“Kemeriahan Haru Matsuri ke-16 Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA

Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (PBJ) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka) adalah Program Studi yang menghasilkan lulusan unggul di tingkat nasional dan Internasional, mampu mengembangkan kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial, serta memiliki kompetensi dalam ilmu pendidikan dan pengajaran Bahasa Jepang.

Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka telah menggelar Haru Matsuri ke-16 dengan tema “Tanoshii Taiken o Shimashou”. Haru Matsuri sendiri adalah sebuah acara yang ditujukan sebagai wadah pembelajar bahasa jepang baik di tingkat menengah maupun masyarakat umum untuk mengukur kemampuan berbahasa jepang. Haru Matsuri atau yang dikenal dengan istilah festival musim semi biasa diselenggarakan pada saat Musim Semi di Jepang sedang berlangsung sepanjang bulan Maret s.d Mei.

Program yang telah diadakan selama 16 kali ini diikuti oleh 235 peserta se-Indonesia. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini dimulai pada tanggal (21/5) dan berakhir pada (28/5). Haru Matsuri 16 kali ini menyuguhkan berbagai macam perlombaan, penampilan, webinar, hingga charity.

 

Perlombaan Haru Matsuri ke 16 kali ini dilaksanakan secara offline dan online. Untuk perlombaan akademik diadakan secara offline dan untuk perlombaan non akademik diadakan secara online

Pada hari pertama diisi dengan perlombaan akademik yang diadakan secara offline di Kampus B FKIP Uhamka. Adapun perlombaan akademik terdiri dari; rodoku, kanji, supiichi sma, supiichi umum, dan cerdas cermat. Sementara untuk perlombaan yang dilaksanakan secara online yaitu,  fanart, karaoke dan cosplay. Perlombaan ini diikuti oleh pelajar, mahasiswa dan umum.

Haru Matsuri tidak hanya sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan kemampuan di bidang bahasa tetapi juga sebagai sarana untuk berbagi kasih dan peduli terhadap sesama dengan anak-anak di panti asuhan. Charity, merupakan kegiatan amal dengan memberi bantuan berupa santunan, peralatan sholat dan juga sembako kepada anak-anak yatim di panti asuhan. Tempat tujuan Charity Haru Matsuri tahun ini yaitu Panti Asuhan Keluarga Muhammadiyah Aisyiyah Rawamangun di Jakarta Timur.

Pada hari kedua, tanggal (28/5), merupakan saat untuk mengumumkan pemenang lomba, tidak hanya pengumuman pemenang lomba tetapi ada penampilan juga dari Seiyuuki Yosakoi, Jakarta Keion Club, dan juga ada seminar dengan pemateri yang sangat luar biasa. 

Di akhir acara ditutup dengan tarian Bon Odori. Bon Odori adalah salah satu tari tradisional Jepang, yang gerakannya adalah 2 lapis lingkaran penari yang saling berhubungan, musik yang dipakai dalam Bon Odori merupakan campuran dari lagu tradisional Jepang dan lagu modern.

Penutupan Haru Matsuri 16 kali ini sangat meriah karena para peserta yang hadir ikut menari bersama dengan panitia lainnya. Para peserta sangat mengapresiasikan acara ini. 

Tunggu apalagi? Mari bergabung menjadi mahasiswa FKIP Uhamka!

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Info Pendaftaran dapat diakses di https://linktr.ee/fkipuhamka.

 

Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka.

 

Penulis : Nia

Editor : HNY

Leave a Reply

4 + two =