FKIP UHAMKA

BAGAIMANA KAH PERAN GENERASI MUDA DALAM MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN…????

Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA menyelengarakan kegiatan talk skow pada kegiatan Geography Festival 4 terkait bagaimana peran generasi muda dalam menjaga kelestarian lingkungan, yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Mei 2021 melalui zoom meeting. Dengan Peserta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen. Pada kegiatan tersebut narasumber yaitu Ibu Siti Dahlia, S.Pd., M.Sc (Dosen Geografi Kebencanaan Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA) dan Bapak Indarwan (Praktisi Lingkungan IPB).

Pada kesempatan talk show Ibu Siti Dahlia, S.Pd., M.Sc menyampaikan bagaimana kondisi lingkungan di Indonesia dan isu-isu terkini terkait kerusakan lingkungan, seperti: isu perubahan iklim dan berbagai jenis bencana alam seperti: longsor, kebakaran hutan, banjir. Selain itu, disampaikan juga terkait mitigasi dan adaptasi terhadap kerusakan lingkungan melalui kegiatan-kegiatan yang sudah Program Studi Pendidikan Geografi lakukan, seperti: melalui riset pemetaan bahaya dan kerentanan banjir, program pengabdian masyarakat dengan edukasi bencana gempa di Bengkulu, program penanaman pohon, pembersihan sungai, dan edukasi sampah untuk masyarakat.

Selanjutnya, bapak Indarwan menyapaikan terkait peran generasi muda sebagai garda terdepan dalam penanggulangan kerusakan lingkungan, hal ini dikarenakan generasi muda memiliki tingkat idealisme, inovatif dan kreatif, mobilitas dan dinamis, keberanian dan keterbukaan, dan kepedulian social yang tinggi. Hal kegiatan yang dapat dilakukan oleh generasi muda melalui jurnalisme lingkungan dan green leader, yaitu Kemampuan dari seseorang individu pemimpin dalam menentukan kebijakan yang pro lingkungan dan dapat mempengaruhi serta memobilisasi individu dan lain dalam organisasi untuk mendukung kebijakan yang pro lingkungan.

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA