FKIP UHAMKA

Fasilitasi Mahasiswa dalam pengerjaan Skripsi, HIMATIKA adakan Pelatihan Pengolahan Data

Perkembangan teknologi dalam pengolahan data penelitian semakin berkembang. Pengolahan data penelitian yang biasa digunakan microsoft excel atau SPSS kini muncul pemodelan RASCH dengan menggunakan software Winstep. Software ini dapat digunakan dalam rangka pengolahan data penelitian oleh sebab itu sebagai upaya dalam memfasilitasi dan mewadahi mahasiswa dalam pengerjaan skripsi, Himpunan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Pengolahan Data pada Hari Selasa, 6 April 2021.

Kegiatan Pelatihan Pengolahan Data merupakan kegiatan rutin yang ditujukan kepada Mahasiswa di seluruh Indonesia. Pandemi tidak menjadi halangan kegiatan ini untuk tetap berjalan secara daring melalui aplikasi Zoom dan Telegram. Kegiatan yang mengambil tema “Mengembangkan Potensi Diri dalam Menyusun Skripsi di Era Pandemi”. Dalam acara tersebut Ketua Program Studi Pendidikan Matematika UHAMKA yaitu Ibu Meyta Dwi Kurniasih, M.Pd. mengatakan bahwa “Mahasiswa harus terus menggali pengalaman dan pengetahuannya untuk meningkatkan keterampilan dalam upaya peningkatan kapasitas diri. Keterampilan pengolahan data menjadi sebuah kebutuhan terutama dalam pengambilan keputusan dari hasil penelitian yang dilakukan.” dalam sambutan pembukaan acara tersebut.

Kegiatan yang berdurasi empat jam tersebut menghadirkan narasumber Ibu Fitri Alyani, S.Pd,. G.Cert,. Ed,. M.Si. dengan Ibu Ayu Faradillah, M.Pd. Pembicara mengatakan bahwa kegiatan tersebut penting untuk diadakan, karena pelatihan ini mengajarkan tentang cara mengolah data/penelitian data yang dimana akan digunakan ketika seseorang ingin mengerjakan skripsi. Istimewanya kegiatan ini adalah, mahasiswa dilatih menggunakan software secara online dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai Universitas. Salah satu peserta mengatakan bahwa  “kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, khususnya untuk yang sedang mempersiapkan skripsinya. Selain itu, aplikasi winstep bisa menjadi alternatif aplikasi baru untuk mahasiswa selain SPSS. Selain gratis juga mudah mengaplikasikannya.” Dari pernyataan tersebut, terlihat bahwa kegiatan ini dapat membantu dan menambah semangat mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya. Ini menjadikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) khususnya Prodi Pendidikan Matematika selalu terdepan dalam pengembangan penelitian dan proses pembimbingan skripsi yang tergolong cepat.

Bidang Akademik dan Kerjasama

KKNDik MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DI FKIP UHAMKA

Jakarta, 30 Januari 2023, FKIP UHAMKA bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam kegiatan KKNdik Terintegrasi Luar Jateng dan DIY, adapun jumlah mahasiswa UMS yang datang ke FKIP UHAMKA berjumlah 79