FKIP UHAMKA

Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang adakan Pagelaran Drama Terimplementasi dengan Mata Kuliah Nihon Bungaku

 

Salah satu mata kuliah yang mengampu pengajaran sastra di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka adalah Nihon Bungaku. Sejak 2016, Prodi PBJ Uhamka aktif mengadakan pagelaran drama sebagai bentuk implementasi pengajaran sastra pada mata kuliah Nihon Bungaku yang dilakukan oleh mahasiswa yang mengambil mata kuliah tersebut. Biasanya, mata kuliah Nihon Bungaku ini dapat diambil oleh mahasiswa saat memasuki perkuliahan semester 5.

 

Tahun ini, luaran yang dihasilkan mata kuliah Nihon Bungaku adalah apresiasi drama pada karya sastra modern berjudul Kimi No Nawa karya Makoto Shinkai yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa semester 5 Prodi PBJ Uhamka dengan dosen pengampunya ialah Ayu Putri Seruni, M.Pd. 

 

Mahasiswa semester 5 bersama-sama membuat sebuah pagelaran drama dengan membagi tugas, seperti sutradara, pemain, tim wardrobe, tim perlengkapan dan teknis, dan lain-lainnya. Hal ini dimaksudkan agar mahasiswa dapat memahami secara langsung seperti apa pemaknaan sebuah karya sastra yang sebelumnya telah mereka pelajari di mata kuliah Nihon Bungaku tersebut. Serta dengan melakukan kolaborasi dan kerja sama tim, mahasiswa dapat memperoleh soft skill yang mereka kembangkan dan menjadi sebuah pengalaman baru bagi diri mereka. 

 

Pagelaran drama ini dilakukan pada tanggal 30 Januari 2022, dengan dihadiri oleh Dekan FKIP Uhamka, Dr. Desvian Bandarsyah, M.Pd., dan Wakil Dekan III, Hari Naredi, M.Pd., serta seluruh dosen Prodi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka. Kegiatan ini dilakukan secara hybrid, yaitu dilaksanakan secara offline di Aula Ahmad Dahlan FKIP Uhamka yang dihadiri secara terbatas untuk mahasiswa aktif yang menyaksikan secara langsung, dan yang lainnya dilakukan secara online melalui live youtube.

 

Tentunya kegiatan yang dilaksanakan secara offline dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan yang ketat dan pembatasan jumlah yang hadir untuk mencegah adanya kerumunan berlebihan.

 

Pagelaran drama Kimi No Nawa ini berlangsung mulai dari jam 9 pagi sampai dengan jam 12 siang. Diawali dengan pembuka kegiatan, yaitu sambutan oleh Rita Agustina Karnawati, M.Pd selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang FKIP Uhamka dan dibuka oleh Pak Dekan FKIP Uhamka, Desvian Bandarsyah, M.Pd. Hingga di akhir acara ditutup dengan apresiasi yang diberikan oleh Wadek III FKIP Uhamka, Hari Naredi, M.Pd.

 

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/ atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa” atau https://linktr.ee/uhamka  Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka atau langsung mengakses instagram Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang melalui akun @bahasajepanguhamka atau bisa klik https://www.instagram.com/bahasajepanguhamka/?hl=id.

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023