Mahasiswa PBJ UHAMKA Lolos Program MBKM Studi Independen Kemdikbudristek

Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP UHAMKA kembali menerima kabar yang membanggakan dari mahasiswanya yang bernama Tamara Mai Salsabila, Nanda Aliyya Nisya, dan Dela Ayu Tri Wahyuni, yang saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana di Pendidikan Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka. Dirinya menjadi mahasiswa yang meraih prestasi di bidang akademik, yaitu program MBKM Studi Independen yang diselenggarakan oleh Kemdikbudristek.

Ketiganya lolos dalam salah satu program MBKM dari Kemdikbudristek yaitu Studi Independen di PT. Binar Academy. Program MBKM studi independen Kemdikbudristek merupakan salah satu program dari kampus merdeka yang diperuntukan untuk mahasiswa yang ingin belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. 

Program MBKM studi independen yang diraih oleh Tamara, Nanda, dan Dela adalah program yang diambil di PT. Lentera Bangsa Benderang atau Binar Academy. Nantinya, yang akan dipelajari oleh dirinya dalam program MBKM ini secara garis besar adalah mengenai product management, pemrograman, customer journey, dan proses bisnis dalam perusahaan. 

Tamara menjelaskan mengenai proses yang dilakukan oleh dirinya sejak awal ditawarkan oleh Kaprodi Prodi PBJ UHAMKA, yaitu Rita Agustina Karnawati, M.Pd. sampai dengan informasi mengenai diterimanya dirinya di program studi independen ini. 

“Proses awalnya itu, mendaftar akun terlebih dahulu ke website kampus merdeka lalu melengkapi profil kemudian mencari perusahaan yang ingin dituju. Setelah itu, menyiapkan berkas seperti cv, surat rekomendasi dari kampus, sertifikat, dan transkrip nilai. Kemudian, daftar perusahaan yang dituju, mengikuti tes, dan menunggu hasilnya diterima atau tidak,” Jelas Tamara.

Pada saat mereka mengetahui bahwa telah diterima untuk mengikuti program MBKM studi independen ini, mereka mengaku sangat senang dan bersyukur. Karena dengan mengikuti program MBKM studi independen Kemdikbudristek ini dapat mempelajari ilmu yang baru dan dapat mengembangkan diri secara maksimal. 

Dari hal ini dapat diketahui bahwa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka sangat mendukung untuk seluruh mahasiswanya ikut serta dalam seluruh program baik yang diselenggarakan oleh pemerintah atau dari pihak universitas yang dapat mengembangkan diri dan meraih prestasi dalam bidang akademik dan non akademik. 

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka  Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka atau langsung mengakses instagram Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang melalui akun @bahasajepanguhamka atau bisa klik https://www.instagram.com/bahasajepanguhamka/?hl=id.