FKIP UHAMKA

Beri Pengalaman Pertama Mahasiswa Baru, Pendidikan Biologi Adakan Praktikum Offline

Pada Jumat, 23 April 2021 dilaksanakan pertama kali praktikum secara tatap muka langsung (offline) pada mata kuliah struktur tumbuhan di laboratorium pendidikan biologi kampus FKIP Uhamka. Praktikum yang dilakukan yaitu pengamatan secara mikroskopis mengenai sel tumbuhan mengenai kristal dan trikoma tumbuhan. Praktikum secara offline dilaksanakan dengan mengutamakan protokol kesehatan, hanya ada satu kelompok dengan jumlah empat orang. Praktikum didampingi oleh satu orang laboran dan satu orang dosen, jadi hanya ada 6 orang dalam ruangan lab dan menjaga jarak satu sama lain. Untuk mahasiswa lain, mengamati kegiatan praktikum secara online melalui zoom meeting, hal ini dilakukan agar mahasiswa yang dirumah tetap dapat melaksanakan praktikum tentunya dengan dukungan alat-alat praktikum di lab biologi FKIP Uhamka yang sangat memadai. 

Praktikum merupakan ‘arwah’ dalam pembelajaran biologi dengan dasar hakikat sains, yaitu landasan untuk berpijak dalam mempelajari IPA. Aspek hakikat sains mengandung tiga aspek yaitu sains sebagai produk, sains sebagai proses, dan sains sebagai sikap ilmiah. Ketiga aspek ini dapat terwujud dalam sebuah kegiatan praktikum. Praktikum mikroskopis sel tumbuhan memberikan bekal yang sangat berharga bagi mahasiswa, dapat meningkatkan skill dalam menggunakan mikroskop dan membuat sayatan untuk diamati di bawah mikroskop. Bekal ini yang nantinya mereka dapat manfaatkan saat terjun kedunia pengajaran di sekolah. Hasil dari praktikum ini adalah beberapa preparat segar hasil sayatan para mahasiswa yang hasilnya bagus untuk diamati, yaitu preparat segar dari epidermis bawah daun durin (rambut sisik), sel bintang dari epidermis daun waru, kristal jarum dari tangkai suji, kristal pasir pada tangkai bayam dan kristal drus dari tangkai daun pepaya.

Praktikum offline memberikan suatu pengalaman baru bagi beberapa mahasiswa, karena ada sebagian dari mereka yang baru pertama kali kekampus, apalagi nge-lab. Mereka semua nampak antusias, dapat praktikum secara langsung. “Ini pertama saya kekampus pak, waahh banget deh rasanya karena dari semester kemarin dirumah terus” ujar Dahlia mahasiswi pendidikan biologi semester 2 Uhamka. “Ternyata alat-alat lab biologi lengkap ya pak, mikroskopnya keren ada kamera yang nyangmbung ke laptop, pas pengamatan pake mikroskop bisa langsung share screen di zoom deh” sambung Arbi. Di akhir praktikum semua berdoa berharap pandemik segera berlalu agar semua dapat praktikum dan berkuliah secara tatap muka langsung. 

Kuliah? UHAMKA aja, tinggal klik tinggal klik uhamka.ac.id/reg dari rumah.

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA