FKIP UHAMKA

Dosen Pendidikan Matematika FKIP Uhamka Kembangkan Kurikulum Operasional di SMPN 160 Jakarta Timur

Program studi (Prodi) Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan sosialisasi dan pelatihan terkait dengan pengembangan kurikulum operasional di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 160 Jakarta Timur.

 

Melalui materi ini dihadirkan pula perwakilan seluruh stakeholder yang terdiri dari perwakilan siswa, perwakilan orangtua/wali siswa, tenaga kependidikan, guru, dan kepala sekolah untuk meninjau kembali visi misi serta tujuan sekolah yang dahulu untuk ditinjau ulang bersama. Berdasarkan masukan dari seluruh stakeholder yang hadir maka disepakati adanya penyempurnaan visi, misi serta penyusunan dan penyempurnaan tujuan yang terdahulu dengan berdasarkan analisis SWOT.

 

Kegiatan ini merupakan rangkaian materi terakhir kegiatan workshop. Materi ini memuat seluruh rencana proses belajar yang diselenggarakan di satuan pendidikan, sebagai pedoman seluruh penyelenggaraan pembelajaran. Kurikulum operasional satuan pendidikan dikembangkan sesuai dengan konteks dan kebutuhan peserta didik dan satuan pendidikan. Dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan, Profil Pelajar Pancasila sebagai acuan dalam menyusun visi, misi, dan tujuan di satuan pendidikan.

 

Prodi Pendidikan Matematika FKIP Uhamka selalu menyesuaikan diri dan berupaya mengikuti perkembangan dengan kurikulum terbaru, hal ini terbukti dengan memiliki mata kuliah tersendiri mengenai perkembangan kurikulum dan kurikulum terbaru terutama kurikulum pendidikan matematika di sekolah.

 

Wahidin selaku Dosen Pendidikan Matematika FKIP Uhamka sekaligus Narasumber dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pengembangan kurikulum operasional di satuan pendidikan meliputi analisis lingkungan belajar seperti sumber daya alam, sosial dan budaya, sumber pendanaan, sumber kebijakan di daerah dengan melibatkan semua stakeholder dimulai dari siswa, orangtua/wali, guru, serta tenaga kependidikan.

 

“Kedua berupa analisis visi dan misi serta tujuan sekolah dengan cara mereview kembali apakah visi dan misi serta tujuan masih relevan atau perlu penyempurnaan, dan bagian akhir ini adalah analisis kebutuhan satuan pendidikan yang melibatkan siswa, guru, dan tenaga kependidikan dan sarana dan prasarana, menyusun strategi dan mendesain pengorganisasian pembelajaran,” tuturnya.

 

Hasil dari workshop ini akan disempurnakan oleh tim inti atau tim penyusun visi misi dan tujuan sekolah pada saat rapat kerja menjelang tahun ajaran baru 2022/2023 dan dikumpulkan dalam satu kesatuan termasuk dengan modul ajar, alur tujuan pembelajaran, asesmen, High Order Thinking Skill (HOTS), dan literasi dan numerasi serta proyek penguatan profil pelajar pancasila.

 

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka . Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

 

Penulis : Edi Supriadi

Editor : AL

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023