FKIP UHAMKA

ASYIKNYA HOME LEARNING TANPA PENING

Sejak kemunculannya di Indonesia, wabah Covid-19 telah memberikan dampak yang besar di seluruh sektor kehidupan. Dampak di seluruh sektor ini meliputi dalam sektor ekonomi, politik, sosial, kegiatan keagamaan maupun sektor pendidikan.

Pemerintah sudah beberapa kali menerapkan berbagai aturan sebagai tindakan penekanan penyebaran covid-19. Berbagai kebijakan tersebut antara lain penerapan social distancing, physical distancing, sampai pada penerapan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) yang telah diberlakukan hampir di seluruh wilayah Indonesia saat ini.

Pemberlakuan aturan tersebut sangat berimbas pada dunia pendidikan, yang mengakibatkan segala aktivitas belajar dan pembelajaran tidak lagi berada di sekolah. Pelaksanaan pembelajaran yang tidak lagi berada di sekolah yang kemudian beralih sistem menjadi kegiatan belajar dirumah (Home Learning). Kebijakan home learning ini diberlakukan bagi semua jenjang pendidikan dari Pendidikan anak usia dini sampai pada tingkat perguruan tinggi.

Dalam isu terkini perndidikan mengenai home learning ini diangkat dalam Siaran Bincang Pendidikan oleh Radio Dakta yang berkerja sama dengan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) FKIP UHAMKA. Bincang pendidikan ini disampaikan oleh Ibu Khusniyati Masykuroh, M. Pd, yang merupakan dosen PG PAUD FKIP UHAMKA sekaligus praktisi PAUD dengan bertemakan “Asyiknya Home Learning Tanpa Pening”.

Pada Kamis 16 Mei 2020 pukul 14.00 s.d 15.00 WIB dalam Siaran Bincang Pendidikan di Radio Dakta, Ibu Khusniyati menyampaikan pentingnya kegiatan home learning. Terlebih di masa pandemi covid-19 yang menimbulkan keresahan para orangtua yang menyatakan bahwa belajar dirumah sulit untuk dilakukan apalagi terhadap anak usia dini. Menghadapi hal ini, orangtua dituntut untuk mampu menjadi guru pada saat anak melakukan pembelajaran home learning.

Home Learning bisa dengan mudah dilakukan dirumah oleh para orangtua dengan melibatkan anak pada beberapa pekerjaan sehari-hari. Tentunya pembelajaran anak tidak jauh dari bermain.  Perlu adanya kerjasama orangtua untuk bekerja sama dan memberi porsi dalam belajar maupun bermain pada anak usia dini.

Dengan adanya siaran langsung bincang pendidikan dengan tema Asyiknya Home Learning Tanpa Pening ini dapat menjadi upaya pembaharuan yang positif bagi para pendengar terlebih para orangtua dalam memberikan kegiatan home learning yang menyenangkan bagi anak usia dini.

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA