FKIP UHAMKA

Dosen Biologi Uhamka Selenggarakan Sosialisasi ‘Edukasi Pentingnya Vasksinasi Covid-19’ Dan Pelatihan Pembuatan Desinfektan

Pada selasa 22 Juni 2021 dosen pendidikan Biologi UHAMKA Mayarni, M. Si dan Eka Kartikawati, M.Pd memberikan edukasi mengenai pentingnya vaksinasi Covid-19 serta pelatihan pembuatan desinfektan sebagai pencegahan Covid-19 kepada Ibu-ibu Aisyiah Kukusan Depok Jawa barat, pada hari dengan standar protokol kesehatan. Mayarni mengungkapkan bahwa “kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah tentang pentingnya vaksinasi covid-19 sehingga perlu adanya edukasi kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi Covid-19 ini” pungkasnya.

 

Selain itu kegiatan ini diharapkan  dapat meluruskan berita-berita hoax mengenai vaksinasi covid-19. Hal lainnya dilakukan pula pelatihan kepada ibu-ibu Aisyiah dalam pembuatan desinfektan sebagai pencegahan covid-19. Selanjutnya Eka menjelaskan cara pembuatan desinfektan yaitu dengan menyiapkan 1 Liter air ditambahkan 30 ml larutan hipoklorit,  kemudian aduk hingga rata lalu masukkan ke dalam botol sprayer yang telah disiapkan. Larutan hipoklorit juga dapat diganti dengan larutan Lysol sebanyak 30 ml. Jika sudah dimasukkan dalam botol sprayer maka desinfektan pun siap digunakan untuk disemprotkan pada benda-benda seperti gagang pintu, kran air, tangga, pintu, meja dan lainnya. 

 

Kegembiraan terpancar dari raut wajah ibu-ibu dengan adanya kegiatan ini, karena dengan adanya kegiatan ini bertambah ilmu dan pengetahuan tentang vaksinasi. Hj. Sa’amih yang merupakan pimpinan Ranting Aisyiyah Kukusan Depok mengungkapkan “kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh Tim Program Studi Pendidikan Biologi UHAMKA yang telah memberikan penyuluhan, sosialisasi dan mengedukasi pentingnya vaksinasi Covid-19 serta pelatihan pembuatan desinfektan. Materi yang disampaikan sangat menarik dengan menampilkan gambar dan keterangan tentang Covid-19” Ungkap Hj. Sa’amih. 

 

Pada pelatihan pembuatan desinfektan, bahan dan alat-alatnya sudah disediakan, ibu-ibu yang mempraktekan pun sangat antusias. Apalagi hasil pembuatan desinfektan yang dapat dibawa pulang ke rumah masing masing untuk digunakan penyemprotan di lingkungan rumahnya. Kegiatan ini juga dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

 

So, tunggu apalagi ayo bergabung di pendidikan biologi UHAMKA dan menjadi keluarga besar UHAMKA. Dosen-dosennya berkualitas setra dapat memberikan pelatihan yang dapat meningkatkan ilmu dan pengetahuan. Untuk informasi pendaftaran dari rumah (0815 1300 1900 & 0858 1300 1600).

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Biologi. 

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. 

Integrity | Trust | Compassion

Bidang Akademik dan Kerjasama

KKNDik MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DI FKIP UHAMKA

Jakarta, 30 Januari 2023, FKIP UHAMKA bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam kegiatan KKNdik Terintegrasi Luar Jateng dan DIY, adapun jumlah mahasiswa UMS yang datang ke FKIP UHAMKA berjumlah 79