FKIP UHAMKA

Bisa lulus kuliah tanpa skripsi?? Yaa bisalah!

Enam orang mahasiswa prodi pendidikan biologi yaitu Lissaa Nur Hasanah, Shafira Eltasari, Annisa Salsabila, Selvi Diah Ratnasari, Apiah Agustiani,  dan, Nabila Tri Ambarrani ini menjadi mahasiswa pertama yang lulus dari Pendidikan Biologi Uhamka tanpa membuat skripsi. Lho kok bisa?? Ya bisalah…. Lalu bagaimana caranya? Ya mereka memanfaatkan peluang untuk lulus tanpa mengerjakan skripsi, yaitu dengan cara melakukan penelitian dan membuat laporannya berupa artikel ilmiah yang diterbitkan pada jurnal internasional bereputasi. 

Lissaa menulis meneliti dan menulis tentang Manfaat virtual laboratory dalam pembelajaran sains, dalam laporannya Dia menulis sebuah artikel dengan judul “Effect of Virtual Laboratory on Higher Education Students’ Cognitive, Affective, and Motivation in Science: A Meta-Analysis Study” yang diterbitkan pada jurnal TEM JOURNAL(Q3). Annisa membuat artikel dengan judul “A Scoping Review of Virtual Media: Recommendations for Improving the Comprehension and Motivation of student in Science Learning” pada jurnal Educational Studies – AESA (Q2). Selvi membuat artikel dengan judul “Online Learning Classes During the COVID-19 Pandemic: A Narrative Study of Student’s Experience” pada jurnal International Journal of Foundations of Computer Science (Q3). Apiah membuat artikel dengan judul “University Lecturers’ Views of online learning during the Covid-19 pandemic” pada jurnal International Social Science Journal (Q3).

Nabila membuat artikel dengan judul “Synchronous Teaching Classes During the COVID-19 Pandemic: A Narrative Study of Indonesian Science Teacher’s Experience” pada jurnal PERTANIKA Journal of Social Sciences & Humanities (Q3). Hal yang sama dilakukan oleh Fira, panggilan akrab Shafira Eltasari. “Saya memilih lulus jalur jurnal aja, karena saya rasa mudah dan tertanya memang mudah kok, hehe” candanya sambil berbangga. “Saya meneliti tentang umpan balik yang positif dari pemberikan Virtual Reality (VR) dalam pembelajaran, lalu saya buatkan artikelnya dan saya coba men submit pada jurnal Journal of Social Studies Education Research (Q2)” tambahnya. 

Jadi gampang kan guys, kalian tinggal pilih mau lulus jalur mana? Jalur skripsi atau jalur artikel? Yang penting kuliah ada dulu yuk di pendidikan biologi uhamka! Untuk Informasi pendaftaran dari rumah (0815 1300 1900 & 0858 1300 1600).

Program Studi Pendidikan Biologi. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. 

Integrity | Trust | Compassion

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA