FKIP UHAMKA

FKIP Uhamka Gelar Informasi Mendapatkan Beasiswa Internasional

Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) mengadakan kegiatan webinar dengan tema Outstanding Internasional Student Scholarship dengan menghadirkan alumni FKIP Uhamka Angga Hidayat sebagai narasumber. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui platform Zoom meeting pada Sabtu (15/1).

Gufron Amirullah selaku dosen pendidikan biologi sekaligus Ketua LPPM Uhamka mengatakan, senior FKIP Uhamka yang penuh dedikasi menjalankan aktivitas kemahasiswaannya hingga sukses mencapai pendidikan jenjang S3 ialah Angga Hidayat.

“Kegiatan ini memang dirancang hari Sabtu karena menyesuaikan dengan jadwal perkuliahan Angga juga. Dan perbedaan di Indonesia dengan Angga di Amerika itu 12 jam. Makanya kita adakan kegiatan disini jam 09.00 WIB,” tutur Gufron.

Kaprodi Pendidikan Biologi Maryanti Setyaningsih mengatakan bahwa “membuka wawasan Beasiswa Internasional sejak dini sangatlah diperlukan untuk memudahkan diri kita mendapatkannya, dan dalam kegiatan inilah salah satu peluang awal mendapatkan wawasan beasiswa dari Angga Hidayat yang selama ini telah mendapatkan banyak beasiswa. 

Angga Hidayat kini sedang menempuh gelar doctor di The Ohio State University, USA. Ia telah banyak mendapatkan beasiswa selama perjalanan pendidikannya. Saat S1 beasiswa PPA, Beasiswa BBM, beasiswa Indosat. Kemudian saat S2 excelent scholarship beasiswa unggulan. Dan sekarang mendapatkan beasiswa Fulbright di The Ohio State University, USA.

Angga menyampaikan banyaknya beasiswa yang telah disediakan untuk mahasiswa jika mereka ingin mendapatkan beasiswa scholarship. 

“Saya memilih Fulbright itu karena saya sudah bercita-cita mendapatkan beasiswa ini dari SMA. Saya ini generasi pertama yang orang tua bahkan tidak lulus SD. Generasi pertama artinya dimana latar belakang orang tuanya hanya lulusan SMA. Dan menurut saya Fulbright itu didapatkan orang-orang yang pintar sekali dan banyak populer. Salah satunya yang terkenal alumni beasiswa Fulbright itu Pak Anies Baswedan,” tutur Angga.

Syarat untuk S2 dengan Fulbright yaitu mempunyai ijazah S1, dengan IPK dimulai dari 3.0 Semakin besar IPK semakin berpeluang diterima, kemudian TOEFL untuk ke Amerika skor 550, TOEFL IBT skor 80, IELTS skor 6,5 dan Duolingo skor 105.

Syarat lainnya, WNI tinggal di Indonesia, punya jiwa kepemimpinan dan menunjukkan pengabdian, menulis ini poin esai, memilih bidang yang diminati, lancar berbahasa Inggris, berhubungan dengan GPA, menyelesaikan pendidikan tepat waktu, visa jika lulus kuliah harus di Indonesia 2 tahun setelahnya dapat bebas jika ingin berpergian keluar negeri, syarat kerja 5 tahun untuk yang S2. Selainnya dapat dilihat di website AMINEF Fulbright.

Angga berpesan, sebagai mahasiswa alangkah baiknya untuk salurkan ilmu yang dimilikinya kepada orang banyak. Kemudian menurutnya, dengan mengikuti organisasi akan meningkatkan soft skill yang dimiliki.

“Kalian, saran saya jangan hanya kuliah pulang saja, tetapi ikutilah kegiatan kemahasiswaan yang ada di kampus. Dengan begitu kalian akan mempunyai soft skill yang nantinya bisa terpenuhi syarat klaim beasiswa,” tutur Angga.

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka . Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka.

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023