FKIP UHAMKA

MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DOSEN PENDIDIKAN GEOGRAFI MELAKSANAKAN LESSON STUDY

Program Studi Pendidikan Geografi selalu berupaya untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam mengajar, salah satunya dengan meyelenggaran Lesson Study. Lesson Study merupakan suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh dosen secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya.

Pada kegiatan lesson study dosen model yaitu Bapak Drs. Budi Suhardi, DEA, dengan 9 dosen observer. Pada kegiatan lesson study dosen model menyampaikan materi secara daring dengan tema tata surya pada mata kuliah kosmografi. Hal yang menjadi catatan penting selaku dosen observer dari hasil pengamatan mengajar dosen model yaitu bagaimana menampilkan materi yang sulit terkait planet dan perbintangan dengan kuis yaitu menggunakan kahoot, aplikasi stelarium yaitu aplikasi perbintangan, sehingga dapat memicu respon positif dan antusiasme mahasiswa. Selain itu, dosen model mengimplementasikan pembacaan ilmu bintang dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal tersebut, menunjukkan bahwa dosen Pendidikan Geografi memiliki kompetensi mengajar yang baik dan menarik. Untuk para pembaca jika tertarik belajar kosmografi lebih lanjut mari Joint dengan Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA.

Bidang Akademik dan Kerjasama

Jakarta, 14 November 2022, Pimpinan FKIP UHAMKA bersama Ketua dan Sekretaris LPPM dan Lemlitbang UHAMKA, melaksanakan Koordinasi terkait Pengabdian dan Penelitian Dosen FKIP UHAMKA