BELAJAR QUR’AN ALA KIAI DAHLAN : QUR’AN SEBAGAI KITAB TRANSFORMATIF

Al-Qur’an merupakan pedoman umat Islam yang harus dipelajari sepanjang masa. Dengan mempelajari Al-Qur’an semakin giat maka akan tercermin sifat Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari seperti halnya berpikir, berperilaku, dan selalu memberikan kemaslahatan bagi sesama. Dalam hal ini FKIP Uhamka mengadakan S3 dengan mengkaji “Belajar Al-Qur’an ala Kiai Dahlan” (29/8).

Kegiatan S3 ini dipandu langsung oleh Wakil III Dekan FKIP Uhamka, Dr. Izza Rohman. Dalam penyampaian materinya ia mengatakan “dengan mempelajari Al-Qur’an lebih dalam maka akan tercipta sebuah tokoh-tokoh penggerak, seperti Kiai Dahlan atas buah interaksinya dengan Qur’an maka tercipatanya organisasi dakwah, mempelopori gerakan filantropi, menggerakan pengajian-pengajian, dan membentuk kade-kader penggerak” ujarnya.

Untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai kitab transformatif, tentu memerlukan banyak hal tidak hanya sekedar sebatas teori. Namun juga memberikan sebuah gambaran untuk kehidupan “sebagai manusia sudahkan kita memikirkan bagaimana mendalami Al-Qur’an dan berinteraksi dengan baik kemudian membuahkan sebuah hal untuk kemajuan kehidupan” Ungkap Dr. Izza Rohman dalam sambutan materi terakhirnya.

Dengan adanya pemahaman materi terkait dengan ini, semoga kita tidak hanya gemar membaca Al-Qur’an namun juga gemar dalam mempelajarinya serta mengimplementasikan segala ajaran Al-Qur’an didalam kehidupan sehari-hari dan menjadi umat yang unggul dan berkemajuan.

Leave a Reply

fifteen + twelve =