasajepanguhamka atau bisa klik https://www.instagram.com/bahasajepanguhamka/?hl=id.