FKIP UHAMKA

Budhi Akbar Dosen Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA “Pendidikan Berkualitas Untuk Generasi Emas Indonesia” Keynote Speaker Seminar Nasional Kolaborasi 3 Perguruan Tinggi

Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka merupakan salah satu kampus Islam terbaik di Indonesia dan sudah Terakreditasi Unggul. Program studi Pendidikan Biologi FKIP Uhamka sudah Terakreditasi A dan berlokasi strategis di pusat kota Jakarta. 

Dosen Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA Budhi Akbar menjadi keynote speaker pada Seminar Nasional Kolaborasi 3 Perguruan Tinggi yakni UHAMKA, UNPAK, dan UPGRIS. Seminar nasional ini mengangkat tema “Pembelajaran yang Berorientasi pada Pembentukan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dan Karakter”. 

Beberapa contoh rendahnya karakter masyarakat Indonesia adalah maraknya korupsi, ketidakjujuran, ketidakdisiplinan, tidak mengimplementasikan nilai-nilai religius, adanya persoalan intoleransi, permasalahan remaja seperti tawuran, narkoba dan perilaku seksual. “Ini menunjukkan masih tingginya permasalahan karakter di Indonesia”, ujar Budhi. Pendidikan karakter merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk kehidupan. Pendidikan karakter akan membentuk individu yang beradab, bermoral, berbudi pekerti yang bai, yang paham akan adanya tata krama, sopan dan santun. 

Tujuan Pendidikan karakter ini untuk melatih kemampuan diri setiap individu untuk menuju ke arah yang lebih baik lagi yang sesuai nilai agama dan sesuai dengan nilai yang ada di masyarakat. Tuntutan akhir SDGs adalah Pendidikan yang berkualitas, yakni berkualitasnya karakter peserta didik dan pendidik. 

“Kemampuan berpikir Indonesia ketika dihadapkan pada setiap negara itu masih sangat rendah, karena kemampuan membaca dan berhitungnya kurang. Persoalan karakter di Indonesia yang masih kurang, berdampak pada karakter mahasiswa/peserta didik. Sedangkan keterampilan tingkat tinggi adalah cara kemampuan berpikir logis, kreatif, kritis, dan menganalisis pemecahan masalah secara mandiri”, tutur Budhi. 

Discovery Learning, menjadi salah satu model yang disarankan sebagai pembelajaran berpikir tingkat tinggi. Discovery learning adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, dan logis sehingga mereka dapat menemukan sendiri pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai wujud adanya perubahan perilaku. 

Jadi model discovery learning merupakan salah satu model yang ideal untuk perkembangan peserta didik saat ini. Selain itu untuk menuju pendidikan yang bermutu guru-guru/ dosen/ pendidik harus memiliki kompetensi yang berkualitas sebagai salah satu usaha untuk memajukan Pendidikan Indonesia ucap, Budhi.

Yuk Buruan daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Silahkan mengecek Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan di FKIP Uhamka https://pbio.uhamka.ac.id/ atau di Instagram https://www.instagram.com/biohamka/. Atau +62 881-0241-37317. Ada banyak potensi beasiswa di kampus FKIP UHAMKA seperti beasiswa berprestasi, beasiswa KIP, KJP, Beasiswa Cerdas, Beasiswa Merdeka, beasiswa Lazismu, beasiswa UKT dan banyak beasiswa menarik lainnya. 

Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/   atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id ke menu “Beasiswa Mahasiswa”, https://bit.ly/FKIPUhamka atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

Penulis: HNY

Editor: LM

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023