FKIP UHAMKA

Metode Pengolahan Data Science Explore Menggunakan SAP Analytics Cloud

Pada era revolusi industri 4.0 merupakan era berbasis BIG Data, sehingga dapat melakukan perolehan dan pengolahan data pada data besar secara cepat, akurat, dan efisien. Salah satu aplikasi yang ditawarkan oleh ASEAN Foundation yaitu aplikasi berbasis web berupa SAP Analytic Cloud yaitu Data Science Explorers yang merupakan analisis data terkait Business Intelligence, modeling data, visualsiasi data, prediksi data, dan perencanaan. 

Pada beberpa Bulan lalu Uhamka terpilih sebagai salah satu Universitas yang menjadi institusi dilakukan workshop terkait penggunaan aplikasi tersebut oleh ASEAN Foundation dengan peserta dosen dan mahasiswa. Melihat kebermanfaatan aplikasi tersebut, maka kami berinisiasi untuk melatih lebih banyak mahasiswa dalam penggunakan aplikasi tersebut, khusunya mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia melalui dukungan Lembaga Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UHAMKA.

Workshop dilakukan pada Hari Jumat, 16 Juli 2021 dengan narasumber Siti Dahlia, M.Sc, Syarif Hidayatullah, M.Pd, dan Achmad Abimubarok, M.Pd. Kegiatan workshop membahas terkait pengenalan aplikasi SAP Analytic Cloud , melakukan modeling data, smart discovery, data explore, calculate dan input kontrol, dan visualisasi data dalam bentuk grafik, diagram, tabel, dan peta secara otomatis. 

Setelah Workshop sebagai bahan masukan kami memberikan kesempatan kepada peserta untuk menyampaikan masukan kegiatan workshop. Menurut peserta materi ini sangat mendukung mahasiswa dalam pengolahan data secara kuantitatif dan kualitatif untuk tugas akhir. Selain itu, mahasiswa merasa senang memiliki pengetahuan baru yaitu pengolahan data banyak dalam waktu cepat dan mampu di modelingkan. Hal ini tentu dapat membekali kompetensi mahasiswa selain untuk proses perkuliahan, juga bisa diterapkan ketika mereka di dunia kerja.

Bidang Akademik dan Kerjasama

KKNDik MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DI FKIP UHAMKA

Jakarta, 30 Januari 2023, FKIP UHAMKA bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam kegiatan KKNdik Terintegrasi Luar Jateng dan DIY, adapun jumlah mahasiswa UMS yang datang ke FKIP UHAMKA berjumlah 79