Adnantio Akbarsyah: Perwakilan Mahasiswa PBJ UHAMKA yang Mengikuti KKN FKIP UHAMKA

KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu di Indonesia. UHAMKA ikut menyelenggarakan KKN ini yang diikuti dua belas Prodi yang ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, salah satunya Prodi Pendidikan Bahasa Jepang.

Prodi PBJ UHAMKA mengirimkan salah satu mahasiswanya yang terpilih, yaitu Adnantio Akbarsyah untuk mengikuti KKN yang diselenggarakan. Adnantio atau yang biasa akrab disapa Tio mengaku cukup kaget ketika dirinya mengetahui terpilih untuk mengikuti kegiatan KKN mewakili Prodi PBJ UHAMKA. “Perasaan saya jujur, saya agak grogi karena ini pertama kalinya saya ikut KKN, tapi Insyaa Allah saya akan menjalankan amanah saya di sana nanti,” tuturnya.

KKN UHAMKA ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan di desa daerah Purwokerto, Jawa Tengah dari tanggal 10/01/2022 sampai dengan 10/02/2022. Tema dari kegiatan KKN ini adalah “Pengentasan Kemiskinan”. Bersama dengan mahasiswa dari 11 Prodi lainnya dari FKIP UHAMKA, Tio nantinya akan mengabdikan dirinya untuk membangun desa tersebut dengan membagikan ilmu yang telah diperoleh dari perkuliahan di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA kepada masyarakat setempat. 

“Karena saya basic-nya mengajar dan prodi saya pendidikan bahasa jepang, saya insyaallah akan mencoba melakukan pemberdayaan melalui ilmu yang saya dapat. Seperti fun learning hiragana dan katakana, lalu cara menjelaskan aisatsu dalam perkenalan bahasa jepang. Konsep yang mau saya bawa adalah pembelajaran fun learning supaya siswa yang saya targetkan disana nanti bisa mengetahui dasar ilmu bahasa jepang,” katanya saat ditanya rencana apa yang akan dilakukan selama KKN satu bulan ke depan, Sabtu, 08/01/2022.

Tio juga menambahkan bahwa harapannya adalah dengan mengikuti kegiatan KKN ini akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi dirinya. “Sebagai mahasiswa saya akan mengenal pentingnya bersosialisasi antar sesama masyarakat, lebih peka terhadap problematika yang ada, meningkatkan rasa simpati dan empati, meningkatkan rasa mandiri, meningkatkan nilai tanggung jawab, meningkatkan nilai karakter (karena ada banyak nilai2 karakter yang diterapkan disananya nanti),” pungkasnya.

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka  Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka atau langsung mengakses instagram Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang melalui akun @bahasajepanguhamka atau bisa klik https://www.instagram.com/bahasajepanguhamka/?hl=id.