FKIP UHAMKA

DISKUSI DARING MEDIA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI MASA COVID 19 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI UHAMKA

Kegiatan diskusi secara daring terkait media pembelajaran geografi di Masa Covid 19 dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Geografi, yang dilaksanakan pada tanggal 20 April 2020 melalui webinar aplikasi zoom. Peserta kegiatan berdasarkan partisipan terdiri dari 41 orang, yang berasal dari berbagai instansi baik pendidikan yaitu sekolah swasta dan negeri, dan lembaga non pendidikan yaitu BNPD, Dissurpotrudau, dan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Banten.

Pada kegiatan diskusi narasumber yaitu bapak Drs. Tricahyono NH, M.Si, Bapak Agung Adiputra, M.Si, dan Tasril Mulyadi dari BNPB dengan host ibu Siti Dahlia, M.Sc. Kegiatan diskusi membahasa terkait Problematikan dan hasil riset terkait pembelajaran selama WFH, Pembelajaran Bebrasis Projec, Platform Pembelajaran Secara Online dan Offline, dan pemanfaatan aplikasi bencana InaRisk dalam pembelajaran.
Menurut hasil diskusi dengan peserta kegiatan pembelajaran secara daring dapat menimbulkan problematika berupa: infrastruktur jaringan berupa keterbatasan kuota, adaptasi bagi guru khsuusnya guru yang berada pada usia lanjut, alat ukur yang belum teridentifikasi dalam mengukur outcome, serta daya serap siswa.
Pembelajaran berbasis project merupakan salah satu soluasi yang ditawarkan pada masa Covid 19 ini. Hal ini lebih bersifat pembelajaran secara Blanded learning, yaitu kombinasi pembelajaran secara tatap muka menggunakan daring dan project kegiatan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi keterbatasan kuota dari siswa. Sebagai contoh, proses kegiatan pembelajaran berbasis project secara multimedia yaitu menyusun Geoploi sebaran fauna dan game ular tangga Negara manju. Selain itu, selama WFH untuk memotivasi siswa dan mengurangi kejenuhan proses pembelajaran juga dapat dilakukan dengan game berbasis multimedia.

 

 

Selain itu, pada diskusi membahas juga terkait platform yang digunakan baik secara online dan offline. Platform online berupa googel class room, Edmodo, Schoology, OpenOLAT, Moodle, Khan Academy, kahoot, Ruang Guru, Instagram, Youtube, dan lain-lain. Platform offline secara geografi dapat menggunakan boardgame berupa media permainan seperti monopoli, atlas, dan globe. Selain itu, terdapat Aplikasi inaRISK merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat lokasi siswa terhadap bencana. Hal ini diharapkan siswa dapat belajaran dengan menyenangkan, serta meningkatkan pengetahuan siswa terhadap kondisi bencana lingkungan sekitar, pengalaman belajar tersebut juga dapat siswa share pada halaman Instagram mahasiwa.

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA