FKIP UHAMKA

Mudahnya Memahami Materi Praktikum Struktur Tumbuhan di Alam Bersama Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA

Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA merupakan Program Studi Terakreditasi A di kampus Islami terbaik di Indonesia dengan akreditasi kampus Unggul. Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA merupakan prodi yang dapat mencetak guru-guru profesional, peneliti muda, dan entrepreneur muda berbakat.



Rabu (29/6/2022) Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP UHAMKA Semester 2 mengadakan Praktikum Lapangan pada Matakuliah  Struktur Tumbuhan  dan Avertebrata  di Telaga Warna Puncak Bogor. Taman Wisata Alam (TWA) Telaga Warna mempunyai luas 5 Ha yang ditetapkan berdasarkan S.K Menteri Pertanian Tanggal 9 Juni 1981 No. 481/Kpts/UM/6/81. TWA Telaga Warna merupakan kawasan konservasi yang dimanfaatkan untuk tujuan wisata alam dan penelitian. 

Menurut administrasi pemerintahan, kawasan konservasi Cagar Alam dan Taman Wisata Alam Telaga Warna terletak di desa Tugu Utara yang termasuk kedalam wilayah kecamatan Cisarua, terletak di dalam 2 (dua) wilayah kabupaten yaitu Bogor dan Cianjur, provinsi Jawa Barat. Kawasan koservasi yang berstatus daratan ini memiliki luas dengan jumlah total 549,66 Ha.

Devi Anugrah menjelaskan bahwa “Pada Praktikum Lapangan Struktur Tumbuhan ini bertujuan untuk memahami secara langsung tentang bentuk ragam struktur pada bunga, buah dan daun yang ada di Telaga Warna dengan minimal 15 macam spesies pada tumbuhan. Pada praktikum ini dapat dilihat variasi langsung tumbuhan yang ada di alam. Serta memberikan Arahan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dan tetap hati-hati saat melakukan praktikum”. 

Dilain pihak, Putri Nabila Nur Khofifah menyampaikan bahwa “Perasaan saya setelah mengikuti  praktikum lapangan ini senang dan bahagia, karena kita bisa belajar sambil jalan-jalan sambil  melepaskan beban, walaupun proses menuju  praktikum lapangan ini banyak sekali kendala mulai dari surat menyurat, kendaraan,dan lain-lain tapi dengan teman-teman  yang selalu kerjasama semuanya jadi berjalan dengan apa yg kita mau. Harapan saya setelah mengikuti praktikum ini bisa menambah wawasan pengetahuan saya tentang tumbuhan dan Gastropoda yang ada di sana dan saran untuk kedepannya jika ingin ada praktikum lapangan kita harus siap dari jauh-jauh hari untuk mempersiapkan segala sesuatunya”.

Daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Silahkan mengecek Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan di FKIP Uhamka https://pbio.uhamka.ac.id/ atau di Instagram https://www.instagram.com/biohamka/. Atau +62 881-0241-37317. Ada banyak potensi beasiswa dikampus FKIP UHAMKA seperti beasiswa berprestasi, beasiswa KIP, KJP, Beasisswa Cerdas, Beasisswa Merdeka dan banyak beasisswa menarik lainnya. 

Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/   atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id  ke menu “Beasiswa Mahasiswa”, https://bit.ly/FKIPUhamka atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka

Penulis: HNY

Editor: Al

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023