FKIP UHAMKA

Guidance and Counseling Festival IV (GCF IV)

Guidance and Counseling Festival IV yang diadakan secara Online merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa BK Bidang II Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Mahasiswa (PASDM) 2020-2021. Kegiatan ini bertujuan untuk mendukung atau memfasilitasi terciptanya karakter generasi milenial muda bangsa, mewadahi bakat dan minat Mahasiswa Aktif BK FKIP UHAMKA, Mahasiswa Umum seluruh Program Studi, serta Pelajar SLTA Sederajat Sejabodetabek sehingga dapat tersalurkan dengan mengikuti perlombaan yang diadakan oleh HIMA BK FKIP UHAMKA, bertambahnya softskill dan pengetahuan yang dimiliki Mahasiswa Aktif BK FKIP UHAMKA, Mahasiswa Umum seluruh Program Studi, dan Pelajar SLTA Sederajat Sejabodetabek, menarik minat Pelajar SLTA Sederajat Sejabodetabek untuk mengenal Program Studi Bimbingan dan Konseling.

Pada Kegiatan Guidance and Counseling Festival IV Online kali ini diketuai oleh Seorang Mahasiswi yaitu Zulfah Aulia Rahmah.  “Saya sebagai ketua pelaksana GCF IV tentu saja saya sangat senang karena saya dapat dipercaya oleh teman-teman pengurus HIMA BK, saya banyak mendapatkan pengalaman yang baru dan menjadi ketua pelaksana sangat bermanfaat terutama untuk diri sendiri. Karena beragam karakter seseorang saya temukan di sini, suka dan duka pasti selalu ada didalam suatu organisasi. Bisa bekerja sama dalam kepanitiaan dengan orang-orang hebat meruapakan suatu kebanggaan bagi saya sendiri.” Ujar Zulfah.

Kegiatan Guidance and Counseling Festival IV Online ini merupakan acara perlombaan dan Talkshow. Kegiatan ini diawali dengan perlombaan yang diadakan selama 21 hari. Perlombaan tersebut diisi dengan berbagai macam lomba dianataranya :

  • Lomba Esai Nasional
  • Lomba Papan Bimbingan
  • Lomba Poster
  • Lomba Animasi

Pembukaan pendaftaran lomba pada hari Kamis, 18 Maret 2021 pukul 13.00 WIB, dengan menyebarkan pamflet perlombaan di media sosial. Dalam kegiatan Guidance and Counseling Festival IV tidak hanya perlombaan, akan tetapi terdapat acara Talkshow yang diadakan selama satu hari yaitu pada hari Kamis, 8 April 2021 Via Zoom Meeting dengan bertemakan Mental Block di Masa Pandemi Covid 19. Pada Talkshow kali ini, peserta berjumlah 152 orang yang terdiri dari berbagai Instansi yang berbeda.

Pada hari Jum’at, 26 Maret 2021 sampai dengan hari Sabtu, 3 April 2021 peserta mengunggah karyanya di media sosial (Instagram dan Youtube) serta ada beberapa peserta yang sudah mengunggah dan mengirimkan hasil karyanya. Pada hari Sabtu, 3 April 2021 peserta mengirimkan hasil karya lomba kepada penanggungjawab lomba. Lomba esai nasional, lomba papan bimbingan dan lomba poster melalui Email serta lomba animasi dengan mengirimkan link melalui WhatsApp. Pada hari Minggu, 4 April 2021 sampai dengan hari Rabu, 7 April 2021 saatnya penjurian hasil karya peserta lomba. Juri mulai menilai hasil karya dari masing-masing peserta lomba yang telah dikirimkan oleh penanggungjawab lomba kepada juri. Pengumuman pemenang setiap perlombaan yaitu lomba esai nasional, lomba papan bimbingan, lomba poster, dan lomba animasi diumumkan saat pelaksanaan Talkshow pada hari Kamis, 8 April 2021.

Pada acara Talkshow diisi oleh beberapa pemateri diantaranya, pemateri 1 yaity Dr. Titik Haryati, M.Pd dimoderatori oleh Fatma Nofriza, S.Pd., M.Si. Pemateri 2 yang seharusnya Dr. H. Bima Arya S, S.Hum., M.A akan tetapi dikarenakan beliau berhalangan hadir karena sedang ada agenda lain, yaitu menjalani Check-Up ke Rumah Sakit dakhirnya digantikan oleh Fatma Nofriza, S.Pd., M.Si dan dimoderatori oleh Dinsya Arifa. Dan yang terakhir pemaparan materi oleh Sherly Annavita Rahmi, S.Sos., MSIPh yang dimoderatori oleh Dinsya Arifa. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman pemenang perlombaan Guidance and Counseling Festival IV pukul 16.30 s.d 17.00 WIB yang dipandu oleh MC yaitu Bulan Hijriati Wahyudi dan Adellya Amartia Puspita. Pada saat pengumuman pemenang perlombaan, MC menyebutkan Juara 3, Juara 2 dan Juara 1 dengan menampilkan hasil karyanya serta menyebutkan hasil skor yang diperolehnya guna memeriahkan acara Guidance and Counseling Festival IV.

Dalam pelaksanaan kegiatan tentunya terjadi kesulitan dan kendala. Maka dari itu, perlunya kesiapan dalam memperkirakan kesulitan di lapangan agar mampu mengatasinya dengan tepat. Koordinasi yang kuat serta evaluasi yang baik akan membantu pelaksanaan kegiatan berjalan dengan baik. “Kami berharap kegiatan Guidance and Counseling Festival IV Online yang telah terlaksana ini dapat memberikan manfaat, menjadi pelajaran serta gambaran untuk pelaksana kegiatan di kepengurusan Himpunan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling periode selanjutnya. Semoga kegiatan yang akan dilaksanakan ke depannya dapat berjalan dengan lancar, lebih baik, dan sukses. Aamiin.” Ujar Biffa selaku Ketua HIMA BK.

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA