FKIP UHAMKA

Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA Mengenal Biji Lerak akan Berjuta Manfaatnya

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka Kampus Terakreditasi A (Unggul) dan Kampus Islami Terbaik se Indonesia. UHAMKA terletak di lokasi yang strategis yaitu di kampus Pasar Rebo, Kebayoran Baru, Klender dan Ciledug. Pendidikan Biologi merupakan salah satu program studi yang mencetak guru-guru professional, peneliti muda dan entrepreneur berbakat di bidangnya. 

Himpunan Mahasisswa Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA menyelenggarakan Webinar TENTAKEL (The Utility of Green Life Style Thru Using Lerak Seeds as an Environmentally Pleasant Herbal Soap). Apakah itu sabun lerak, apakah itu pencemaran air dan bagaimanakah keadaan lingkungan saat ini??

Narasumber pada Webinar TENTAKEL ini adalah Ibu Arfiana Mualina merupakan pendiri Watery Nation Content Creator. Pencemaran air adalah pemasukan detergent, zat-zat yang membahayakan yang dapat menurunkan kualitas perairan karena sehingga menyebabkan pencemaran di sungai, laut dan seperti menurunnya kadar oksigen, dan mengganggu kehidupan mikroorganisme yang ada di perairan. Salah satu penyebab utama berasal dari rumah tangga yakni penggunaan detergent ujar Arfiana. 

Salah satu solusi alternatif dari detergent alami ini adalah pemanfaatan buah lerak. Lerak/ rarak merupakan salah satu tanaman pohon yang hidup di Indonesia mengandung saponin (suatu alkaloid beracun) dan biasanya dapat digunakan sebagai insektisida.Lerak merupakan buah lokal yang unik.

Lerak biasa dapat dimanfaatkan untuk mencuci pakaian batik maupun pakian sehari-hari; dapat digunakan untuk mencuci piring, gelas dan peralatan makan. Manfaat lerak lainnya adalah dapat berfungsi sebagai lotion anti nyamuk, anti jerawat dan memperindah rambut (manfaat ini masih harus butuh kajian lanjutan). Lerak ini masih sedikit digunakan di masyarakat kita. Jadi lerak ini sangat bermanfaat untuk pengganti sabun yang sintesis saat sekarang ini dan juga sangat ramah lingkungan. 

Dengan tagline pada webinar kali ini sayangi lingkungan, ubah kebiasaan. Mengingatkan kita bahwasannya menjaga lingkungan sangat penting, sekecil apapun usaha kita dalam mengupayakan agar lingkungan tetap bersih akan terasa ketika usaha tersebut berhasil kita terapkan, tak lupa sayangi lingkungan yang ada disekitar kita, serta merubah kebiasaan buruk kita terhadap lingkungan karena sekecil apapun aksi kita terhadap lingkungan Insya Allah akan mendapatkan sejuta kemanfaatan yang berharga.

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Silahkan mengecek Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan di FKIP Uhamka https://pbio.uhamka.ac.id/ atau di Instagram https://www.instagram.com/biohamka/. Atau +62 881-0241-37317. Ada banyak potensi beasiswa dikampus FKIP UHAMKA seperti beasiswa berprestasi, beasiswa KIP, KJP, Beasisswa Cerdas, Beasisswa Merdeka dan banyak beasisswa menarik lainnya. 

Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/   atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa”, https://bit.ly/FKIPUhamka atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

Penulis: HNY

Editor: AL

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023