FKIP UHAMKA

FKIP UHAMKA goes to school : talkshow bersama MAN 1 Kota Tanggerang

FKIP Uhamka baru saja menggelar acara talk show pada Senin, 14 Juni 2021 dalam kegiatan FKIP Uhamka goes to school, telah dilaksanakan talk show motivasi bersama MAN 1 Kota Tangerang dengan tema “Tips Memilih Program Studi”. Konsep acara ini adalah kampus goes to school mengunjungi ke sekolah-sekolah namun saat ini acaranya dikemas secara milenial dan di masa pandemi ini acara tersebut berlangsung melalui daring dengan platform zoom meeting serta siaran langsung melalui YouTube.

Acara talk show ini dihadiri oleh Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd selaku Dekan FKIP Uhamka, moderator oleh ibu Merina, M.Pd selaku dosen FKIP Uhamka, dan pemateri ibu Chandra Dewi, M.Pd,Kons selaku dosen BK FKIP Uhamka serta bapak Namin AB Ibnu Solihin selaku dosen FKIP uhamka dan founder motivatorpendidikan.com. Agenda awal adalah sambutan dari bapak Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd dan juga kepala MAN 1 Tangerang, Bapak Amsari.

 Talk show ini dihadiri kurang lebih 300 partisipan yang terdiri dari siswa kelas 10, 11 dan 12 MAN 1 Kota Tangerang. Talk show ini membahas bagaimana cara memilih program studi yang tepat menuju sukses, cerdas dan terampil. Langsung pada acara inti, diskusi bersama para narasumber. Bapak Namin AB Ibnu Solihin menjelaskan bahwa sebelum memilih program studi di universitas, kita harus mengetahui potensi yang ada dalam diri kita. Hal yang harus diperhatikan adalah jangan sampai ada penyesalan karena salah memilih program studi. Ibu Chandra Dewi, M.Pd,Kons juga menyatakan hal yang sama, dan terlebih mengajak para peserta untuk bisa berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman, seperti pihak sekolah, orang tua, maupun pihak kampus.

 Adapun tips dalam memilih program studi yaitu:

  1. esuaikan dengan potensi yang kita miliki. Cobalah untuk berani eksplorasi terhadap diri kita sendiri dengan mengetahui kemampuan apa yang kita miliki. Potensi dapat juga dilihat dari kegemaran/hobi apa yang suka kita jalani. Dengan begitu kita bisa menemukan minat dan passion untuk memilih program studi.
  2. Konsultasi ke orang yang berpengalaman.  Jangan malu untuk bertanya. Kita dapat berdiskusi dengan orang-orang sekitar kita seperti orang tua, guru di sekolah, test psikologi ataupun kerabat/kakak kelas yang bisa bantu untuk menemukan potensi yang kita miliki dan sharing tentang tujuan yang dapat kita pilih.

Salah satu peserta bernama Sendrina Karina Putri berkonsultasi pada narasumber. Ia mengatakan bahwa dalam memilih jurusan ia masih mengikuti keinginan orang tua, yaitu jurusan ilmu pendidikan. Namun, menurut Sendrina potensi yang ada dalam dirinya adalah bisnis. 

Apakah tersedia prodi di UHAMKA yang memungkinkan jenjang karir alumninya sebagai guru dan pebisnis? Maka, pak Namin dan bu Chandra menyarankan kolaborasi kedua pilihan itu, yaitu jurusan pendidikan ekonomi FKIP UHAMKA. Prodi ekonomi sangat membuka peluang untuk mengemban ilmu sebagai pendidik dan juga manajemen ekonomi. Kelak, Sendrina dapat menjadi teacher-preneur atau edu-preneur, yaitu pendidik sekaligus pebisnis. Dengan demikian, Sendrina dapat mengikuti keinginan orang tuanya sekaligus memenuhi potensi yang ia miliki.

Nesa Melania, salah satu peserta yang lulusan MAN 1 Kota Tangerang dan juga kini berkuliah di UHAMKA mengatakan bahwa dirinya senang dan  pilihan tepat untuk menempuh pendidikan di FKIP UHAMKA. Nesa berkonsultasi dengan guru sekolah dan juga dua senior 2 tahun diatasnya yang juga mahasiswa prodi fisika dan gizi UHAMKA. Nesa lebih yakin lagi dengan testimoni dari para senior bahwa kampus UHAMKA sudah terakreditasi A dan juga lokasi yang strategis. Dan yang menurut Nesa paling berkesan adalah pembinaan keagamaan di asrama FKIP UHAMKA. Jadi sebelum mulai perkuliahan, ia belajar banyak hal terkait keislaman, seperti ibadah, akhlah, muamalah, dan lainnya sebagai pembekalan.

Pada akhir acara, terdapat pembagian hadiah/doorprize kepada peserta yang aktif dan cekatan dalam acara talk show ini. Antusiasme dari para peserta sangat terasa ketika adik-adik banyak yang bertanya dengan rasa penasarannya akan pemilihan prodi dan apa saja yang ada di dalam Uhamka. FKIP Uhamka yang sudah terakreditasi A menyediakan 12 pilihan program studi, formulir gratis dan juga ada berbagai beasiswa. Yuk, gabung bersama kami sobat hamka!

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA