FKIP UHAMKA

Mudah dan Menyenangkan Menulis Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah sebagai bagian dari karya ilmiah adalah karya ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Bagi civitas akademika, menulis sebuah artikel ilmiah merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan. Materi artikel ilmiah yang akan dikerjakan tergantung pada permasalahan yang akan dibahas. Sebagian akademisi di lingkungan kampus terkadang merasa jenuh dalam menulis artikel ilmiah. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor seperti kegiatan menulis yang repetitif, kehilangan fokus, memiliki kesibukan lain dan sebagainya.

Galeri lainya

Sejalan dengan hal ini, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) mengadakan webinar dengan tema “Mudah dan Menyenangkan Menulis Artikel Ilmiah”. Webinar ini dilakukan pada Sabtu 20 Juni 2020 melalui aplikasi conference Zoom Meeting. Webinar ini diikuti oleh peserta dari mahasiswa PG PAUD FKIP UHAMKA yaitu semester VI dan VIII dengan jumlah peserta yang mencapai 46 peserta keseluruhan. Kegiatan ini dipandu oleh moderator Ibu Latipah Hasanah, M. Pd dan narasumber Ibu Silvie Mil, SE., M. Pd selaku Dosen PG PAUD FKIP UHAMKA.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh  Dr. Desvian Bandarsyah, M. Pd selaku Dekan FKIP UHAMKA, kemudian dilanjut dengan pembukaan dari Ibu Amelia Vinayastri S. Psi., M. Pd selaku KAPRODI PG PAUD FKIP UHAMKA. Selanjutnya pengantar pembukaan yang dilakukan oleh moderator hingga sampai pada penyampaian materi oleh narasumber webinar. Dalam akhir sesi, terdapat ptraktik dan pemaparan salah satu mahasiswi PG PAUD FKIP UHAMKA.

Materi yang disampaikan berupa pembahasan mengenai asyiknya menulis suatu artikel ilmiah, yang didalamnya membahas mulai dari kerangka jurnal ilmiah. Pemilihan judul artikel yang sesuai dan baik, identitas penulis, abstrak, pendahuluan, kajian pustaka, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, acknowledgent, serta referensi yang sesuai berdasarkan sistematika penulisan artikel ilmiah yang baik dan benar.

 

Kuliah? UHAMKA aja, tinggal klik tinggal klik uhamka.ac.id/reg dari rumah.

Bidang Akademik dan Kerjasama

KKNDik MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA DI FKIP UHAMKA

Jakarta, 30 Januari 2023, FKIP UHAMKA bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Surakarta, dalam kegiatan KKNdik Terintegrasi Luar Jateng dan DIY, adapun jumlah mahasiswa UMS yang datang ke FKIP UHAMKA berjumlah 79