FKIP UHAMKA

HIMABIO FKIP UHAMKA Ajak Kaum Milenial Lindungi Bumi dengan Pengembangan Biodegradable

Seperti kita ketahui bahwa plastik merupakan bahan yang sulit terurai secara alamiah, bayangkan saja butuh waktu ratusan tahun hingga plastik itu dapat terurai di alam. Oleh sebab itu, program studi pendidikan biologi Uhamka melalui Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) mengadakan workshop online dengan tema “pengembangan plastik biodegradable dalam menjaga lingkungan dan bumi” sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan.  

Sebagai pembicara Suci Lestari, M.Pd dosen Prodi Biologi Uhamka yang membahas tenang “Keterkaitan Biologi dengan Lingkungan dan Bioplastik”, Dinni Septianingrum dikenal sebagai socioprenur Co-Founder Seasolider yang memberikan Motivasi dan Inspirasi Untuk Milenial Menjaga Lingkungan dan Kampanye Diet Plastik serta Eka Kartikawati M.Pd. medemonstrasikan cara pembuatan bioplastik dari pati jagung. Kegiatan workshop yang telah dilakukan pada 27 Maret 2021 ini berlangsung secara Online melalui Zoom dan youtube pukul 08.08 s.d. Selesai. 

Sambutan Ka.Prodi Dra. Maryanti Setyaningsih, M.Si., menegaskan pentingnya kegiatan ini untuk membekali kaum milenial agar semakin peduli terhadap lingkungan, salah satunya dengan cara mengurangi penggunaan plastik sintetis dan menggantinya dengan bioplastik. Selanjutnya dalam penyampaian materi pertama, Suci menjelaskan “pemanfaaatan bioteknologi dalam bidang lingkungan yaitu dapat merestorasi lingkungan yang tercemar serta meningkatkan kualitas lingkungan. Bioteknologi memanfaatkan mikroorganime dalam pengolahan limbah atau permasalahan lingkungan yang lain dikarenakan penggunaan mikroorganisme ini dinilai lebih alami dan tidak menimbulkan dampak yang berbahaya dibandingkan menggunakan bahan kimia atau sintetis” ujar Suci. Sedangkan Dinni mengajak kita semua untuk  “diet” plastik yang dalam akhir pembicaraanya mengatakan “menolong lingkungan sama dengan mempertahankan kehidupan”

Di akhir workshop, demonstrasi pembuatan bioplastik dipandu oleh Eka, pembuatan bioplastik sangat mudah dan semua bahan sudah tersedia dirumah diantaranya tepung meizena, gliserin, cuka dan air. “Semua bahan diaduk lalu dipanaskan, setelah itu dijemur 3-4 hari, jadi deh. Kalau mau lebih jelas silakan simak di channel youtube saya yaa, hehe” pungkas Eka sambil mempromosikan channel youtubenya.

 

Kuliah? UHAMKA aja, tinggal klik tinggal klik uhamka.ac.id/reg dari rumah.

Program Studi Pendidikan Biologi. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Integrity, Trust, Compassion. 

Bidang Akademik dan Kerjasama

KKNDik MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DI FKIP UHAMKA

Jakarta, 30 Januari 2023, FKIP UHAMKA bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam kegiatan KKNdik Terintegrasi Luar Jateng dan DIY, adapun jumlah mahasiswa UMS yang datang ke FKIP UHAMKA berjumlah 79