FKIP UHAMKA GELAR SEMARAK IDUL FITRI Merajut Ukhuwah, Menggapai Fitrah Untuk Hidup Penuh Berkah

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka merupakan Kampus Islami Terbaik di Seluruh Indonesia dan berlokasi strategis di Wilayah Ibukota yakni Pasar Rebo Jakarta Timur. FKIP UHAMKA merupakan kampus keguruan terakreditasi A (Unggul) dengan 13 program studi yakni: Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Ekonomi, PGSD, PG PAUD, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Geografi, BK, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Jepang dan PPG.

FKIP UHAMKA mengadakan Semarak Idul Fitri sebagai ajang silaturahmi dalam suasana Idul Fitri dosen dan karyawan di lingkungan FKIP UHAMKA. Semarak idul fitri ini diselenggarakan pada (19/5) dan dinarasumberi oleh Dr. Lelly Qodariah, M.Pd selaku Wakil Rektor III UHAMKA. Semarak idul Fitri ini dilaksanakan secara daring. 

 

Makna ukhuwah adalah merajut tali persaudaraan antar sesama umat muslim, di bulan yang sangat baik ini sangat baiknya kita merajut dan menyambung tali silaturahmi setelah selama sebulan lamanya kita menahan diri dan melaksanakan puasa Ramadhan tutur Lelly. Seperti tercantum dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 184-185 dan 187 mengenai penjelasan bagi orang-orang yang berpuasa: (1) orang sakit / dalam perjalanan boleh berbuka ataupun membatalkan puasa tetapi harus mengganti di bulan lain sebanyak yang ditinggalkan; (2) orang yang tidak sanggup berpuasa dapat membayar fidyah (memberi makan orang miskin) sebanyak yang ditinggalkan; (3) puasa merupakan sebagai petunjuk untuk seluruh umat manusia; (4) puasa sebagai jalan untuk mengetahui yang kebajikan dan kebatilan; puasa sebagai jalan kita untuk bersyukur karena dengan mengetahui masih ada yang bisa kita makan sementara saudara kita diluar sana masih banyak yang tidak bisa makan; (5) suami istri merupakan pakaian bagi keduanya; (6) hamba yang beriman diajak untuk beri’tikaf dan memohon ampun dan pertaubatan kepada Allah. 

Makna taqwa yang harus kita teladani sebagai hamba yang beriman adalah; (1) takut jika tidak menjalankan perintah Allah, ada kewibawaan dan ada penghormatan, (2) taat, sigap dan totalitas dalam menjalankan perintah; (3) keimanan; yakin, kepercayaan yang kokoh dan kuat dalam mempertahankan Islam; meninggalkan kemaksiatan dan meninggalkan ketidakbenaran; dan (5) ikhlas; tulus (tanpa pencitraan), lapang dada, bersyukur dalam setiap keadaan dan situasi, tidak ada embel-embel, lepas dan tidak memiliki beban.

Bagaimanakah konteks ketakwaan di dalam lingkungan FKIP UHAMKA peran yang berbeda dan akan memiliki tanggung jawab yang berbeda pula seperti ; (1)pimpinan memiliki tanggung jawab penuh kepada bawahan dan atasan dan untuk kemaslahatan umat; (2) dosen : memiliki kewajiban dan peran dalam perkuliahan dan membangun akhlak mahasiswanya; (3) tenaga kependidikan memiliki tanggung jawab dan hak untuk selalu menaati atasan dan melaksanakan tugas wajib dalam bidang administrasinya; (4) mahasiswa memiliki tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan akhlak yang terbaik dan memberikan nilai yang maksimal untuk orang tua dan dosen. Sebagai kaum terdidik dan seorang pendidik seluruh civitas akademika FKIP UHAMKA wajib untuk menciptakan harmoni dalam menggapai fitrah untuk kehidupan yang lebih baik dan lebih berkah kedepannya, ujar beliau. 

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Silahkan mengecek Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan di FKIP Uhamka https://pbio.uhamka.ac.id/ atau di Instagram https://www.instagram.com/biohamka/ atau cp: +62 881-0241-37317. Ada banyak potensi beasiswa di kampus FKIP UHAMKA seperti beasiswa berprestasi, beasiswa KIP, KJP, Beasiswa Cerdas, Beasiswa Merdeka dan banyak beasiswa menarik lainnya. 

Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/   atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

Penulis : Dayu

Editor : Annisa