FKIP UHAMKA

Izza Rohman; FKIP Uhamka Konsisten Laksanakan S3 Gratis setiap Pekannya

Fakulitas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan FKIP Uhamka mengadakan kuliah S3 (Sabtu Selepas Subuh) berjamaah pada asabtu pagi seri ke-133  yang mengangkat tema Muhammadiya dalam Gerakan Tarbiyah di Indonesia. Kegiatan ini dipimpin oleh Ai Fatiham Nur Fuad sebagai Narasumber dalam kegiatan kajian kali ini (10/07).

Kegiatan kajian ini dimulai pada pukul 06.30 tepat pagi hari setelah subuh. Kajian diadakan secara daring online via aplikasi zoom meeting dikarenakan pengetatan PPKM dan WFH dalam mencegah penyebaran Covid-19. Kajian ini dihadiri oleh dosen maupun tenaga pendidik dilingkungan Uhamka khususnya FKIP. 

Fatimah selaku narasumber memberikan materi kepada partisipan mengenai penjelasan gerakan tarbiyah al islamiyah yang berhubungan dengan kegiatan Muhammadiyah di Indonesia dan sejarahnya dalam pengembangan pendidikan dan politik di Indonesia.

Tarbiyah merupakan kegiatan dalam Islam yang pertama kali muncul tahun 1983. Namun banyak para ahli yang berpendapat bahwa gerakan tarbiyah pertama kali muncul pada tahun 1968 namun masih memfokuskan kegiatan di kampus kampus umum. Kemudian, pada tahun 1998 kegiatan tarbiyah ikut berpartisipasi dalam reformasi politik indonesia dengan dibentuknya Partai Keadilan yang pada 2004 menjadi Partai Keadilan Sejahtera atau PKS.

Gerakan Tarbiyah Sendiri berasal dari Mesir yang berbasis pada organisasi Ikhwanul Muslimin yang didukung oleh gerakan yang berasal dari DDII (Dewan Dakwah Islamiyah Indonesia) dan Partai Masyumi. Seperti yang dikatakan Ai Fatimah bahwa “Saya Mewawancarai Kader Pemimpin PKS pada 2014 bahwa Gerakan Tarbiyah itu merupakan kombinasi dari Ikwanul Muslimin di Mesir dan konvergensi dari Masyumi dan Gerakan NU dan Muhammadiyah dalam pembentukan gerakannya.” Ujarnya.

Tarbiyah sendiri digolongkan menjadi 2 kategori yaitu Otoritas Lama yang berbasis pada pengetahuan agama dan penafsiran keislaman dan Otoritas Baru yang lebih condong ke pengetahuan umum yang diikuti oleh pengetahuan agama yang lebih fokus ke modern. Ai Fatimah sendiri merupakan perwakilan gerakan tarbiyah di ISEAN. Karakteristik Tarbiyah adalah Nizamul Usrah atau sistem kekeluargaan dalam tarbiyah dan Liqqoh atau pengajian mingguan.

Melalui kajian sabtu pagi ini yang diadakan oleh FKIP Uhamka, diharapkan dapat menambah wawasan keagamaan sehingga dapat menghasilkan muslimin yang tidak hanya berpengetahuan luas di bidang umum, sains dan kreativitas tetapi juga berpengetahuan luas dalam bidang dan pemikiran pemikiran keagamaan. Sehingga dapat menghasilkan individu masyarakat yang berkemajuan dalam pengetahuan umum juga agama dan menjadikan kita sebagai muslimin yang sukses di dunia dan juga mulia diakhirat.

Izza Rohman selaku Wakil Dekan IV FKIP Uhamka sekaligus yang bertanggungjawab akan kegiatan ini menuturkan, “kegiatan ini sudah berlangsung sangat lama dan kini sudah memasuki  seri ke-133 yang berlangsung setiap pekannya pada hari Sabtu. Kegiatan ini dapat diikuti oleh siapapun secara gratis sebagai bentuk meningkatkan keilmuan di lingkungan Uhamka khususnya FKIP Uhamka dan di isi oleh narasumber maupun materi pembahasan yang berbeda di setiap pekannya” ujarnya

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA