FKIP UHAMKA

Beri Penguatan Wawasan Keislaman, PPG FKIP Uhamka Bersama LPP AIK Gelar Baitul Arqam

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan Baitul Arqam Mahasiswa I yang diperuntukkan bagi para mahasiswa PPG (Pendidikan Profesi Guru) tahun akademik 2021-2022. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dan satu malam di  Gedung Asrama Mahasiswa FKIP Uhamka. 

Adapun kegiatan tersebut diselenggrakan oleh PPG FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Uhamka, yang diketuai oleh Khairil Iba dan sekretarisnya yaitu Kusmajid Abdullah dan bekerjasama dengan LPP AIKA (Lembaga Pengkajian dan Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan). Kegiatan ini oleh Bunyamin selaku Wakil Rektor IV Uhamka dan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan dan penguatan keislaman terhadap mahasiswa PPG. 

Pada kegiatan yang dihadiri sebanyak 30 orang peserta tersebut, banyak tokoh ahli yang sangat berkompeten di bidangnya dalam menyampaikan dan melakukan diskusi dengan para peserta, antara lain Dekan FKIP Uhamka yaitu Desvian Bandarsyah yang membawakan materi Pendidikan Islam berkemajuan, Wakil Dekan IV FKIP Uhamka yaitu Muhammad Dwi Fajri yang membawakan materi Islam berkemajuan, ketua Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (LPPM) Uhamka yaitu Ghufron Amirullah, dan  Purwidianto yang membawakan materi Ibadah dalam Islam.

Dalam kegiatan tersebut, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu kelompok Buya HAMKA yang diinstrukturi oleh Amirullah, kelompok KH. Azhar Basyir yang diinstrukturi oleh Purwidianto, kelompok Nyai Siti Walidah yang diinstrukturi oleh seorang instruktur nasional yaitu Muhammad Abdul Halim Sani, dan  kelompok KH. Ahmad Dahlan yang diinstrukturi oleh Rokhmani Ali.

Selain terdapat materi-materi dan diskusi, dalam kegiatan tersebut juga diisi dengan games-games dan ice breaking yang sangat menarik dan menggugah semangat dari para peserta. Selain itu, di dalam kegiatan tersebut juga diadakan lomba outbond yang sangat kompetitif sekaligus menghibur serta mengasah jiwa kepemimpinan para peserta. Yang menjadi kegiatan pamungkas dalam Baitul Arqam Mahasiswa tersebut adalah diadakannya lomba pentas seni antar kelompok yang dirancang penuh kreatifitas para peserta, dan juga memperlihatkan kekompakan kelompok-kelompok tersebut, pada kegiatan lomba pentas seni tersebut dimenangkan oleh kelompok 4 yang dibimbing oleh seorang instruktur dari dosen Program Studi Pendidikan Bahasa inggris yaitu Rokhmani Ali.

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka . Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

 

Penulis: Rohmani

Editor: Alif

Stockity