FKIP UHAMKA

Belajar Rasch Model Bersama Himatika FKIP Uhamka

Pelaksanaan Pelatihan Pengolahan Data (PPD) ke-10 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika (Himatika) FKIP Uhamka, memasuki sesi 2 pada tanggal 12 April 2022. 

 

Pelatihan hari kedua ini dihadiri oleh 89 orang yang terdiri dari mahasiswa, dosen, dan alumni Prodi Pendidikan Matematika Uhamka. 

 

Materi yang disampaikan pada sesi 2 ini adalah mengenai analisis pemodelan Rasch menggunakan winstep/ministep.

 

Pada pelatihan ini disampaikan teori dan pendekatan tradisional yang umum digunakan dalam penelitian kuantitatif dan menjelaskan keterbatasan yang dimilikinya. 

 

“Pemodelan Rasch dapat digunakan untuk melakukan uji reliabilitas dan validitas instrumen, sebaran item dan person, serta transformasi data untuk uji statistika inferensial”, ujar Fitri Alyani, S.Pd, M.Si, GCert. Ed, selaku narasumber dalam pelatihan pengolahan data ini. 

 

Fitri merupakan salah satu alumni Prodi Pendidikan Matematika Uhamka yang saat ini menjadi dosen di prodi yang sama. 

 

Sebelum ditemukannya Rasch Model, penelitian kuantitatif yang menggunak instrumen survei dengan skala likert, akan melakukan uji validitas dan reliabilitas menggunakan metode korelasi pearson. 

 

Padahal sejatinya korelasi pearson ini boleh digunakan jika skala pengukuran datanya adalah interval/rasio. 

 

Sedangkan variabel dengan skala likert itu merupakan skala pengukuran ordinal, karena angka – angka pada skala likert merupakan sebuah pelabelan dari makna yang sesungguhnya.

Sama seperti hari pertama PPD 10 lalu, setelah pemaparan materi dari narasumber, acara dilanjutkan dengan praktik pengolahan data bersama narasumber dan juga didampingi oleh fasilitator. 

 

Pelatihan ini dilaksanakan hingga menjelang sore hari. Meskipun dalam kondisi berpuasa, antusiasme dari peserta pelatihan ini sangatlah tinggi. 

 

Mereka dengan penuh konsentrasi mengikuti arahan yang dijelaskan oleh narasumber pada setiap langkah – langkah pengerjaan pengolahan data dengan menggunakan ministep.

 

Penulis: Leni Marlena

Editor: Nia Septiany

 

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di Pendidikan Matematika FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id ke menu “Beasiswa Mahasiswa“. Informasi dan pendaftaran ke program studi Pendidikan Matematika Uhamka dapat di akses melalui https://linktr.ee/pendidikanmatematikauhamka

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023