FKIP UHAMKA

Budidaya Ayam Kampung Super Dosen Uhamka

 Dosen di lingkungan Universitas Muhamamdiyah Prof. DR. Hamka atau Uhamka selenggarakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai pemenuhan Catur Dharma yang harus dilaksanakan oleh setiap Dosen. Boden Pendidikan Biologi FKIP Uhamka turut laksanakan kegiatan ini di SMK Muhammadiyah Cariu atas kerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian masyarakat (LPPM) Uhamka yang diketuai oleh Devi Anugrah MPd dengan anggota Susilo MSi dan Ranti Annissa MPd dengan mengikuti protokol kesehatan yang begitu ketat.

 

Latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini adalah pihak mitra merupakan sekolah binaan Uhamka dan memiliki jurusan tata boga, pas sekali dengan budidaya ayam kampung yang dapat digunakan praktek siswa-siswinya nanti dalam mendukung kegiatan pembelajaran.

 

Kepala SMK Muhammadiyah Cariu, Mukmin SPd menuturkan “ini merupakan tahun kedua tim pengabdian LPPM Uhamka yang dilakukan oleh dosen biologi, kami memang selalu menunggu ketangan tim ini karena banyak pelatihan yang diberikan sesuai dengan juruan yang ada pada sekolah kami” sambutnya.

 

Membudiayakan ayam kampung tidak sulit seperti membudidayakan ayam boiler, makanan yang diberikan tidak harus selalu menggunakan pakan konsentrat (vur). Makanan yang diberikan dapat berupa sisa makanan atau membuat pakan fermentasi. Seperti yang dipapkan oleh ketua tim kepada peserta.

 

Devi dalam penyampaian materinya menuturkan bahwa “membudiayakan ayam kampung ini sangat mudah, kita harus memperhatikan bibit berkualitas, makanan, vitamin dan obat-obatan yang diberikan dan kebersihan kandang tentunya,” tuturnya.

 

Dalam kegiatan ini, tim langsung mengajak peserta untuk mempraktekan langsung bagaimana caranya membudidayakan ayam kampung. Peserta diajak untuk merakit kandang, memvaksin ayam, memberikan makan dan minum ayam serta menempatkan kandang pada posisi yang baik.

 

pokoknya seru lah, ternyata budidaya ayam kampung ini berbeda sama saya pelihara diruham, kalau dirumah itu saya cuma kasih makan nasi sama bekatul, ternyata ini harus  dikasi vaksin juga biar ayamnya tahan penyakit” ujar Edi salah satu peserta yang juga siswa SMK Muhammadiyah Cariu.

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA