FKIP UHAMKA

Mutia Aprilia: Mahasiswa Pendidikan Biologi Berbagi Pengalaman Kampus Mengajar (KM4)

Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (UHAMKA) merupakan Perguruan Tinggi Islam swasta terbaik di Indonesia dengan akreditasi Unggul. Terbaru UHAMKA berhasil meraih posisi No 22 Kampus Islami terbaik di dunia Versi UniRank 2022. Hal ini menunjukkan bahwa UHAMKA semakin memantapkan posisinya sebagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah terbaik. 

Pendidikan Biologi adalah Program Studi terakreditasi A. Pendidikan Biologi memiliki lulusan yang akan berkarir di bidang pendidik, peneliti muda dan entrepreneur. Program studi Pendidikan biologi memiliki peluang kerja yang luas dan fasilitas yang diberikan baik dan sangat nyaman.

Mutia Aprilia mahasiswa semester 7 jurusan Pendidikan Biologi di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka (UHAMKA) merupakan salah satu mahasiswi terpilih yang lolos dalam program Kampus Mengajar Angkatan 4 yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek. Sebagai salah satu mahasiswa yang lolos mengikuti program Kampus Mengajar Angkatan 4 ini, Mutia memiliki tanggung jawab besar untuk mempertahankan citra dan nama baik kampus dalam mengemban amanah atau dalam mengikuti program Kampus Mengajar ini. Seperti yang kita ketahui bahwa program ini merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa. Program ini dilaksanakan selama 5 bulan terhitung dari pembekalan mahasiswa.

Seiring berjalannya waktu Mutia dan rekan mahasiswa lainnya berdiskusi mengenai program apa yang akan dijalankan, siapa targetnya dan bagaimana teknisnya. Kami pun menjalankan banyak program kerja. Program kerja kami berfokus pada peningkatan literasi dan numerasi peserta didik. Di program studi Pendidikan Biologi saya sudah diberikan bekal pengetahuan dan praktek dalam pengajaran sehingga lebih mudah untuk mengaplikasikan ilmu di lapangan.

Salah satu program kerja Mutia dan tim adalah PETA (Peduli Tanaman) kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa simpati dan kepedulian siswa terhadap makhluk hidup. “Dengan kepedulian pada tanaman akan membuat peserta didik memiliki empati dan mengetahui manfaat tumbuhan dan makhluk hidup lainnya. Ini sesuai dengan  pembelajaran di kampus yakni mempelajari tumbuhan dan mengenali organ-organ yang ada pada tumbuhan”, ujar Mutia. 

Mutia mengungkapkan. “Begitu banyak ilmu, hal baru dan Pengalaman baru yang saya dapatkan mulai dari cara beradaptasi dengan lingkungan, berkomunikasi dengan orang banyak, cara menyesuaikan metode pembelajaran siswa hingga cara mengambil alih fokus siswa. Belum selesai sampai sini saja masih panjang perjalanan yang akan saya tempuh dan masih banyak rintangan juga hambatan yang akan saya hadapi hingga akhir penugasan, saya berharap saya dapat melakukan yang terbaik dan tidak mengecewakan siapapun (kampus, sekolah dan semua pihak).” Sekian cerita pengalaman Mutia mengenai Kampus Mengajar Angkatan 4 ini, semoga dapat menginspirasi dan dapat meningkatkan minat mahasiswa lain dalam mengikuti setiap program yang ada.

Yuk Buruan daftar sekarang juga dan ajak teman-temanmu untuk menjadi calon mahasiswa baru di FKIP UHAMKA. Silahkan mengecek Program Studi Pendidikan Biologi Unggulan di FKIP Uhamka https://pbio.uhamka.ac.id/ atau di Instagram https://www.instagram.com/biohamka/. Atau +62 881-0241-37317. Ada banyak potensi beasiswa di kampus FKIP UHAMKA seperti beasiswa berprestasi, beasiswa KIP, KJP, Beasiswa Cerdas, Beasisswa Merdeka, beasiswa Lazismu, beasiswa UKT dan banyak beasiswa menarik lainnya. 

Penawaran berbagai macam program beasiswa beserta persyaratannya dapat diakses melalui https://pmb.uhamka.ac.id/   atau langsung saja melalui http://www.fkip.uhamka.ac.id ke menu “Beasiswa Mahasiswa”, https://bit.ly/FKIPUhamka atau https://linktr.ee/uhamka. Bagi kalian yang ingin mengetahui seluruh program studi di FKIP Uhamka dapat di akses pada https://linktr.ee/fkipuhamka. 

Penulis: HNY

Editor: LM

Bidang Akademik dan Kerjasama

FGD TIM TEACHING

Jakarta, 27 Januari 2022, Dilakansakan kegiatan Evaluasi Pelaksanaan Mata Kuliah Tim Teaching Tahun Akademik 2022-2023