FKIP UHAMKA

FKIP UHAMKA Adakan S3 Berjamaah Mengenal Tradisi “Ruwahan/ Arwahan”

Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Univeritas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Mandiri Belajar Kampus Merdeka dan terakreditasi A. 

S3 adalah kajian rutin setiap Sabtu yang selalu diadakan FKIP UHAMKA, pada edisi Ramadhan ini mengangkat tema Tradisi yang sering dilaksanakan masyarakat yaitu ruwahan/ arwahan menjelang ramadhan. Arwahan/ Ruwahan adalah kegiatan berkumpul dengan keluarga, saudara terdekat menjelang puasa Ramadhan. Biasanya tradisi arwahan/ ruwahan diisi dengan doa bersama untuk mendoakan ruh orang yang meninggal, dan biasanya diakhiri dengan makan-makan bersama.

Tradisi Ruwahan yang mengakar kuat di masyarakat Indonesia kerap kali dipertanyakan hukumnya. Silatuhami pada dasarnya boleh dan ada perintahnya ungkap Ustadz Nur Achmad.. Tradisi ini sangat didukung dalam Islam yakni bersilaturahmi menjaga keakraban sesama keluarga, saudara dan juga dapat berbagi makanan secara bersama-sama sehingga memberikan keberkahan bersama 

Semua tradisi ini tujuannya untuk akhlak yang baik, untuk kebaikan dan menyambung silaturahmi. Dalam tradisi wayang biasanya dipandu dengan kalimat syahadat yakni dengan istilah syahadatain ataupun sekaten. Tradisi ini selama tidak keluar dari ibadah, akhlak dan aqidah Islam bisa dianjurkan dan dikerjakan. .

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Silahkan mengecek Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan di FKIP Uhamka https://pbio.uhamka.ac.id/ atau di Instagram https://www.instagram.com/biohamka/ Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/   atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

Penulis: Husnin

Editor: Leni Marlena

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023