Demonstrasi Pembuatan Sabun Alami Lerak Bersama Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA

Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA adalah Program studi terakreditasi A dan UHAMKA merupakan kampus Islami terbaik di Jakarta. Dengan dosen-dosen yang ahli dan handal dibidangnya. 

Demonstrasi pembuatan sabun alami lerak dipandu oleh Ibu Mayarni M.Si. merupakan Dosen Aktif Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Lerak merupakan buah berwarna hitam dan berkulit keras. Lerak memiliki kandungan saponin yang cukup tinggi. Dahulu masyarakat mengenal lerak sebagai pencuci kain batik agar warna tetap awet tetapi saat ini sudah sangat banyak manfaatnya. 

Cara pembuatan sabun alami lerak sangat mudah dan sangat bisa untuk kita praktekkan di rumah masing-masing. Bahan-bahan yang perlu disiapkan adalah garam, buah lerak, air, kompor dan panic. Lerak dapat direndam sebelumnya ataupun bisa juga langsung direbus. (1) 10-20  buah lerak direndam dengan air sebanyak dibiarkan selama 2 hari sampai kulit buahnya lunak; (2) setelah 2 hari air kulit buah lerak sudah lembek hidupkan kompor dan masak lerak dan air rendamannya sampai mendidih; (3) tambahkan 1 sdm garam dapur, agar busa bertambah banyak;

Selanjutnya air lerak ini sudah bisa digunakan untuk mencuci pakaian maupun mencuci piring dan peralatan makan. Sangat mudah, simple dan sederhana penggunaan sabun lerak ini. Memang busa lerak ini tidak sebanyak detergent pada umumnya tapi tingkat kebersihannya sama dengan detergent. Sebagai mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA yang sangat cinta lingkungan dan paham akan pentingnya kebersihan lingkungan maka sebaiknya aplikasi pemanfaatan lerak ini dapat diaplikasikan dimulai dari rumah masing-masing. 

 

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Silahkan mengecek Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan di FKIP Uhamka https://pbio.uhamka.ac.id/ atau di Instagram https://www.instagram.com/biohamka/. Atau +62 881-0241-37317. Ada banyak potensi beasiswa di kampus FKIP UHAMKA seperti beasiswa berprestasi, beasiswa KIP, KJP, Beasiswa Cerdas, Beasiswa Merdeka dan banyak beasiswa menarik lainnya. 

Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/   atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa”, https://bit.ly/FKIPUhamka atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

Penulis: HNY

Editor: WS