FKIP UHAMKA

FKIP UHAMKA Selenggarakan Kajian Tafsir Al Azhar Lintas Disiplin Ilmu “Konsep Pendidikan dalam Tafsir Al Azhar”

 

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka Kampus Terakreditasi A (Unggul) dan Kampus Islami Terbaik se Indonesia. UHAMKA terletak di lokasi yang strategis yaitu di kampus Pasar Rebo, Kebayoran Baru, Klender dan Ciledug. 

Muhammad Dwi Fajri Wakil Dekan 4 FKIP UHAMKA Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan menyampaikan kajian tafsir Al Azhar mengenai Konsep Pendidikan pada Rabu (27/4). Konsep Pendidikan dapat dari Tafsir Al Azhar dalam beberapa makna yakni: (1) tarbiyah adalah proses menumbuhkan atau mengembangkan satu demi satu tahap sehingga mencapai titik kesempurnaan; (2) taklim artinya mengajarkan atau memberitahukan sesuatu kepada yang belum mengetahui; (3) tadris artinya upaya menjadikan, membelajarkan murid agar dapat membaca, mempelajari dan mengkaji sendiri dan (4) riyadoh Pendidikan untuk selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Al Qur’an memancing pendapat dan pemikiran kita untuk selalu berbuat menuju kebaikan tutur Fajri.

Surat pertama yang diturunkan Allah yakni Surat Al-Alaq ayat 1-5 yang mengandung makna iqro Bacalah. Makna dari surat Al Alaq 1-5 ini yaitu: membaca menjadi jalan, jendela ilmu dan sumber kemajuan; membaca dengan menyebutkan nama Allah SWT. Menciptakan dan memberikan kesadaran akan siapa kita manusia dan hakikat kita manusia. Ayat-ayat Alquran memberikan banyak hal mengenai pemahaman akan Pendidikan dan ini juga memberikan kemajuan untuk umat Islam ujar beliau.

Al Ilmu (Pendidikan) seperti binatang buruan yakni harus diikat dengan dituliskan (menggunakan pena) dengan membuat buku. Seperti terdapat dalam surat Al Mujadalah ayat 11 yakni Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Teliti terhadap apa yang Kamu kerjakan. Dari ayat ini kita dapat melihat bahwa keistimewaan orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan. Selayaknya kita selalu memperbaiki dan memuhasabah diri kita menuju kebaikan, ujar Fajri. 

 

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Silahkan mengecek Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan di FKIP Uhamka https://pbio.uhamka.ac.id/ atau di Instagram https://www.instagram.com/biohamka/. Ada banyak potensi beasiswa dikampus FKIP UHAMKA seperti beasiswa berprestasi, beasiswa KIP, KJP, Beasisswa Cerdas, Beasisswa Merdeka dan banyak beasisswa menarik lainnya. 

Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/   atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

Penulis: Husnin

Editor: Leni Marlena

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023