FKIP UHAMKA

Dosen Pendidikan Biologi Uhamka Selenggarakan Pelatihan Pembuatan Bioplastik di SMA Muhammadiyah Pancoran Mas Depok

Kamis, 15 Juli 2021 secara daring melalui zoom meeting dosen Biologi UHAMKA menyelenggarakan kegiatan pengabdian dalam bentuk pelatihan pembuatan bioplastik untuk mengatasi permasalahan lingkungan di SMA Muhammadiyah Pancoran Mas Depok-Jawa Barat. 

Eka Kartikawati, M.Pd ketua Tim PKM mengungkapkan bahwa “Kegiatan ini sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah terhadap keseriusan pemerintah dalam mengurangi sampah plastik sehingga Tim memberikan edukasi pengetahuan kepada siswa tentang sampah dan permasalahannya serta pelatihan pembuatan bioplastik sebagai salah satu solusi dalam mengatasi permasalahan lingkungan” ungkapnya.

Berikutnya Mayarni memaparkan materi pada peserta pengabdian tentang sampah dan permasalahannya serta memberikan tips kepada peserta dalam menjaga lingkungan seperti membiasakan membawa kantong belanja sendiri, membawa botol air yang dapat digunakan kembali, membawa tempat makan dan minum sendiri. Tidak menggunakan sendok dan sedotan yang sekali pakai, menggunakan plastic yang ramah lingkungan.

Pembuatan bioplastik yang ramah lingkungan memanfaatkan sari pati jagung, perbandingannya antara plastik konvensional dan bioplastik yang terbuat dari sari pati jagung yaitu bioplastik ternyata mudah terurai di lingkungan selain dapat diuraikan oleh mikroorganisme juga karena faktor lainnya seperti kelembaban dan sinar matahari sehingga bioplastik sangat ramah lingkungan.

Adinda Salsabila yang merupakan salah satu peserta kegiatan mengungkapkan kesan bahwa kegiatannya sangat menarik dan menyenangkan. Banyak hal-hal baru yang dipelajari dari mengikuti kegiatan tersebut, khususnya dalam pelatihan pembuatan bioplastik, biasanya hanya mengetahui jika plastik itu bahan yang tidak ramah terhadap lingkungan, tapi ternyata melalui kegiatan ini diajarkan kalau ada juga plastik yang lebih aman terhadap lingkungan. Sehingga memberikan banyak manfaat. 

Kegiatan diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran siswa-siswa dalam menjaga lingkungan serta kebiasaan-kebiasaan yang dapat memupuk kecintaan kita terhadap lingkungan serta dapat meningkatkan kreativitas peserta dalam mengembangkan bioplastik yang sangat ramah lingkungan.

Nggak nyesel lho kuliah di biologi UHAMKA. Untuk informasi pendaftaran dari rumah (0815 1300 1900 & 0858 1300 1600).

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Program Studi Pendidikan Biologi. 

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. 

Integrity | Trust | Compassion

Bidang Akademik dan Kerjasama

KKNDik MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DI FKIP UHAMKA

Jakarta, 30 Januari 2023, FKIP UHAMKA bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam kegiatan KKNdik Terintegrasi Luar Jateng dan DIY, adapun jumlah mahasiswa UMS yang datang ke FKIP UHAMKA berjumlah 79