FKIP UHAMKA

Mengenal Tradisi “Maulidan” Bersama FKIP UHAMKA

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka adalah Kampus Islami terbaik di Indonesia dan terakreditasi Unggul. UHAMKA terletak di lokasi yang strategis yaitu di kampus Pasar Rebo, Kebayoran Baru, Klender dan Ciledug. Pendidikan Biologi merupakan salah satu program studi yang mencetak guru-guru profesional, peneliti muda dan entrepreneur berbakat di bidangnya. 

FKIP UHAMKA melaksanakan kuliah S3 Berjaaamah dengan mengusung tema “Maulidan” pada Sabtu (2/7/22). Maulidan adalah waktu kelahiran Rasulullah, maulud: bayi yang dilahirkan, milad waktu kelahiran. Tradisi ini diawali pada khalifah Muiz li Dinillah di dinasti Fathimiyah di Mesir. Ini bukan lah bagian dari tradisi Islam tetapi lebih untuk menimbulkan ghirah dalam beragama.

Beberapa tradisi maulid di Indonesia adalah Grebeg Maulud, Kirab Ampyang, Muludhen, Walima dan lain-lain. Tradisi maulid ini juga diawali dengan pembagian makanan, silaturahmi dan berkumpul Bersama. Maulidan bukan lah sesuatu yang bid’ah, Jika dilakukan dengan memerhatikan hal-hal dalam konteks keimanan dan ketaqwaan , ujar Purwidianto

Muhammadiyah menegaskan bahwa hukum Maulid Nabi Muhammad SAW. Termasuk dalam perkara Ijtihadiyah dan tidak ada kewajiban sekaligus tidak ada larangan untuk melaksanakannya. Jadi dalam Muhammadiyah kalau mengikuti tidak apa jika tidak mengikuti pun boleh karena pada prinsipnya semua tidak boleh berlebih-lebihan. 

Beberapa manfaat Maulidan dalam pandangan Muhammadiyah adalah:  kita mempelajari sejarah nabi (siroh nabawiyah), menimbulkan kecintaan terhadap nabi, membangkitkan semangat beragama, meningkatkan keimanan dan ketaqwaan. Sedangkan mudharatnya adalah mengandung syirik, mengandung tahayul, mengandung khurafat dan bertentangan dengan syariat Islam

Jadi maulid nabi merupakan budaya,haruslah menimbulkan kecintaan kita kepada Nabi Muhammad SAW, bagian dari syiar Islam dan meningkatkan iman dan ketaqwaan kita. 

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Silahkan mengecek Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan di FKIP Uhamka https://pbio.uhamka.ac.id/ atau di Instagram https://www.instagram.com/biohamka/. Atau +62 881-0241-37317. Ada banyak potensi beasiswa dikampus FKIP UHAMKA seperti beasiswa berprestasi, beasiswa KIP, KJP, Beasisswa Cerdas, Beasisswa Merdeka dan banyak beasisswa menarik lainnya. 

Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/   atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa”, https://bit.ly/FKIPUhamka atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

Penulis: HNY

Editor: Al

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023