FKIP UHAMKA

CEGAH PLAGIARISME, UHAMKA ADAKAN SOSIALISASI PENCEGAHAN PLAGIARISME DAN KODE ETIK DOSEN

Salah satu tugas dan fungsi seorang dosen adalah melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat yang kemudian dibuat menjadi sebuah laporan dalam bentuk artikel dan diupload ke sebuah jurnal terakreditasi.

 

Namun, kendala yang sering dihadapi dalam proses penerimaan artikel tersebut agar dapat di publish di jurnal yang telah di submit adalah salah satunya tingkat persen pengecekan plagiarisme dan similarity dari artikel yang telah dibuat. Hal ini menyebabkan tertundanya proses publish di jurnal.

 

Maka, UHAMKA berinisiatif menggelar acara Sosialisasi Pencegahan Plagiarisme dan Kode Etik Dosen bagi para Kaprodi, Sekprodi, dan seluruh dosen agar mendapat pembekalan pemahaman mengenai bagaimana mengatasi plagiarisme dan similarity ini.

 

Hal ini juga mengacu pada surat Rektor Nomor 743/A.15.02/2022 tanggal 5 April 2022 perihal Sosialisasi Pencegahan Plagiarisme dan Kode Etik Dosen (KED).

 

Salah satu fakultas di UHAMKA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) telah mengadakan kegiatan ini pada Selasa, 12 April 2022, dengan narasumber salah satunya Ibu Nani Solihati yang membahas mengenai pencegahan plagiarisme dengan mengecek artikel yang telah dibuat sebelum di submit di sebuah jurnal yang diinginkan.

 

Dengan menggunakan bantuan aplikasi turnitin, para dosen dapat mengecek tingkat seberapa banyak persen kemiripan atau similarity dari artikelnya. Yang mana dikatakan bahwa maksimal sebesar 20% saja artikel diperbolehkan tingkat kemiripannya.

 

Sehingga penting sekali untuk selalu memperhatikan artikel yang dibuat agar tidak di cap sebagai sebuah plagiarisme karena hal ini tentunya memberikan kerugian yang sangat banyak dan dapat menerima sanksi dari institusi yaitu UHAMKA.

 

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka.

 

Penulis : Nia Septiany

Editor : Husnin Nahry Yarza

Bidang Akademik dan Kerjasama

KKNDik MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DI FKIP UHAMKA

Jakarta, 30 Januari 2023, FKIP UHAMKA bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam kegiatan KKNdik Terintegrasi Luar Jateng dan DIY, adapun jumlah mahasiswa UMS yang datang ke FKIP UHAMKA berjumlah 79