FKIP UHAMKA

KKN Dik Terintegrasi PLP 2 Pendidikan Matematika FKIP Uhamka

Kamis, 27 Januari 2022, Pendidikan Matematika FKIP Uhamka melaksanakan Pembekalan dan Pelepasan KKN Dik Terintegrasi PLP 2. Uhamka sebagai perguruan tinggi Muhammadiyah memiliki Catur Dharma yang harus dilaksanakan oleh seluruh stakeholdernya.  Catur Dharma PT Muhammadiyah terdiri dari: Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Dengan demikian kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan implementasi dari Dharma Perguruan Tinggi yang ke-4. KKN Dik yang dilaksanakan oleh mahasiswa program studi Pendidikan Matematika  merupakan  bagian dari program pengabdian kepada masyarakat  yang dituangkan dalam bentuk sistem kredit semester (sks).  

Program KKN Dik tahun 2022 berlangsung dengan adaptasi kebiasaan baru dan memperhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya. Program KKN Dik dari Kemdikbudristek ini berfokus pada penanganan bidang pendidikan yaitu terkait literasi dan numerasi, dan bidang kesehatan yaitu tentang penanggulangan COVID-19 di masyarakat. KKN Dik ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama antara mahasiswa, perguruan tinggi, masyarakat, dan pemerintah dalam upaya penanggulangan COVID-19. Mahasiswa sebagai agen perubahan di masyarakat diharapkan dengan adanya KKN Dik dapat membantu pemerintah untuk mewujudkan masyarakat dengan kehidupan yang tetap produktif dan memiliki rasa aman dalam menghadapi pandemi. 

Pada program studi Pendidikan Matematika, kegiatan KKN Dik ini diintegrasikan dengan kegiatan PLP (Pengenalan Lapangan Persekolahan) 2. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung kegiatan MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Selain itu, memang kedua kegiatan tersebut sama – sama merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh mahasiswa semester 7. Kedua kegiatan ini pun dilakukan pada waktu yang hampir bersamaan. Sehingga dengan demikian kebijakan yang diambil oleh Prodi Pendidikan Matematika menjadikan kedua kegiatan tersebut terintegrasi di lokasi yang sama.

Salah satu tujuan dari dilaksanakannya kegiatan PLP 2 adalah mengimplementasikan ilmu yang sudah diperoleh selama perkuliahan. Wakil Dekan 2 FKIP Uhamka, Samsul Ma’arif, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pengalaman di lapangan dapat mematangkan keilmuan yang sudah diperoleh. ”Kecakapan dalam mengajar dapat terbentuk dengan semakin banyaknya pengalaman mengajar”, tuturnya.

Kegiatan KKN Dik terintegrasi PLP 2 Pendidikan Matematika Uhamka dilakukan di tiga desa di Kecamatan Leuwiliang, yaitu di Desa Puraseda, Desa Purasari, dan Desa Karyasari. Sekolah – sekolah yang menjadi tujuan PLP 2 Pendidikan Matematika Uhamka yaitu SMP ISLAM ARRIYADUL HUDA, SMP 1 ATAP, MTS MULTIMEDIA, MTS DARUL IKHSAN, SMK MULTIMEDIA, MTS AL FATONIYAH, SMK AL HAFIDZ, MTS AL-FALAHIYAH, SMA MUHAMMADIYAH PURASEDA, SMP ISLAM ASYIDIQIYAH, SMP TANJUNG SARI 2, MTS AS-SAADAH, SMK 1 ATAP, SMP ISLAM IBNU AKHIL, MA AL FALAHIYAH, dan SMP MUHAMMADIYAH PURASEDA

Meyta Dwi Kurniasih, selaku Kaprodi Pendidikan Matematika UHAMKA dan Hikmatul Husna, selaku Koordinator KNN, mengingatkan kepada para mahasiswa agar selalu memperhatikan protokol kesehatan selama pelaksanaan KKN nanti. Melalui KKN Dik Terintegrasi PLP 2 tahun 2022 ini, Pendidikan Matematika Uhamka ingin turut serta dalam meningkatkan kualitas literasi dan numerasi masyarakat Desa Purasari, Desa Puraseda, dan Desa Karyasari dalam bidang pendidikan matematika dan bidang kesehatan dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka . Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka  atau mengecek Program Studi Unggulan di FKIP Uhamka bisa melalui https://linktr.ee/pbsiuhamka CP. 081296927262

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023