FKIP UHAMKA

Hobi dan Prestasi: Perjalanan Mianzhalli menjadi Atlet Tapak Suci Hingga Mendapatkan Beasiswa dari UHAMKA.

Hallo Hamka Muda! Sebagai generasi hamka muda, tentunya kita harus menorehkan prestasi sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan agama, keluarga, almamater dan negara. Dengan prestasi yang kita torehkan, kesuksesan akan datang menghampiri kita. Seperti Mianzhalli, salah satu mahasiswi pendidikan matematika yang meraih banyak prestasi, dan mendapatkan beasiswa dari UHAMKA hingga lulus Kuliah. Yuk, simak perjalanan Mianzhalli menjadi Atlet Tapak Suci, Hingga Mendapat Beasiswa dari UHAMKA hingga lulus. 

Saya Mianzhalli Tri Yunitha, mahasiswa akhir prodi pendidikan matematika, FKIP UHAMKA. Kebetulan di kampus saya mengikuti kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tapak Suci UHAMKA. Awal saya bisa mengikuti Tapak Suci UHAMKA karena hobi saya yang sudah saya tekuni sejak tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga saat ini dalam dunia pencak silat. Dari mengikuti kegiatan ini, saya mendapatkan manfaat dan benefit yang sangat mempengaruhi kehidupan saya. Fyi, dalam pencak silat terutama tapak suci ada bermacam-macam kategori untuk dipelajari, seperti halnya kategori tanding, kategori seni (Tunggal, Ganda, Regu), dan festival. Kalau saya dalam dunia persilatan ini konsentrasinya semenjak di UHAMKA yaitu lebih ke tanding, seni beregu dan festival.

Alhamdulillah selama saya di UHAMKA, saya telah memperoleh beberapa juara dari beberapa kejuaraan lomba, yaitu :

  1. Juara 1 kategori beregu putri dewasa kejuaraan SWN Championship 5 tingkat nasional tahun 2018
  2. Juara 1 kategori tanding kelas B YKTC tingkat nasional tahun 2019
  3. Juara 2 kategori beregu putri dewasa YKTC tingkat nasional tahun 2019
  4. Juara 1 kategori tanding kelas A Pakubumi Open VIII tingkat internasional tahun 2020
  5. Pesilat terbaik putri dalam kejuaraan Pakubumi Open VIII tahun 2020
  6. Juara 1 kategori beregu putri dewasa Live Virtual Competition nasional tahun 2021

Alhamdulillah selama saya mengikuti kegiatan tersebut, perkuliahan saya tidak terganggu dan menjadi belajar dalam manage waktu untuk menyeimbangkan kewajiban untuk kuliah dan hobi saya. Dalam hal ini dapat terbukti dari perolehan IPK yang naik dan tetap seimbang.

Ketika saya mendapatkan beberapa juara tersebut, tidak cukup sampai disitu. Saya mendapatkan beasiswa prestasi non-akademik dari Universitas selama perkuliahan. Yang dimana setiap perolehan juara yang diperoleh, dapat diajukan untuk peringanan biaya kuliah per semesternya. Jadi, ketika mendapatkan 1 juara maka akan free bayaran dalam satu semester. Beasiswa yang saya peroleh yaitu potongan bayaran BOP 100% dan potongan bayaran SKS sejumlah 18 SKS. 

Awalnya saya tidak menduga akan mendapatkan beasiswa tersebut ketika saya tidak mengajukannya. Akan tetapi, banyak sekali benefit yang didapat ketika kita menjalankan suatu hobi kita, entah itu manfaat untuk tubuh kita, pikiran kita, jasmani ataupun rohani kita, atau bonusnya kita dapat meringankan beban orang tua ketika kita menjalankannya dengan ikhlas, senang, selalu melibatkan Allah swt. dalam semua kegiatan yang kita jalani serta menyeimbangkan suatu kewajiban selama perkuliahan dan hobi, penuh dengan target dan ambisi. 

Begitulah cerita pengalaman Mianzhalli dalam meraih prestasinya dan mendapatkan Beasiswa hingga lulus kuliah. Kisah tersebut dapat menjadi inspirasi

 kita, untuk terus mengembangkan kemampuan dalam diri terutama hobi yang dapat kita asah untuk  sebuah prestasi dan kesuksesan. Mari, bergabung di UHAMKA, raih prestasi dan dapatkan Beasiswa hingga lulus kuliah!

Daftarkan diri Anda segera mungkin untuk menjadi calon mahasiswa baru di Uhamka dengan penawaran program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau https://linktr.ee/uhamka untuk dapat mengetahui seluruh program studi di Uhamka dan dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka untuk 12 Program Studi unggulan di FKIP Uhamka

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA